Sukses

Amankah Bila Penderita Mag Makan Ketan Susu?

Ketan susu menjadi salah satu makanan yang sedang menjadi tren belakangan ini. Tapi, amankah kalau penderita mag mengonsumsi kudapan ini?

Punya masalah mag atau lambung memang serba salah, apalagi urusan konsumsi makanan. Tidak boleh ini, tidak boleh itu, banyak pantangannya! Namuni, bagaimana kalau makan ketan susu? Aman atau lebih baik dihindari?

Lambung adalah organ tempat makanan dicerna dan sejumlah sari-sari makanan diserap. Organ ini memiliki dinding tebal dan terletak di sebelah kiri atas rongga perut, tepat di bawah diafragma.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, jika fungsi lambung terganggu, maka Anda akan merasakan beberapa gejala. Misalnya, kembung, mual, muntah, serta nyeri pada bagian ulu hati dan perut setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Nah, itu juga biasa disebut dengan sakit mag. Sakit mag dalam dunia medis disebut gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih.

Gejalanya seperti yang disebutkan sebelumnya. Kalau sudah mengalami sakit mag, ini sangat menyiksa sekali. Beberapa makanan bahkan menjadi pantangan, seenak apapun makanan itu.

Salah satu pantangannya konon adalah ketan susu. Sudah sejak lama bahwa makanan mengandung karbohidrat seperti ketan adalah “musuh” bagi penderita mag.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Saat Serangan Mag Datang

1 dari 3 halaman

Camilan Manis Ketan Susu

Ya, makanan ini dalam beberapa tahun terakhir memang sedang hits. Mari ketahui sebelumnya apa itu ketan. Ketan sendiri terbuat dari beras dan sejak lama menjadi makanan khas di Indonesia.

Ketan bisa ditemui dalam berbagai jenis olahan, seperti kue, lemper, dan tape. Biasanya sering ditambahkan gula merah.

Sementara, susunya sendiri terbuat dari olahan susu cair dan kental manis. Dalam olahan ketan susu, susu juga bisa dicampur dengan maizena yang akhirnya lebih mirip disebut vla untuk puding.

Ini adalah salah satu olahan ketan yang menarik untuk dicoba. Apalagi sudah banyak toko pencuci mulut yang menjual menu ketan susu.

Artikel Lainnya: Sakit Mag Tak Kunjung Sembuh, Apa Penyebabnya?

2 dari 3 halaman

Apa Dampak Ketan Susu bagi Lambung?

Sudah dijelaskan sebelumnya, ketan termasuk golongan karbohidrat. Nah, karbohidrat termasuk pantangan bagi orang yang punya penyakit mag. Berarti, ini bisa mengganggu kenikmatan makan ketan susu, dong?

Jika mengacu pada hal tersebut, maka jelas bahwa ketan adalah salah satu makanan yang perlu dihindari. Ketan sulit dicerna, mengandung gas, dan merangsang asam lambung. Itu akhirnya membuat perut menjadi tidak nyaman.

Bagaimana dengan susu? Menurut dr. Atika, memang beberapa literatur ada yang menyatakan bahwa kalsium susu dapat merangsang pengeluaran asam lambung dan menghambat penyembuhan luka pada lambung.

Namun, hal tersebut tidak lantas terjadi pada seluruh penderita sakit mag. Selain itu, sebenarnya tidak ada larangan bagi penderita mag untuk mengonsumsi susu jenis apapun.

"Sebaiknya, sebelum minum susu, pastikan minum air putih dulu dan hindari konsumsi susu saat terjadi serangan mag (perut sedang nyeri atau perih karena peningkatan asam lambung)," saran dr. Atika.

Selain susu, Anda juga dapat mengonsumsi produk susu lain seperti yoghurt. Rasa asam pada yoghurt tidak akan merangsang produksi asam lambung secara berlebihan dan meningkatkan iritasi pada lambung.

"Para peneliti melaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi yoghurt yang mengandung bakteri menguntungkan (lactobacillus dan bifidobacterium), secara signifikan dapat menurunkan jumlah helicobacter pylori, salah satu penyebab kerusakan mukosa lambung sehingga timbul borok (ulcer)," tutur dr. Atika.

Lalu, apakah penderita mag tidak boleh makan ketan susu? Sebenarnya itu kembali ke pribadi masing-masing.

Mesti diketahui bahwa sakit mag atau asam lambung bukan disebabkan oleh satu makanan tertentu saja. Bisa jadi karena ada konsumsi makanan lainnya yang memicu penyakit tersebut.

Coba cek, apa Anda sudah menghindari makanan pemicu sakit mag lainnya? Karena, beberapa makanan juga memicu itu terjadi. Ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari penderita mag, anjurannya adalah seprti berikut ini.

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam, dan mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda).
  • Kurangi minum kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering), bisa hingga lima kali sehari.
  • Usahakan pola makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat dan lemak sehat. Hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog, dan lain-lain).
  • Hindari buah-buahan yang terlalu asam seperti tomat dan jeruk yang asam.

Kalau sehabis makan ketan susu Anda malah menunjukkan gejala-gejala penyakit mag, sebaiknya jangan konsumsi makanan itu lagi. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter terkait pantangan mag via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

1 Komentar