Sukses

Cara Mengatasi Mata Kaki yang Menghitam

Kuku kaki sudah dipedikur dan terlihat cantik. Tapi sayang, mata kaki malah menghitam! Jangan khawatir, ini cara mengatasi mata kaki yang hitam.

Mata kaki kerap jadi bagian yang nyaris dilupakan. Padahal, bagian ini tak kalah penting untuk menunjang penampilan. Jika mata kaki hitam, kaki Anda bisa saja tidak enak dipandang. Masalah ini biasanya disiasati sebagian perempuan dengan menggunakan kaus kaki atau stoking.

Tapi, tentu tak bisa terus-menerus mengandalkan stoking atau kaus kaki, bukan? Karena itu, perlu treatment khusus agar noda hitam di permukaan mata kaki memudar. Perawatan khusus ini tidak susah dan rumit, kok. Beberapa cara memutihkan mata kaki yang hitam itu, antara lain:

Rendam Kaki dengan Air Garam Epsom

Cara menghilangkan hitam di mata kaki yang pertama adalah merendam kaki dengan air garam. Tapi jangan gunakan garam dapur biasa, tapi garam epsom.

Garam Epsom tidak digunakan untuk memasak. Garam yang berasal dari daerah Epsom, Surrey, Inggris, itu populer dijadikan sebagai campuran untuk berendam karena memiliki sejumlah manfaat sehat.

Dokter Andika Widyatama dari KlikDokter mengatakan, garam Epsom terdiri atas campuran dua mineral alami, yaitu magnesium sulfat plus oksigen. Bukannya asin, garam ini memiliki rasa yang pahit!

“Untuk penggunaannya, garam tersebut dilarutkan ke dalam air dan garam pun akan melepas ion magnesium serta sulfat yang akan diserap oleh kulit,” jelas dr. Andika.

Magnesium sulfat yang terdapat pada garam Epsom mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus melembapkan kulit. Dalam satu baskom air hangat, tuang ½ cangkir garam Epsom, lalu aduk. Dalam sesi perendaman kaki ini, Anda juga membutuhkan sikat berbulu lembut untuk membantu pengangkatan sel kulit mati di bagian mata kaki.

Artikel lainnya Tips Atasi Kulit Lutut dan Siku yang Kering Menghitam

1 dari 3 halaman

Gunakan Scrub Badan secara Rutin

Kalau sulit mendapatkan garam Epsom, pakai saja scrub badan untuk eksfoliasi. Pilihlah scrub yang mengandung asam glikolat, asam laktat, atau asam alfa-hidroksi.

Sebisa mungkin, pilih scrub badan yang tidak mengandung alkohol. Alkohol akan membuat permukaan mata kaki yang hitam menjadi semakin kering dan kusam.

Untuk mengaplikasikan scrub, lakukan dengan gerakan memutar. Lalu, jangan langsung dibilas. Diamkan dulu selama beberapa menit, baru kemudian dibilas. Jika mau yang lebih alami, scrub badan bisa dibuat sendiri dengan menggunakan gula dan madu.

Gunakan Losion Pencerah

Sepertinya tidak sulit untuk mencari losion pencerah. Di minimarket pun, terdapat sejumlah opsi yang bisa Anda pilih. Kendati demikian, yang perlu diperhatikan di sini adalah cara pengaplikasiannya supaya hitam di mata kaki bisa cepat memudar.

Oleskan losion tersebut sehabis mandi. Usai mandi, kulit cenderung lebih lembap. Dalam kondisi itu, losion bisa dengan mudah terserap dan memberikan segala nutrisinya. Efeknya pun lebih dapat bertahan lama ketimbang dipakai di kondisi yang benar-benar kering.

Setelah mandi, Anda juga diperbolehkan untuk mengoleskannya beberapa kali di kala senggang. Jika di permukaan yang menghitam itu juga ada pengelupasan kulit karena terlalu kering, pilih tekstur losion yang lebih kental dan mengandung pelembap ekstra. Jika ada kandungan vitamin B3-nya, itu lebih baik.

Hindari Posisi Duduk Bersila

Cara memutihkan mata kaki yang hitam tidak akan memberi hasil maksimal jika Anda masih sering memberikan tekanan ekstra pada mata kaki. Contohnya, dengan duduk bersila. Saat duduk bersila, mata kaki cenderung ditekan ke arah lantai dan bergesekan dengan permukaan keras.

Jika kondisinya mengharuskan Anda untuk duduk bersila, setidaknya oleskan dulu pelembap ke permukaan kulit mata kaki, lalu pakailah kaus kaki. Mata kaki pun tak langsung bersinggungan dengan lantai atau alas duduk seperti tikar atau karpet, sehingga tidak makin menghitam.

Artikel lainnya Kulit Menghitam Saat Hamil

2 dari 3 halaman

Aplikasikan Masker Alami

Perawatan losion dan scrub kurang lengkap tanpa masker. Karena tak ada yang menjual masker khusus untuk mencerahkan mata kaki, Anda dapat membuatnya sendiri, yakni dengan campuran yogurt-oatmeal dan bengkuang.

Dokter Karin Wiradarma, M.Gizi dari KlikDokter mengatakan, yogurt mengandung asam laktat yang bisa melembutkan, sementara oatmeal kaya akan antioksidan yang bisa mencerahkan.

Campurkan oatmeal secukupnya dengan dua sendok makan yoghurt plus air hangat. Aduk-aduk, lalu tambahkan satu sendok makan putih telur.

Oleskan ke permukaan mata kaki, diamkan selama 15 menit lalu bilas. Untuk bengkuang, Anda bisa menjadikannya jus kental (seperti pasta), lalu dioleskan ke kulit.

Masker alami tidak bisa memberikan hasil instan. Jadi, Anda harus bersabar untuk menunggu hasilnya.

Itu dia cara menghilangkan hitam di mata kaki. Mudah dan sederhana, kan? Bila Anda memiliki pertanyaan masalah kulit lainnya, yuk konsultasikan kepada dokter kami melalui fitur LiveChat yang tersedia di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar