Sukses

Tips Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

Anda masih berjuang membiasakan anak duduk di car seat? Jangan putus asa! Sepuluh tips ini mungkin bisa membantu mengatasi masalah Anda.

Bagi generasi orang tua milenial, penggunaan car seat untuk anak saat berkendara dengan mobil sudah mulai banyak diterapkan. Tentu kebiasaan ini berbeda jauh dengan generasi zaman dulu yang biasa memangku anak di dalam mobil.

Padahal, penggunaan kursi bayi selama perjalanan salah satu cara utama untuk menjamin keselamatan anak selama berkendara. Perlu Anda ketahui, kecelakaan darat merupakan salah satu penyebab cedera bahkan kematian tertinggi pada anak.

Itu sebabnya, di beberapa negara, penggunaan car seat bagi anak sudah diwajibkan. Kalau melanggar, tentu orang dewasa harus siap dengan sanksi tilang yang berlaku.

Aman dengan Car Seat

Tentunya demi keselamatan dan kenyamanan anak, penggunaan car seat tidak bisa sembarangan. Pemilihan dan pemasangannya pun harus tepat. Beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan dan pemasangan car seat anak di antaranya:

  • Pilih car seat sesuai usia si Kecil. Terdapat car seat khusus untuk bayi baru lahir, car seat dengan rentang usia yang lebih panjang (adjustable), dan car seat khusus untuk anak yang lebih besar.
  • Baca dan pelajari buku petunjuk pemasangan dengan saksama. Sesuaikan juga dengan kondisi mobil Anda.
  • Usahakan menggunakan car seat baru atau yang Anda ketahui pasti asal-usulnya. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan car seat bekas, pastikan kondisinya sempurna secara fungsi dan fitur keamanan.
  • Jika Anda memiliki keraguan atau kesulitan saat pemasangan car seat, tanyakan kepada produsen bersangkutan dan mintalah bantuan.

Artikel lainnya Baca Ini Sebelum Membeli Car Seat untuk Anak

1 dari 2 halaman

Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

Usai car seat dipilih dan dipasang dengan benar, langkah berikutnya adalah membiasakan si Kecil duduk di sana selama berkendara. Tapi, dalam banyak kasus, hal ini tidak mudah.

Bayi menangis di car seat bukanlah hal yang asing. Mereka akan merengek untuk kembali ke pangkuan Anda.

Untuk itu, diperlukan beberapa tips dan trik untuk mulai membiasakan dan melatih anak duduk di car seat. Berikut beberapa caranya:

1. Perkenalkan Car Seat

Meski car seat digunakan saat anak berada di mobil, Anda bisa mulai memperkenalkannya di dalam rumah. Perkenalkan anak pada kursinya dengan membiarkan dia mengenali bentuknya, menyentuh dan mengeksplor seluk beluknya, dan mencoba duduk di dalamnya.

Lakukan cara ini selama beberapa minggu sebelum mengajak dia duduk menggunakan car seat yang terpasang di mobil.

2. Mulai Sejak Dini

Kunci untuk memulai sebuah kebiasaan baru adalah dengan memulainya sejak dini. Karena itu, Anda bisa membiasakan anak duduk di car seat sejak lahir. Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan car seat untuk bayi berusia sangat muda.

Misalnya, posisi car seat menghadap belakang, durasi yang tidak boleh terlalu lama, dan posisi bayi yang berbaring mendekati sudut lurus semaksimal mungkin.

3. Mulai dari Jarak dan Durasi Pendek

Pada awal mulai mengenalkan car seat, hindari langsung mengajak anak menempuh perjalanan jauh atau berdurasi panjang. Misalnya, ajaklah si Kecil duduk di car seat ketika memutari area sekitar tempat tinggal atau pergi ke minimarket.

Pilih juga rute yang lancar dan memiliki banyak pemandangan menarik sepanjang jalan agar dia tidak bosan.

4. Berikan Sugesti

Meski belum bisa membalas dengan kata-kata, bukan berarti balita tidak memahami apa yang Anda katakan. Berikan sugesti padanya jika akan duduk di car seat dari jauh-jauh hari.

Katakan pada mereka, “Minggu depan kita mau tamasya, adik duduk yang manis di car seat, ya.” Ulangi kalimat ini berkali-kali. Banyak studi menyatakan, sugesti berulang pada anak dapat membantunya melewati peristiwa dan menerima hal dengan lebih baik.

Artikel lainnya Container Baby Syndrome, Bahaya Akibat Bayi Terlalu Lama di Stroller

5. Berikan Alasan

Untuk anak usia lebih besar dan sudah bisa diajak berdiskusi dan bernegosiasi, jangan lupa utarakan alasan mengapa anak harus duduk di car seat. Bantu anak memahami alasan dari hal yang Anda ajarkan agar dia bisa melakukannya dengan senang hati.

6. Berikan “Opsi”

Anak sering kali “melawan” bukan karena tidak suka, tapi sebagai bagian dari fase perkembangan emosionalnya. Termasuk dalam hal duduk di car seat. Untuk mengatasi hal ini, berikan anak “ilusi pilihan”.

Ilusi pilihan yang dimaksud adalah memberikan anak kebebasan dalam kendali. Misalnya, berikan anak pilihan mau mengancingkan sabuk car seat-nya sendiri atau mau dibantu oleh orang tua. Atau, jika sudah bisa naik sendiri ke kursinya, dia bisa memilih mau dibantu atau tidak.

Dengan cara ini, si Kecil merasa telah menentukan pilihan sendiri dan cenderung lebih bisa menerima kondisinya.

7. Libatkan Anak

Jika anak baru akan mulai dibiasakan duduk di car seat pada usia yang lebih besar, Anda bisa melibatkannya dalam berbagai pemilihan terkait car seat. Misalnya, warna apa yang diinginkan anak atau duduk di sisi kanan atau kiri kendaraan.

8. Berikan Hiburan

Anak cenderung bosan jika harus diam dalam satu posisi di waktu yang lama. Nah, Anda bisa memberinya pengalih perhatian untuk menyibukkan diri, seperti mainan atau camilan.

Anda juga bisa memutar lagu kesukaan anak selama perjalanan sehingga dia bisa ikut bernyanyi. Berkreasilah dengan jenis hiburan yang diberikan selama perjalanan agar anak tidak mudah bosan.

9. Sediakan Cara Berinteraksi

Sering kali anak akan merasa lebih aman dan nyaman jika bisa berinteraksi dengan orang tuanya. Namun, dengan duduk di car seat, interaksi Anda dan anak akan menjadi terbatas.

Anda bisa mengatasinya dengan memasang kaca spion khusus yang menghadap ke anak. Dia pun bisa sesekali menatap wajah Anda meski duduk di bagian belakang. Namun, tetap ingat untuk menjaga konsentrasi saat mengemudi, ya!

10. Pastikan Nyaman

Trik terakhir, pastikan anak nyaman dengan car seat yang disediakan. Pilih yang sesuai usia dan setel sesuai dengan kondisi tubuhnya.

Pastikan sabuk pengaman tidak terlalu erat dan tidak terlalu longgar, asalkan cukup untuk menjaga anak tetap aman. Sediakan selimut jika diperlukan untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi anak.

Itulah beberapa tips untuk membiasakan anak duduk di car seat-nya. Saat usaha-usaha Anda belum membuahkan hasil, jangan menyerah. Coba dan coba lagi hingga si Kecil terbiasa dan mau duduk di kursi mobilnya. Masih punya pertanyaan seputar hal ini? Tanyakan kepada dokter via Live Chat.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar