Tips Parenting

Tips Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

dr. Devia Irine Putri, 18 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Masih berjuang membiasakan anak duduk di car seat? Jangan putus asa, 12 tips ini mungkin bisa membantu mengatasinya.

Tips Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

Penggunaan car seat untuk anak adalah salah satu cara menjaga keselamatan anak selama berkendara yang utama. Jangan anggap sepele, kecelakaan darat termasuk salah satu penyebab cedera bahkan kematian tertinggi pada anak.

Usai car seat dipilih dan dipasang dengan benar, langkah berikutnya adalah membiasakan si kecil duduk di sana selama berkendara. 

Terkadang hal itu tidak mudah. Bayi biasanya kerap menangis di car seat. Ia cenderung akan merengek untuk kembali ke pangkuan orangtua.

Untuk itu, coba lakukan beberapa cara mengajar anak duduk di dalam car seat berikut ini:

1. Perkenalkan Car Seat

Meski car seat untuk anak digunakan di mobil, lebih baik mulai memperkenalkannya di dalam rumah. Perkenalkan anak kepada car seat dengan membiarkannya mengenali bentuknya, menyentuh dan mengeksplor seluk-beluknya, serta mencoba duduk di dalamnya.

Lakukan cara mengajari anak duduk di car seat tersebut selama beberapa minggu, sebelum mengajaknya duduk di sana selama di mobil.

Artikel lainnya: Batas Usia Aman bagi Bayi untuk Dibawa Bepergian

2. Mulai Sejak Dini

Kunci untuk memulai sebuah kebiasaan baru adalah memulainya sejak dini. Karena itu, biasakan anak duduk di car seat sejak lahir. 

Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada penggunaan car seat untuk anak berusia sangat muda. Misalnya, posisi car seat menghadap belakang, durasi tidak boleh terlalu lama, dan posisi bayi yang berbaring mendekati sudut lurus semaksimal mungkin.

3. Mulai dari Jarak dan Durasi Pendek

Pada awal mulai mengenalkan car seat, hindari langsung mengajak anak menempuh perjalanan jauh atau berdurasi panjang. Ajaklah si kecil duduk di car seat ketika memutari area sekitar tempat tinggal atau pergi ke minimarket sebagai permulaan.

Pilih juga rute yang lancar dan memiliki banyak pemandangan menarik sepanjang jalan agar anak tidak bosan.

4. Berikan Sugesti

Meski belum bisa membalas dengan kata-kata, bukan berarti balita tidak memahami apa yang orangtua katakana, lho. Berikan sugesti kepadanya jika akan duduk di car seat dari jauh-jauh hari.

Contohnya, katakan, “Minggu depan kita mau tamasya, adik duduk yang manis di car seat, ya.” Ulangi kalimat ini berkali-kali. 

Banyak penelitian menyatakan, sugesti berulang pada anak dapat membantunya melewati peristiwa dan menerima suatu hal dengan lebih baik.

Artikel lainnya: Anak Sering Muntah di Mobil, Ini Cara Mengatasinya

5. Berikan Alasan Pentingnya Duduk di Car Seat

Cara mengajar anak duduk di dalam car seat yang perlu dilakukan selanjutnya adalah berikan penjelasan yang mudah dipahami mengapa ia harus duduk di car seat.

Hal tersebut bisa dilakukan kepada anak usia lebih besar serta sudah bisa diajak berdiskusi dan bernegosiasi. Utarakan alasan jelas mengapa anak harus duduk di car seat. Bantu anak memahami alasan agar ia bisa melakukannya dengan senang hati.

6. Berikan “Opsi”

Anak sering kali melawan bukan karena tidak suka, tapi sebagai bagian dari fase perkembangan emosionalnya tak terkecuali dalam hal duduk di car seat. Untuk mengatasi hal ini, berikan anak “ilusi pilihan”.

Ilusi pilihan yang dimaksud adalah memberikan anak kebebasan dalam kendali. Misalnya, berikan anak pilihan mau mengancingkan sabuk car seat-nya sendiri atau mau dibantu orangtua. Kalau sudah bisa naik sendiri ke kursinya, ia bisa memilih mau dibantu atau tidak.

Dengan cara itu, si kecil merasa telah menentukan pilihan sendiri dan cenderung lebih bisa menerima kondisinya.

7. Libatkan Anak

Ketika membiasakan penggunaan car seat untuk anak, lebih baik orangtua melibatkan anak dalam setiap prosesnya. Jadi, bukan hanya sekadar memberi aturan.

Jika baru mulai membiasakan anak duduk di car seat pada usia yang lebih besar, bisa libatkan anak dalam pemilihan car seat. Misalnya, warna apa yang diinginkan anak ataupun duduk di sisi kanan atau kiri kendaraan.

Artikel lainnya: Kapan Bayi Boleh Duduk di Kursi Makan Sendiri?

8. Berikan Hiburan

Anak cenderung bosan jika harus diam dalam satu posisi di waktu yang lama. Nah, coba beri pengalih perhatian agar anak menyibukkan diri, seperti mainan atau camilan.

Putar juga lagu kesukaan anak selama perjalanan sehingga ia bisa ikut bernyanyi. Berkreasilah dengan jenis hiburan yang diberikan selama perjalanan agar anak tidak mudah bosan.

9. Sediakan Cara Berinteraksi

Sering kali anak akan merasa lebih aman dan nyaman jika bisa berinteraksi dengan orangtuanya. Namun, karena duduk di car seat, interaksi tersebut bisa terbatas.

Coba atasi dengan memasang kaca spion khusus yang menghadap ke anak. Ia pun bisa sesekali menatap wajah ayah atau bunda meski duduk di bagian belakang. Namun, tetap ingat untuk menjaga konsentrasi saat mengemudi, ya!

10. Temani Si Kecil Jika Tidak Mengemudi

Apabila orangtua tidak sedang mengemudi, lebih baik duduk disamping si kecil yang sedang duduk di car seat. Cara mengajari anak duduk di car seat ini biasanya cukup ampuh agar ia tidak rewel atau takut.

Ketika menemani anak, lakukan hal-hal menyenangkan seperti membacakan cerita, bernyanyi, ngemil, dan sebagainya.

Artikel lainnya: Container Baby Syndrome, Bahaya Akibat Bayi Terlalu Lama di Stroller

11. Pastikan Nyaman

Trik lain agar anak duduk di car seat adalah pastikan ia nyaman dengan car seat yang disediakan. Pilih yang sesuai usia dan setel sesuai kondisi tubuhnya.

Pastikan juga sabuk pengaman tidak terlalu erat dan tidak terlalu longgar, asalkan cukup untuk menjaga anak tetap aman. Sediakan selimut jika diperlukan untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi anak.

12. Berikan Contoh

Anak-anak belajar dari orang sekitar, jadi orangtua perlu memberikan contoh yang baik. Jika ingin anak duduk di car seat dengan tenang, maka contohkan dengan menggunakan sabuk pengaman setiap duduk di mobil. 

Lama-kelamaan, si kecil akan mau menggunakan car seat tanpa rewel. Orangtua harus sabar dan disiplin, ya!

Itulah beberapa cara mengajarkan anak duduk di dalam car seat. Demi keselamatan dan kenyamanan, penggunaan car seat untuk anak tidak bisa sembarangan. Pemilihan dan pemasangannya pun harus tepat. 

Cara memilih dan memasang car seat yang benar antara lain:

  • Pilih car seat sesuai usia anak 
  • Baca dan pelajari petunjuk pemasangan, sesuaikan dengan kondisi mobil
  • Usahakan gunakan car seat baru. Kalau bekas, pastikan kondisinya sempurna secara fungsi dan keamanan

Saat usaha-usaha di atas belum membuahkan hasil, jangan menyerah! Coba dan coba lagi hingga si kecil terbiasa dan mau duduk di car seat

Mau tahu tips bepergian bersama anak dengan aman? Download aplikasi KlikDokter, banyak info penting seputar parenting sekaligus bisa tanya dokter anak online. #JagaSehatmu dan si kecil bersama KlikDokter!

(FR/JKT)

Referensi:

Kids Health – The Nemours Foundation. Diakses 2022. Car Seat Safety (for Parents).

Healthy Children – American Academy of Pediatrics. Diakses 2022. Car Seats: Information for Families.

Parentingpola asuhCar seat

Konsultasi Dokter Terkait