Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini Alasan Mengapa Bersepeda Bisa Menghilangkan Stres dan Buat Bahagia

Ini Alasan Mengapa Bersepeda Bisa Menghilangkan Stres dan Buat Bahagia

Bersepeda adalah aktivitas fisik yang baik untuk tubuh. Bahkan, jenis olahraga ini bisa bantu hilangkan stres dan bikin bahagia—baik untuk kesehatan jiwa.

Ada banyak cara agar tubuh sehat dan bugar. Salah satunya adalah dengan rutin bersepeda. Aktivitas ini banyak digandrungi dan komunitasnya pun tak sedikit. Selain baik untuk fisik, mengayuh sepeda juga dapat membantu meredakan stres, sehingga baik untuk kesehatan mental.

Bersepeda bisa dilakukan dengan sepeda biasa atau sepeda statis yang sudah banyak kelas atau studionya di kota besar seperti Jakarta. Apa pun jenis sepedanya, jenis olahraga yang satu ini disebut-sebut berdampak baik pada jiwa.

Menjadi Bahagia dengan Bersepeda

Menurut Mental Health Foundation (MHF) Inggris, bersepeda dapat meningkatkan suasana hati dengan cara yang sama seperti latihan fisik lainnya, yaitu memengaruhi pelepasan dan penyerapan kimia di otak dan membuat Anda merasa diselimuti suasana hati yang baik.

Mereka mengutip sebuah studi yang mengatakan bahwa latihan fisik dapat membuat pelakunya merasa lebih bahagia, waspada, dan tenang. Dampak positifnya paling terasa bila sebelum bersepeda mood Anda dalam kondisi buruk.

Artikel lainnya: Jangan Sepelekan Nyeri Lutut Setelah Naik Sepeda

Selain itu, ada pula studi yang menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi tingkat stres dan orang-orang yang fit memiliki penurunan respons stres. Dikatakan juga bahwa olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi depresi dan kecemasan, membuat pengobatan bekerja lebih efektif, serta menurunkan risiko demensia.

Menurut sebuah artikel dalam Harvard Business Reviews, manfaat olahraga untuk menurunkan risiko bisa membantu mengelola keseimbangan kehidupan kerja, dengan membantu pelakunya lebih produktif.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) mengungkap hubungan olahraga dengan kondisi kesehatan mental. Mereka yang berolahraga beberapa kali seminggu memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet Psychiatry menemukan olahraga sekitar 45 menit sebanyak 3-5 kali seminggu memberikan manfaat paling besar. Studi tersebut mencakup semua jenis aktivitas fisik, mulai dari mengasuh anak, pekerjaan rumah tangga, memotong rumput, memancing, main ski, hingga bersepeda.

Untuk anak-anak, organisasi Cycling UK menyebut ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu konsentrasi anak di sekolah serta ada hubungan positif antara olahraga, peningkatan performa kognitif, dan prestasi akademik.

Artikel lainnya: Manfaat Sehat di Balik Bersepeda

1 dari 2 halaman

Bonus Manfaat Sehat Lainnya dari Rutin Bersepeda

Selain menguntungkan mental atau jiwa, jika dilakukan secara rutin, Anda juga dapat merasakan manfaat sehat di bawah ini:

1. Menyehatkan Jantung

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Purdue, AS, olahraga seperti bersepeda secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 50 persen.

2. Otot Sehat dan Kuat

“Seseorang yang mengayuh sepeda menggunakan hampir semua kelompok otot utama pada tubuh. Dengan melakukan olahraga bersepeda, selain pernapasan Anda terlatih, otot-otot tubuh Anda juga akan turut terlatih.” Demikian penjelasan dari dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc, dari KlikDokter.

3. Baik untuk Ketahanan dan Stamina

“Bersepeda adalah salah satu aktivitas yang baik untuk melatih ketahanan dan stamina seseorang, sehingga memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bersepeda melatih kesehatan jantung, menunjang pernapasan yang efektif, serta membantu menjaga berat badan agar tetap stabil,” kata dr. Nitish lagi.

4. Minim Risiko Cedera

Bersepeda adalah salah satu jenis aktivitas olahraga low impact. “Karena itu, bersepeda memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menyebabkan cedera atau permasalahan pada otot dan sendi dibandingkan olahraga lainnya,” ujar dr. Nitish.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, berolahraga (termasuk bersepeda) secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga 40 persen dibandingkan dengan orang tidak berolahraga sama sekali.

Lewat artikel ini, semoga Anda jadi lebih termotivasi untuk bersepeda (atau olahraga lainnya). Tak perlu sampai beli sepeda seharga puluhan juta, asal memang bertekad kuat untuk berolahaga atau dilakukan bersama-sama, pasti akan lebih semangat

Bila dilakukan rutin, tak hanya otot makin kuat dan fleksibel, Anda pun akan terlindung dari ancaman berbagai penyakit, baik yang menyerang fisik maupun psikis. Ingin bertanya lebih lanjut soal kesehatan mental saat bersepeda, Anda bisa menggunakan fitur LiveChat dalam aplikasi KlikDokter. Gowes, yuk!

(RN/AYU)

2 Komentar