Sukses

Cuci Tangan, Cara Efektif Cegah Penularan Virus Corona

Penularan virus corona menghebohkan dunia. Namun tetap tenang, ya! Anda bisa mencegahnya dengan kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan!

Virus corona sungguh menggemparkan dunia. Sejak mewabah pertama kali di Kota Wuhan, Tiongkok, virus ini dalam waktu singkat merebak hingga ke beberapa negara. WHO bahkan sampai harus menyatakan situasi darurat global terkait penularan virus corona yang kian masif.

Bagaimana tidak, sampai berita ini ditulis pukul 19.00 WIB (Senin, 3/2),  362 orang meninggal, dengan 17.485 kasus yang dikonfirmasi di 27 negara. Meskipun demikian, penularan virus ini sebenarnya dapat dicegah dengan kebiasaan mencuci tangan.

Hal ini menjadi salah satu bahasan pokok dalam konferensi pers “Jaga Kebersihan Tangan, Cegah Penyebaran Virus” yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama PT Reckitt Benckiser Indonesia selaku produsen Dettol.

Seperti yang diketahui, infeksi virus ini bisa menimbulkan gejala berupa demam, batuk, dan sesak napas. Dalam kasus yang berat, infeksi virus corona dapat menyebabkan gagal pernapasan, gagal ginjal, bahkan hingga kematian.

Artikel lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

Namun demikian, seperti  dijelaskan Ketua Umum PB IDI, dr. Daeng M. Faqih, SH, MH, tingkat kefatalan infeksi coronavirus dibandingkan dengan infeksi sejenis, seperti SARS dan avian influenza (flu burung), lebih rendah. 

“Itu karena sampai sekarang, angka kematian akibat virus corona sekitar 5-10 %. Ini beda jauh dengan kematian yang disebabkan SARS yang sampai mencapai angka 40-50%,” tutur dr. Daeng. 

Dia menambahkan, kasus-kasus kematian akibat coronavirus yang ada juga tidak murni karena coronavirus, tapi karena orang tersebut sudah punya penyakit lain. Ditambah terinfeksi coronavirus, penyakit dia pun bertambah dan menjadi parah. 

“Namun, di sisi lainnya yang kurang menyenangkan, virus corona itu sangat infeksius. Dia awalnya hanya ada di binatang. Tapi kemudian kasus di Wuhan membuktikan virus ini bisa berpindah dari binatang ke manusia. Selanjutnya, virus ini juga bisa menular dari manusia ke manusia,” ujar Ketua Umum PB IDI itu.

“Kabar buruknya lagi, infeksi ini belum ada obatnya. Untuk vaksinnya saja,  belum ada. Baru mau di-trial (uji coba) ke manusia sekitar tiga bulan lagi,” dia menambahkan. 

1 dari 3 halaman

Cegah dengan Cuci Tangan

Itulah sebabnya, cara yang paling strategis agar tidak terinfeksi virus corona adalah mencegah agar tidak terkena. Menurut dr. Daeng, salah satunya dengan tidak dekat-dekat dengan orang yang terinfeksi coronavirus.

“Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Ini memang terdengar umum. Tapi di situasi sekarang, di saat vaksin dan obat belum ada, mengajari masyarakat dengan pola hidup bersih dan sehat menjadi ujung tombak,” kata dr. Daeng.

Artikel lainnya: Waspada Coronavirus, Ini Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bumil

Salah satu yang paling umum adalah dengan penggunaan masker. Kalau ada orang lain yang batuk atau bersin, Anda tidak kena cairan yang terinfeksi. Nah, yang kedua ada selalu menjaga perilaku bersih. Hal ini bisa dimulai dari tangan.

“Kenapa tangan menjadi perhatian? Karena tangan itu bisa sampai ke mana-mana. Misalnya, menyentuh mata, tangan menyentuh benda yang terkontaminasi, atau menyentuh makanan sebelum dimasukkan ke dalam mulut.” 

Itu sebabnya, yang perlu sekali ditekankan adalah menjaga kebersihan tangan. Dengan punya kebiasaan mencuci tangan, efeknya akan besar sekali pada kesehatan secara umum.

2 dari 3 halaman

Terapkan 5 Langkah Mencuci Tangan

Dalam acara tersebut, dr Helena Rahayu Wonoadi selaku CSR Director Reckitt Benckiser Indonesia juga mengingatkan pentingnya sabun dalam setiap perilaku mencuci tangan.

“Jadi jangan hanya dengan air, ya, tapi juga dengan sabun. Kalau Anda hanya mencuci tangan dengan air, kumannya enggak akan mati,” kata dr. Helena. 

Dia pun menjelaskan bahwa ada lima langkah sederhana dan mudah dalam mencuci tangan. Kelima langkah tersebut berikut ini.

  1. Basahi tangan seluruhnya dengan air mengalir
  2. Gosok sabun ke telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari
  3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku
  4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir
  5. Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau ketingkan dengan udara/dianginkan

Tak perlu dengan cara yang rumit dan sulit. Dengan mencuci tangan, Anda sudah melindungi diri dari penularan virus corona. Jangan hanya lakukan ini pada diri Anda, ingatkan juga pasangan, anak, orang tua, dan keluarga lainnya agar selalu menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. Baca info kesehatan lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

[AYU/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar