Kehamilan

Kapan Perut Mulai Terlihat Membesar Saat Hamil?

dr. Muhammad Isman S, 23 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat mendengar kata hamil, yang terbayangkan adalah wanita dengan perut yang membesar. Sebenarnya, kapan sih kehamilan mulai terlihat?

Kapan Perut Mulai Terlihat Membesar Saat Hamil?

Salah satu tanda kehamilan, yaitu perut terlihat membesar. Pembesaran perut ibu hamil mengikuti perkembangan janin dan rahim. 

Nah, perkembangan perut setiap bumil berbeda-beda. Beberapa ibu hamil perutnya lebih cepat membesar, sementara lainnya bisa lebih lama.

Sejumlah faktor turut memengaruhi kapan perut ibu mulai membesar saat hamil. Apa saja faktornya? Pada usia kehamilan berapa biasanya perut mulai membesar saat hamil? Baca tuntas penjelasan di bawah ini, ya!

Kapan Perut Ibu Hamil Membuncit?

Apabila Mama baru mengalami kehamilan pertama, umumnya perut akan mulai membesar pada trimester kedua, yaitu memasuki minggu ke-14 hingga pekan ke-27. 

Pada minggu ke-12 kehamilan, biasanya rahim mulai membesar melebihi rongga panggul. Namun, sering kali pembesaran perut mulai terlihat menjelang bulan ketiga kehamilan, yaitu antara usia 12-16 minggu.

Artikel lainnya: Tanda Hamil Dilihat dari Bentuk Perut

Jika Mama sudah pernah hamil sebelumnya, perut akan terlihat membesar lebih cepat. Soalnya, pada kehamilan sebelumnya, otot perut pernah meregang.

Bentuk dan berat badan juga turut memengaruhi pembesaran perut. Bumil yang cenderung kurus mungkin akan lebih cepat terlihat sedang mengandung. Sementara bumil yang punya lemak berlebih di area perut, pembesaran perutnya terlihat lebih lama.

Faktor yang Memengaruhi Membesarnya Perut Bumil

Manfaat Maternity Shoot untuk Kesehatan Mental Bumil

Kapan perut mulai membesar saat hamil tidak hanya dipengaruhi oleh riwayat kehamilan sebelumnya maupun bentuk dan berat badan bumil. Sejumlah faktor lain bisa memengaruhi pembesaran perut bumil, di antaranya:

1. Berat Badan Sebelum Hamil

Seperti telah disampaikan, bila sebelum hamil Mama memiliki berat badan yang rendah, biasanya pembesaran perutnya akan terlihat lebih cepat. Perut yang cenderung lebih kecil bisa membuat sedikit perubahan terlihat lebih jelas.

2. Kehamilan Ganda

Jumlah bayi yang dikandung dapat memengaruhi besarnya perut bumil. Jika Mama mengandung bayi kembar, maka perut akan terlihat lebih cepat membesar daripada hanya mengandung satu janin saja.

Artikel lainnya: Sering Sakit Perut Saat Hamil, Berbahayakah?

3. Frekuensi Kehamilan

Perut Mama akan terlihat lebih cepat membesar apabila pernah mengandung sebelumnya. Dibandingkan dengan saat mengandung anak pertama, perut akan cenderung lebih cepat membesar ketika Mama mengandung anak kedua, ketiga, dan seterusnya.

4. Letak Rahim

Faktor di dalam organ tubuh bisa memengaruhi seberapa cepat perut membesar ketika hamil. Salah satu faktor yang dimaksud, yaitu posisi rahim.

Posisi rahim yang menghadap belakang (rahim terbalik) dapat menyebabkan perut terlihat rata lebih lama. Namun, jangan khawatir, kondisi ini bukanlah masalah serius bagi ibu hamil.

5. Usia Bumil

Usia saat sedang hamil juga memengaruhi kondisi perut. Jika Mama hamil di usia yang lebih tua, maka perut cenderung terlihat lebih besar daripada hamil di usia muda. Karena pada usia muda massa otot lebih banyak dibanding usia tua. Di usia tua, tubuh cenderung lebih banyak lemak sehingga perut lebih cepat tampak membesar.

Artikel lainnya: Ternyata, Ini Manfaat Suami Mengelus Perut Ibu Hamil!

Nah, jika pembesaran perut baru terlihat pada tengah kehamilan, apa yang sering kali dirasakan saat awal hamil?

Berdasarkan survei American Pregnancy Association, hampir sepertiga bumil melaporkan gejala awal kehamilan berupa terlambat haid. Oleh karena itu, penting untuk mencatat jadwal haid secara rutin. Pencatatan tanggal haid terakhir juga bisa membantu menentukan usia kehamilan. 

Lebih lanjut, 25 persen responden melaporkan mual sebagai tanda awal kehamilan. Adapun 17 persen peserta mengaku mengalami perubahan payudara, seperti terlihat lebih membesar, nyeri jika disentuh, area puting bertambah gelap dan lebih tegak.

Keluhan lain, seperti merasa lelah terus-menerus, sering berkemih, sembelit, dan bertambahnya keputihan juga bisa muncul. Ibu hamil dapat pula merasakan perubahan pola makan. Misalnya ingin mengonsumsi makanan tertentu, menjadi tidak suka dengan makanan favorit, serta lebih sensitif terhadap rasa dan bau.

Sederet gejala awal kehamilan tersebut umumnya disebabkan oleh perubahan hormon. Sayangnya, gejala awal kehamilan ini tidak spesifik menunjukkan Mama pasti hamil. Gejala ini juga bisa dialami wanita yang tidak hamil.

Untuk memastikan hamil atau tidak, lakukan pemeriksaan menggunakan testpack, terutama jika sudah terlambat haid. Hal ini bisa dikonfirmasi lebih lanjut dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Artikel lainnya: Penyebab Ibu Hamil Merasakan Sakit Perut Bagian Atas

Jika memang positif hamil, #JagaSehatmu secara disiplin dan rutin kontrol kehamilan, ya! Harap bersabar karena perut Mama mungkin baru mulai membesar saat trimester 2. Ingat, sejumlah faktor bisa memengaruhi kapan perut mulai membesar saat hamil. Tapi tenang saja, umumnya pada trimester 3 perut Mama membuncit dan kehamilan tampak lebih jelas.

Konsultasikan lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter apabila Mama punya pertanyaan lebih lanjut seputar kehamilan. Gunakan Kalender Kehamilan untuk bersiap-siap menyambut kelahiran si kecil! 

(ADT/JKT)

Ibu HamilHamil

Konsultasi Dokter Terkait