Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Jangan Masturbasi Pakai Lotion, Ini Bahayanya!

Losion adalah salah satu pelumas yang sering digunakan untuk masturbasi. Meski bisa ‘melicinkan’, ada bahaya masturbasi menggunakan losion!

Sama seperti berhubungan seks, masturbasi yang “kesat” akan membuat kulit penis terasa agak nyeri sehingga bikin tak nyaman. Padahal, masturbasi itu sendiri harus didukung oleh rasa nyaman. Nah, kalau tidak tersedia pelumas seks, Anda pun menggunakan losion untuk melicinkannya. Padahal, ada bahaya masturbasi saat menggunakan losion, lo!

Bahaya Masturbasi Pakai Losion

Losion selama ini memang dipercaya bisa melembapkan kulit. Selain itu, permukaan kulit (tangan dan kaki) yang habis dioleskan losion, terutama yang susah menyerap, akan terasa lebih licin dari sebelumnya.

Sayangnya, mengaplikasikan losion pada penis saat hendak masturbasi bukanlah solusi yang tepat. Pasalnya, kandungan di dalam losion notabenenya diperuntukkan untuk kulit badan, dan tidak cocok jika terkena kulit kelamin.

Di dalam losion memang terkandung zat pengental, parfum, alkohol, dan bahan kimia lain. Bahan-bahan ini bisa saja menimbulkan reaksi alergi pada penis.

Jika yang terkandung di dalam losion merupakan bahan kimia yang cukup keras, bukan tak mungkin kulit kelamin menjadi lecet, panas, merah, dan bengkak (iritasi). Tak cuma itu, pasca masturbasi pakai losion, kulit penis bisa mengering tidak wajar! 

Artikel Lainnya: 3 Efek Negatif Masturbasi yang Perlu Anda Tahu

Pada dasarnya, masturbasi—baik pada pria maupun wanita—aman untuk dilakukan selama tidak berlebihan.

Bahkan, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter mengatakan, masturbasi dikategorikan sebagai aktivitas seksual yang sehat, serta punya banyak manfaat fisik dan mental. Antara lain, meringankan stres yang terakumulasi, meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki mood, meringankan kram otot, dan mencegah infeksi menular seksual (IMS).

Itu sebabnya, sayang sekali apabila aktivitas seksual ini “dirusak” oleh pemakaian bahan yang tidak sesuai peruntukan.

1 dari 2 halaman

Lalu, Apa Pelumas yang Aman?

Memilih pelumas yang aman untuk masturbasi sebenarnya sama dengan memilih pelumas yang aman untuk berhubungan seks dengan pasangan.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, untuk memberikan kenyamanan optimal, pelumas yang digunakan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Pelumas seks yang dijual biasanya berbahan dasar air atau minyak. Di luar negeri, ada juga yang berbahan dasar silikon hingga petroleum. Kedua bahan yang satu itu tidak umum dipasarkan di Indonesia. 

Untuk kaum hawa, umumnya mereka akan lebih menyukai pelumas berbahan dasar air. Sebab, pelumas tersebut paling mirip dengan pelumas alami yang dihasilkan vagina. Sifatnya pun ringan dan tidak terlalu lengket saat digunakan.

Artikel Lainna: Kenali Dampak Masturbasi pada Kesehatan Fisik dan Mental Pria

“Kekurangannya, pelumas jenis ini mudah kering dan membutuhkan jumlah yang lebih banyak untuk memberi kenyamanan,” jelas dokter yang kerap disapa dr. Ega itu.

Sementara untuk kaum pria, biasanya mereka lebih fleksibel dalam memilih bahan pelumas. Jika tak ingin yang terlalu greasy (licin) di tangan dan di kulit penis, lebih baik gunakan pelumas berbahan dasar air. Campuran dari cellulose ether atau glycerin bisa menyerap ke dalam kulit dan menguap.

Kalau ingin efek yang lebih licin, pelumas berbahan dasar minyak bisa digunakan. Di samping itu, dari sekian banyak jenis pelumas, biasanya pelumas berbahan dasar minyak tidak diberikan bahan pengawet yang keras. Jadi, bagi Anda yang punya kulit sensitif dan ingin meminimalkan bahan kimia, pelumas yang satu ini bisa jadi solusi. 

Bagaimana jika Anda termasuk orang yang ingin memiliki efek licin lebih tahan lama? Tenang saja, pelumas berbahan dasar silikon bisa membantu. Pelumas silikon tidak mudah diserap oleh kulit atau selaput lendir, sehingga mampu bertahan lebih lama dan tidak lengket. 

Tak ingin beli pelumas seks dan lebih memilih pakai air liur saja? Jangan! Itu sama berbahayanya dengan masturbasi menggunakan losion! Pasalnya, kuman yang ada di air liur bisa menyebabkan infeksi dan memengaruhi produksi sperma!

Jika ingin yang lebih alami, lebih baik pilih pelumas seks, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak alpukat. Ketiga minyak nabati tersebut lebih aman ketimbang Anda menggunakan losion maupun air liur. 

Itulah bahaya masturbasi menggunakan losion yang wajib Anda waspadai. Akan lebih baik, pilih pelumas seks yang aman bagi kesehatan. Jika ingin bertanya lebih lanjut soal efek masturbasi lainnya, Anda bisa konsultasikan hal melalui fitur Live Chat.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar