Sukses

3 Manfaat Prebiotik dan Probiotik untuk Ibu Menyusui

Nutrisi prebiotik dan probiotik ternyata punya manfaat tersendiri, terutama untuk ibu menyusui dan juga si bayi yang baru lahir. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan?

Setelah melahirkan, biasanya ibu harus mencukupi asupan gizinya dengan baik agar ASI yang diberikan ke bayi lancar dan juga bernutrisi.  Untuk itu, ibu harus mengonsumsi makanan prebiotik dan probiotik yang baik untuk tubuh. Apa manfaat prebiotik dan probiotik yang bisa didapat untuk ibu serta bayi ?

1 dari 4 halaman

Apa itu Probiotik dan Prebiotik?

Probiotik dan prebiotik merupakan nutrisi yang saling membantu menyehatkan tubuh. Pertama, probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Ada 3 jenis bakteri probiotik yang baik untuk tubuh, yaitu lactobacillus, saccharomyces boulardii, dan bifidobacterium.

Sedangkan prebiotik merupakan makanan dari bakteri probiotik yang berasal dari serat tumbuhan. Prebiotik berperan sebagai makanan untuk membantu perkembangan menyeimbangkan jumlah bakteri baik di dalam pencernaan.

Apabila asupan makanan Anda tidak terjaga, ini bisa membuat jumlah bakteri baik dalam tubuh menurun, dan Anda pun jadi gampang sakit.

Artikel lainnya: Pola Makan MPASI Sesuai Tahapan Usia si Kecil

2 dari 4 halaman

Manfaat Probiotik dan Prebiotik untuk Ibu Menyusui

Karena prebiotik dan probiotik adalah satu kesatuan yang punya manfaat besar untuk kesehatan, berikut adalah beberapa khasiat yang bisa Ibu dapat:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pencernaan adalah organ yang membentuk 60-70% dari sistem kekebalan tubuh Anda. Ketika Anda menambahkan asupan prebiotik dan probiotik ke dalam makanan Anda, secara tidak langsung ini akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Selain itu, sistem kekebalan tubuh ibu yang kuat ini akan menular atau ikut masuk ke dalam tubuh bayi lewat ASI.

Jadi, bisa dipastikan bahwa manfaat makan prebiotik dan probiotik bisa membuat sistem imun ibu dan bayi sama-sama kuat, alias tidak gampang sakit.

  1. Mencegah Ruam popok

Ruam popok adalah salah satu gangguan yang sering terjadi pada bayi baru lahir. Namun para ahli kesehatan menyarankan ibu untuk makan makanan prebiotik dan probiotik karena punya manfaat untuk mencegah infeksi jamur pada bayi.

Probiotik dan prebiotik yang dikonsumsi ibu baru melahirkan akan membantu mencegah ketidakeseimbangan jamur di tubuh bayi lewat ASI yang diberikan.

Kedua asupan makanan tersebut bekerja dengan mengubah jumlah ragi di saluran pencernaan bayi agar lebih seimbang, di mana ini baik untuk mengatasi ruam popok karena jamur berlebih.

Artikel lainnya: Sebelum Memberi MPASI pada Bayi, Pahami 6 Hal Ini

  1. Mengurangi Risiko Kolik

Ibu yang rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik telah dibuktikan oleh suatu studi dapat mengurangi risiko terjadinya kolik pada bayi.

Kolik adalah kondisi bayi menangis selama berjam-jam, tanpa bisa dibujuk atau ditenangkan. Biasanya kondisi ini dialami oleh bayi sehat berusia 3 minggu hingga 3 bulan.

Meskipun belum jelas apa yang menjadi penyebab kolik, namun ada beberapa bukti di Eropa, yang mengatakan bahwa konsumsi probiotik mungkin membantu bayi terhindar dari kondisi ini.

Menurut penelitian yang dipublikasi di jurnal JAMA Pediatrics, bayi yang diberikan ASI mengandung probiotik sejak seminggu setelah lahir, mengalami kolik dan sembelit yang lebih sedikit.

3 dari 4 halaman

Lalu, Bisa Didapat dari Mana Manfaat Probiotik dan Prebiotik?

Makanan mengandung probiotik bisa Anda dapatkan di makanan seperti yoghurt, susu kefir, asinan kubis, dan bahkan di tempe. Sedangkan prebiotik bisa Anda dapatkan dari makanan seperti sayur, buah, kacang kedelai, gandum, asparagus atau bawang putih.

Tidak hanya dari sumber makanan di atas, ya. Manfaat probiotik dan juga prebiotik bisa Anda dapat lewat suplemen yang dijual di apotek. 

Anda juga harus mengetahui cara menyimpan produk suplemen dari probiotik dan prebiotik tersebut. Pastikan suplemen yang Anda beli sudah teruji klinis, belum mencapai tanggal kedaluwarsanya, serta perhatikan kan dosis dan anjuran pakainya.

Penting untuk konsultasi pada dokter sebelum ibu menyusui makan makanan probiotik dan prebiotik, ini agar kesehatan ibu tetap terjaga dan, aman serta maksimal manfaatnya. Untuk lebih praktisnya, ajukan pertanyaan lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(OVI/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar