Sukses

Malas Mandi? Awas, Imunitas Kulit Anda Bisa Terganggu

Kulit punya sistem imunitas sendiri untuk melindungi tubuh. Salah satu cara agar daya perlindungannya tidak terganggu adalah dengan tidak malas mandi.

Mandi lebih dari sekadar rutinitas membersihkan diri. Pasalnya, mandi secara rutin dengan benar dapat mencegah tugas imunitas kulit dalam menjaga kesehatan tubuh terganggu.

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang punya fungsi sebagai benteng pertahanan paling utama dan terluar dari tubuh. Nah, bila kondisi kulit bersih dan sehat, itu dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai ancaman dari luar, seperti paparan sinar ultraviolet, kuman, racun, polusi, atau cedera.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mandi secara rutin, setidaknya dua kali sehari.

Bukan Cuma Bersih, Ini Manfaat Sehat Mandi secara Rutin

Manfaat dari mandi rutin yang bisa Anda dapat antara lain:

  • Relaksasi Otot

Secara umum, mandi dapat membuat tubuh lebih relaks. Mandi, terutama dengan air hangat, dapat merelaksasi otot. Dengan begitu, fungsi kerja otot bisa tetap fleksibel dan elastis dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Mandi dengan cara berendam dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Di samping itu, mandi juga berkontribusi dalam mekanisme penurunan tekanan darah di pembuluh darah, sehingga otomatis dapat menurunkan beban fungsi kerja jantung.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Mandi dengan air dingin dapat menstimulasi pembentukan sel imun yang ada di kelenjar getah bening dan pembuluh darah.

Saat mandi dengan air dingin, produksi sel darah putih dalam tubuh meningkat, sehingga tubuh dapat lebih terlindungi dari ancaman seperti virus, bakteri, jamur, dan sebagainya.

Dengan demikian, otomatis hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kekebalannya dari ancaman penyakit.

  • Detoksifikasi

Mandi dengan air hangat yang sesuai dengan suhu tubuh mampu mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh.

Artinya, mandi dapat membantu menurunkan risiko timbulnya masalah kesehatan di kemudian hari, baik yang disebabkan oleh infeksi kuman ataupun paparan terhadap zat bersifat toksik.

  • Mengatasi Depresi

Tidak hanya baik bagi kesehatan raga, mandi juga dapat membantu menjaga kesehatan jiwa.

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kadar hormon beta-endorfin dan noradrenalin pada darah. Kedua substansi tersebut bersifat antidepresan bagi tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko stres dan depresi.

Selain itu, endorfin juga dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan perasaan bahagia.

1 dari 2 halaman

Dampak Buruk Malas Mandi terhadap Imunitas Kulit

Karena terpapar langsung saat mandi, kulit adalah bagian tubuh yang paling merasakan manfaatnya.

Mandi akan membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan kuman yang menempel selama Anda beraktivitas seharian, menjadikannya lebih sehat dalam menjalankan fungsinya.

Sebagai organ terluar tubuh, kulit menjadi lapisan pertama dalam sistem imunitas tubuh. Imunitas kulit berperan dalam mencegah terjadinya infeksi, penyembuhan luka, serta pembentukan pembuluh darah yang baru.

Kebiasaan buruk seperti malas mandi tentu bisa membuat Anda kehilangan berbagai manfaat sehat yang dijabarkan di atas tadi.

Sebaliknya, tubuh jadi rentan terhadap sejumlah gangguan kesehatan, misalnya terkena infeksi (bakteri, virus, parasit), keracunan, reaksi alergi, hingga masalah kesehatan mental.

Pada prinsipnya, ketika fungsi kulit terganggu, maka otomatis sistem imunitas tubuh berkurang.

Dengan mengetahui berbagai manfaat sehat dari aktivitas sesederhana mandi, jangan lagi malas melakukannya, ya! Pasalnya, mandi tak hanya berperan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, tetapi mencegah imunitas kulit terganggu.

Pilih sabun mandi yang dapat secara efektif membersihkan kulit secara menyeluruh, misalnya sabun dengan kandungan ActivSilver yang punya kekuatan antibakteri untuk merawat sekaligus melindungi kulit. Imunitas kulit terjaga, tubuh pun jadi lebih sehat.

(RN/ RH)

2 Komentar