Sukses

Meredakan Sakit Perut Setelah Bangun Tidur

Sakit perut setelah bangun tidur bisa dialami oleh siapa saja, dan kapan saja. Bahkan, bangun tidur. Mari ketahui cara meredakannya dengan cara aman.

Ketika bangun tidur, Anda bisa saja mengalami sakit perut setelah bangun tidur. Hal itu bahkan sampai membuat Anda enggan beranjak dari kasur. Mari ketahui cara meredakan sakit perut yang terjadi setelah bangun tidur.

Setiap orang ingin bangun pagi dengan kondisi yang ideal, tanpa gangguan. Ini yang membuat akhirnya bisa beraktivitas dengan baik dan tidak menunda hari Anda.

Sayangnya, tidak begitu. Anda bisa mengalami sakit perut setelah bangun pagi yang akhirnya membuat tidak bisa langsung beraktivitas. Apalagi nyeri yang dirasakan sangat sakit, itu bisa membuat merintih kesakitan.

Sayangnya, sulit untuk mendeteksi penyebab sakit perut usai bangun pagi. Sakit perut adalah gejala yang tidak jelas, sehingga sulit mengetahui cara mulai mengobatinya.

Meredakan Sakit Perut Setelah Bangun Tidur

Namun tenang saja, ada beberapa cara yang diketahui bisa membantu meredakan sakit perut setelah bangun tidur, yakni seperti berikut ini.

  1. Bikin Sarapan

Kecenderungan orang yang sakit perut pada pagi hari adalah melewatkan sarapan. Padahal, tidak perlu melewatkan sarapan jika sakit perut adalah satu-satunya gejala dan Anda berpikir sarapan tidak akan membuat mual.

"Justru sarapan dapat membantu meringankan masalah perut," kata Jonathan Cohen, MD, profesor klinis kedokteran di NYU Langone School of Medicine, New York, Amerika Serikat.

Kata David Greenwald, MD, direktur gastroenterologi klinis dan endoskopi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York, jangan makan sembarangan. Hindari yang pakai minyak berlebih. "Tetap berpegang pada hal-hal yang lebih hambar atau mudah dicerna," katanya.

Artikel Lainnya: Posisi Tidur yang Baik untuk Pemilik Sakit Maag

Sementara itu, dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter menyarankan Anda menu sarapan sehat yang mengandung sayuran yang bernutrisi, protein berkualitas tinggi, dan lemak tak jenuh. Lalu, hindari makan roti panggang pada pagi hari.

  1. Jangan Minum Kopi

Jika refluks asam menyebabkan Anda sakit perut di pagi hari, pertimbangkan untuk tidak minum kopi dulu. Mengonsumsi kafein dapat melemaskan tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung, membuatnya lebih mudah bagi asam untuk semakin parah.

Plus, itu membuat usus bekerja lebih keras, yang dapat menyebabkan diare. Jika Anda berpikir kopi bisa menjadi penyebabnya, cobalah tidak meminumnya selama seminggu.

"Satu-satunya cara mengetahuinya adalah dengan membatasi dengan jangka waktu tertentu dan melihat apakah gejalanya membaik," kata Steven Fleisher, MD, kepala gastroenterologi dan direktur endoskopi di MedStar Franklin Square Medical Center, AS.

  1. Tetap Berolahraga

Kalau Anda biasa berolahraga pada pagi hari, lanjutkan aktivitas itu meski sakit perut. Menurut Fleisher, olahraga membantu masalah pencernaan.

Namun, ia menyarankan untuk tidak melanjutkan olahraga kalau gerakan membuat sakit tak tertahankan. Sebaiknya tunda dulu sampai sakitnya hilang atau tunda aktivitas fisik sampai Anda tahu apa yang salah dan bisa mengobatinya.

  1. Cobalah Obat-obatan Alami

Minyak peppermint, jahe, dan kunyit dapat meringankan rasa sakit Anda jika berurusan dengan gas dan kembung setelah bangun tidur.

"Mereka membantu perut mengosongkan dan membantu penyerapan makanan," kata Dr. Cohen.

Artikel Lainnya: 6 Penyakit Berbahaya yang Berawal dari Sakit Perut

Namun, jika masalah Anda disebabkan oleh naiknya asam lambung, peppermint sebenarnya bisa membuat gejalanya bertambah buruk.

Selain itu, cara aman lainnya adalah minum air putih hangat. Biasanya itu sangat membantu ketika perut benar-benar dalam keadaan yang buruk.

  1. Panaskan Perutnya

Cara lain yang juga aman adalah dengan memanaskan bagian perut Anda. Biasanya, ini bisa dilakukan dengan bantal pemanas yang ditempelkan di bagian perut yang sakit.

"Bantal pemanas dapat membantu meringankan sakit perut, terutama jika itu berasal dari rasa sakit Irritable bowel syndrome (IBS) yang parah," kata Dr. Fleisher.

Jika Anda tidak punya bantal pemanas, tenang saja! Anda bisa memasukkan air panas di botol air mineral bekas dan tempelkan di perut untuk beberapa waktu. Pastikan airnya tidak terlalu panas karena takutnya malah jadi iritasi.

  1. Tanya Teman Makan Malam Anda Apakah Merasakan Hal yang Sama

Takut keracunan makanan? Jika malam sebelumnya Anda makan di restoran bersama teman yang lain, harus tanya apakah mereka juga mengalami sakit perut yang sama. Kalau benar, bisa jadi karena masalah keracunan makanan akibat makan malam sebelumnya.

Selain cara di atas, sebenarnya kalau sakit perut tidak tertahankan, sebaiknya segera ke dokter. Karena sakit perut adalah gejala yang tidak jelas, memanggil ahli medis dapat membantu Anda mengetahui penyebabnya.

Tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi dan sensasi rasa sakit Anda, dokter dapat memberi tahu apakah Anda harus pergi ke UGD, membuat janji dengan dokter perawatan primer Anda, atau mulai dengan beberapa perawatan di rumah.

Jadi, sakit perut pada pagi hari setelah bangun tidur bisa terjadi karena beberapa kasus, mulai dari sedang sampai berat. Anda bisa menanganinya dengan cara alami. Tapi kalau sudah sangat mengganggu, lebih baik segera ke dokter atau langsung bertanya lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(RPA/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar