Sukses

Hindari Tidur dengan Baju yang Sudah Seharian Dipakai

Ternyata, ada bahaya yang mengancam kesehatan bila kita tidak mengganti baju yang sudah seharian dipakai. Sebaiknya pakailah baju tidur khusus, ketahui alasannya!

Sesampainya di rumah, biasanya bawaannya langsung mau rebahan di atas ranjang. Padahal baju masih menempel. Penting lo menghindari kebiasaan buruk ini. Sebab, ada dampak buruk bagi kesehatan jika kita rebahan di atas ranjang tanpa mengganti baju yang sudah seharian dipakai dengan baju tidur.

Lelah memang setelah seharian bekerja dan menghadapi kemacetan ibukota. Jika sudah begini, tidur adalah salah satu cara terampuh untuk mengembalikan vitalitas tubuh.

Akhirnya, banyak orang yang kadang tidak sempat membersihkan diri –termasuk ganti baju– dan langsung memutuskan untuk tidur. Padahal, terdapat banyak kuman yang menempel pada tubuh dan baju Anda, lho.

Mungkin Anda berpikir bahwa tubuh dan pakaian tetap bersih karena seharian hanya beraktivitas di kantor atau dalam ruangan. Nyatanya, pakaian tetap bisa kotor karena sudah dipakai seharian.

Artikel lainnya: Tidur Kurang Nyenyak Semalam? Jangan Lakukan Ini Esok Hari

1 dari 3 halaman

Alasan Pentingnya Mengganti Baju Sebelum Tidur

Sebelum berpikir bahwa tidak mengganti baju itu aman, berikut beberapa alasan yang dapat mengubah pandangan Anda:

  1. Baju Lebih Kotor dari yang Anda Bayangkan

Kalau merasa bersih sehingga tidak perlu mengganti baju sebelum tidur, lebih baik berpikir dua kali deh! Pakaian yang dikenakan seharian bisa lebih kotor dari yang Anda kira.

Tentu saja, mempraktikkan kebiasaan bersih yang baik sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Akan tetapi, mengetahui apa yang secara alami terjadi pada tubuh dalam sehari akan memperjelas betapa kotornya pakaian bila tidak diganti.

Faktanya, dalam satu hari manusia mengeluarkan sel-sel kulit, minyak, dan keringat yang akhirnya menempel ke baju yang dikenakan. Lalu, seseorang juga menghasilkan sekitar 500 juta sel kulit dan satu liter keringat setiap harinya!

  1. Kuman Menempel di Tubuh

"Bakteri dan organisme dapat bertahan hidup berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan di pakaian," ujar Philip Tierno, MD, direktur Mikrobiologi dan Imunologi di New York University, seperti dikutip dari thehealthy.com.

Tierno juga menemukan bahwa pakaian baru (masih dengan label) dapat terkontaminasi dengan bakteri, norovirus, dan kuman lainnya.

Oleh karena itu, Tierno menyarankan untuk mencuci pakaian baru sebelum menggunakannya. Hal ini sering diabaikan banyak orang, padahal bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Artikel lainnya: Anda Mudah Berkeringat? Hati-hati Infeksi Jamur!

  1. Bisa Menimbulkan Ruam, Jerawat, dan Infeksi

Salah satu penyebab utama jerawat di punggung dan dada adalah adanya tekanan dan gesekan pada kulit yang berulang. Contohnya ketika memakai baju ketat dan ransel.

Kondisi itu akan semakin memburuk kalau baju yang dipakai saat tidur sangat kotor. Seprai dan pakaian kotor dapat memindahkan kuman dan bakteri ke dalam folikel rambut. Hal ini bisa membuatnya tersumbat dan terinfeksi.

2 dari 3 halaman

Jangan Lewatkan Mandi!

Bukan cuma ganti baju, mandi juga perlu dilakukan sebelum Anda tidur. Tapi sayangnya, masih banyak orang yang menganggap mandi sebelum tidur bisa merusak kesehatan. Contohnya menyebabkan rematik, masuk angin, sampai efek kesehatan lainnya.

Sebenarnya, mandi bisa dilakukan kapan saja. Tapi kebiasaan yang paling umum adalah mandi di pagi, sore, dan malam hari.

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, mandi malam hari tidak menimbulkan masalah kesehatan dan justru bagus untuk tubuh. Makin baik lagi kalau mandi dengan air hangat.

"Jika Anda selesai bekerja malam hari lalu ingin mandi, maka tidak perlu khawatir! Tidak ada larangan untuk mandi pada malam hari," ujar dr. Alvin.

Dokter Alvin juga menjelaskan bahwa mandi dengan air hangat pada malam hari dapat membantu kita untuk tidur lebih cepat. Mandi dengan air hangat juga dapat membuat tubuh lebih relaks dan melemaskan ketegangan otot. Akhirnya, Anda bisa tidur lebih cepat dan pulas!

Namun, Anda sebaiknya menghindari mandi berendam dalam waktu yang lama, apalagi kalau pakai air panas. Berendam dengan air hangat pada waktu yang lama dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan kulit kering.

"Anda tentu tidak mau kulit menjadi kering akibat berkurangnya kandungan minyak pada kulit, bukan? Batasi waktu mandi selama 5-10 menit untuk menghindari hal ini," saran dr. Alvin.

Sudah jelas bahwa mengganti pakaian pergi dengan baju tidur adalah hal yang wajib dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Bila tidak, Anda sama saja “tidur” dengan kuman! Cari tahu tips hidup sehat menarik lainnya dengan download aplikasi KlikDokter.

(FR/RPA)

2 Komentar

  • Andrianis August

    kalau malas mandi biasanya langsung ganti baju trus tidur

  • Olleng Eril

    dok aq mw tnxa" nhe..aq kan sakit kista ovarium fungsional..knpa iya dok..kok badan qw sakit semua..d sertai nyeri trus..urat d perut qw..terasa sakit semua dok.