Sukses

5 Tips Mencegah Serangan Penyakit Musim Hujan

Musim hujan sering datang berbarengan dengan penyakit. Lakukan ini sebagai langkah untuk mencegah penyakit musim hujan yang langganan menyerang Anda.

Musim hujan datang membawa kesejukan. Sayang, di balik segala kenikmatan yang ditawarkan, tibanya musim hujan juga berbarengan dengan musim penyakit. Lantas, apa yang menjadi penyakit musim hujan langganan Anda?

Apakah common cold, demam berdarah atau diare? Apa pun penyakit musim hujan yang menjadi ‘langganan’, Anda sebaiknya tidak tinggal diam dan pasrah menerima keadaan. Anda tak ingin terus-menerus terkena penyakit musim hujan, bukan?

 

1 dari 2 halaman

Tips Mencegah Penyakit Musim Hujan

Jangan biarkan penyakit musim hujan terus-menerus menjadi ‘pelanggan’ yang mengganggu aktivitas atau menurunkan kualitas hidup Anda.

Untuk mencegah penyakit musim hujan, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Tubuh manusia memiliki sistem kekebalan yang berfungsi menghalau berbagai kuman penyebab penyakit. Dengan kata lain, apabila Anda memiliki sistem kekebalan yang optimal, tubuh tidak akan mudah terkena penyakit.

Artikel Lainnya: Musim Hujan Bikin Anda Rentan Kena Penyakit Ini

Nah, jika Anda ingin sistem kekebalan tubuh yang optimal, tindakan yang perlu dilakukan adalah memenuhi kebutuhan gizi setiap hari dan berolahraga secara teratur.

Dalam hal ini, Anda perlu mengonsumsi makanan sehat dalam porsi seimbang. Pastikan sebagian besar menu yang Anda konsumsi terdiri dari sayur maupun buah-buahan.

Untuk olahraga, Anda  sebaiknya melakukan aktivitas fisik dengan durasi 30 menit per hari. Beberapa aktivitas fisik yang bisa dijadikan pilihan, misalnya jalan kaki, jogging, bersepeda, atau olahraga lain yang sesuai dengan minat dan kondisi tubuh Anda.

  1. Gunakan Masker saat Berada di Keramaian

 

Terdapat beberapa penyakit infeksi saluran pernapasan yang dapat ditularkan melalui percikan liur (droplet) yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin.

Guna mencegah tertular penyakit tersebut, Anda sebaiknya menggunakan masker dengan cara yang benar saat berada di keramaian.

Jika Anda sudah terlanjur tertular penyakit yang sekiranya dapat menular, sebaiknya gunakan pula masker jika hendak keluar rumah. Dengan ini, Anda tidak akan menjadi agen penular penyakit yang merugikan orang sekitar.

  1. Bersihkan Tubuh Secara Teratur

 

Tahukah Anda bahwa menjaga kebersihan diri merupakan langkah awal yang mudah, namun efektif dalam mencegah penyakit? Jadi, jangan anggap sepele kebersihan kulit Anda, ya!

Dalam hal ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala. Tindakan ini sangat penting untuk dilakukan sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, dan setelah beraktivitas atau menyentuh benda yang kotor.

Artikel Lainnya: Makanan Super untuk Cegah Penyakit Musim Hujan pada Anak

Tidak cukup dengan itu, Anda juga perlu mandi setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun. Faktanya, mandi dengan cara yang benar terbukti dapat meluruhkan kuman berbahaya yang menempel di tubuh.

  1. Cukup Kebutuhan Cairan

 

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Karena itu, cairan memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Atas dasar itu, pastikan untuk tidak lupa mencukupi kebutuhan cairan Anda setiap hari. Anda dianjurkan untuk minum air putih sekiranya 7–8 gelas atau 2 liter per hari. Jika aktivitas sangat padat atau Anda sering berkeringat, minumlah air putih sedikit lebih banyak dari jumlah tersebut.

  1. Jaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan sangat berperan dalam menjaga kesehatan manusia. Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan kebersihan lingkungan adalah demam berdarah.

Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue itu dapat dihindari dengan berbagai langkah mudah dan sederhana, seperti menutup, mengubur, dan menguras.

Dalam pelaksanaannya, Anda wajib menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang telah tidak digunakan, dan menguras bak penampungan air secara berkala.

Jangan biarkan penyakit musim hujan seenaknya mengganggu aktivitas dan rutinitas Anda sehari-hari.

Jika Anda masih terkendala dalam menerapkan tips mencegah penyakit musim hujan seperti yang telah dijelaskan, jangan sungkan untuk bertanya pada tim dokter dari KlikDokter di sini.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar