HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi5 Jenis Teh yang Ampuh untuk Miliki Berat Badan Ideal
Diet dan Nutrisi

5 Jenis Teh yang Ampuh untuk Miliki Berat Badan Ideal

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 26 Jan 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain melakukan diet dan olahraga, kamu bisa minum beberapa jenis teh alami berikut ini agar goals berat badan ideal dapat tercapai.

5 Jenis Teh yang Ampuh untuk Miliki Berat Badan Ideal

Untuk mencapai berat badan ideal, umumnya kamu harus makan makanan sehat, bergizi, dan juga olahraga rutin. Namun, ada beberapa jenis teh yang bisa membantu menurunkan berat badan. Apa saja jenis teh yang cocok masuk ke dalam daftar asupan program diet tersebut?

Menurunkan Berat Badan yang Sehat

Bagi sebagian orang, kelebihan berat badan merupakan salah satu momok yang menakutkan. Pasalnya, berat badan yang berlebih dapat mengganggu berbagai aktivitas fisik, kehilangan kepercayaan diri, hingga memicu berbagai penyakit yang berbahaya, obesitas misalnya.

Kondisi tersebut dapat mendorong seseorang melakukan berbagai cara untuk dapat menurunkan berat badannya, mulai dari yang sehat seperti berolahraga, menjaga pola makan, mengikuti berbagai tren diet, bahkan sampai minum berbagai macam suplemen.

Tak jarang program diet yang dilakukan cukup menyiksa, sehingga membuat kamu menjadi tidak konsisten.

Belum lagi, mulai maraknya berbagai ‘obat diet’ di pasaran yang mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal, penurunan berat badan yang sehat dianjurkan hanya sebanyak 0.5 kg setiap minggunya, atau 2 kg dalam satu bulan.

Jika berat badan dalam seminggu turun lebih dari itu, kemungkinan proses menurunkan berat badan kamu tidak sehat.

5 Jenis Teh untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang dalam pencarian cara untuk membantu turunkan berat badan beriringan dengan olahraga dan pengaturan pola makan sehat, minum teh bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu coba.

Berikut adalah 5 jenis teh yang disinyalir dapat membantu untuk turunkan berat badan :

Teh Hijau

Teh yang satu ini sudah cukup familiar karena mudah didapatkan dan sering dijadikan kombinasi beberapa jenis makanan. Para peneliti menemukan, bahwa ekstrak teh hijau mampu meningkatkan metabolisme tubuh, khususnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Penelitian di Cina mengungkap, seseorang yang rutin mengonsumsi teh hijau akan mengalami penurunan kadar lemak di perut. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang minum teh hijau selama 90 hari rata-rata lingkar pinggangnya menurun sebesar 1,9 cm dan berat badannya menurun sebanyak 1.3 kg.

Teh Oolong

Beberapa peneliti memercayai bahwa jenis teh yang satu ini memiliki kemampuan yang lebih kuat untuk menurunkan berat badan dibandingkan teh hijau. Teh oolong mampu menghasilkan efek thermogenesis, yaitu efek panas yang bisa membakar kalori lebih banyak dan menekan pembentukan lemak baru di dalam tubuh.

Teh Hitam (Black Tea)

Teh hitam sebenarnya merupakan jenis teh hijau yang telah melalui proses fermentasi, sehingga warnanya menjadi lebih pekat dan kehitaman. Minum teh ini secara teratur setiap hari akan menunjang penurunan berat badan dengan lebih cepat.

Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa orang yang minum teh hitam secara rutin kenaikan berat badannya lebih lambat dibanding dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

Teh Daun Mint

Minuman teh daun mint sudah mulai banyak disajikan di kafe atau restoran tertentu. Selain aroma dinginnya yang bikin rileks dan menyegarkan, ternyata jenis teh ini juga dapat membantu menurunkan berat badan, lho.

Akan tetapi ada hal yang harus diperhatikan, kamu harus minum teh ini tanpa gula tambahan. Pasalnya, gula tambahan mengandung tinggi kalori yang menjadi penghambat program dietmu.

Artikel Lainnya: Olahraga Ini Paling Banyak Bakar Kalori

Teh Rooibos

Nama teh rooibos ini mungkin belum cukup familiar bagi kamu. Namun, siapa sangka bahwa jenis teh rooibos dapat membantu menurunkan berat badan?

Ya, rooibos adalah sejenis tanaman herbal dari Afrika Selatan yang diyakini dapat membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Banyak orang menyeduh teh rooibos ketika sedang menjalankan program diet.

Berbagai jenis teh di atas terbukti dapat membantu proses penurunan berat badan. Namun, untuk mendapatkan berat badan ideal, jangan hanya minum jenis teh di atas saja, ya. Imbangi dengan makan makanan sehat dan olahraga.

Apabila ingin tahu cara menurunkan berat badan yang efektif dan juga aman selain mengandalkan jenis teh, jangan ragu ajukan pertanyaan kepada dokter terpercaya lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi Klik Dokter.

(OVI/RPA)

TehDiet

Konsultasi Dokter Terkait