Sukses

Manfaat Makan Kacang Merah untuk Penyandang Diabetes

Kacang merah sering menjadi topping pada minuman segar atau bahkan dalam masakkan sehari-hari. Namun, benarkah kacang merah dapat bermanfaat untuk diabetes?

Kacang merah merupakan sayuran yang sering jadi patokan untuk mengukur seberapa besar organ ginjal dalam tubuh Anda. Selain itu, kacang merah kini digadang-gadang sebagai superfood yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penyandang diabetes. Sebenarnya, apa manfaat kacang merah bagi kesehatan?

1 dari 3 halaman

Mengenal Sedikit Tentang Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang jumlah pengidapnya semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama di Indonesia. Selain itu, penyakit ini tidak memberikan gejala yang signifikan, dan biasanya tanda-tandanya baru diketahui saat telah menimbulkan komplikasi.

Gejala diabetes awal antara lain adalah sering merasa haus, lapar, dan sering buang air kecil. Komplikasi diabetes juga dapat menyebabkan stroke, kebutaan, penyakit jantung, gagal ginjal, infeksi dan amputasi kaki, kerusakan saraf, dan lain sebagainya.

Diabetes adalah penyakit yang kadang dianggap sepele, namun dapat mengakibatkan berbagai komplikasi yang mematikan. Jika ditelusuri, sebenarnya penyakit diabetes tipe dua dapat dicegah dengan memulai gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

Artikel Lainnya: 5 Khasiat Ajaib Kacang Merah

Gaya hidup tersebut antara lain adalah kurangnya olahraga dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori, gula, dan lemak. 

Selain itu, para ahli menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi kacang merah sebagai superfood guna mengendalikan kadar gula darah, baik pada mereka yang sehat maupun penyandang diabetes.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kacang Merah untuk Orang Diabetes

  1. Mengandung Protein Tinggi

Untuk 100 gram (setara setengah gelas) kacang merah, terkandung 70 kalori, 5 gram protein, 12 gram karbohidrat, dan 4 gram serat. Jika dilihat, kandungan protein dalam kacang merah tidak kalah, lho, dengan protein di dalam daging.

Bahkan, menurut American Diabetes Association, 100 gram kacang merah memiliki protein yang setara dengan protein dalam 30 gram daging.

Artikel Lainnya: Kiat Mengolah Kacang Merah agar Tetap Kaya Nutrisi

  1. Kaya Serat

Tidak seperti daging, kacang merah bebas dari lemak jenuh dan kaya akan serat. Dengan demikian, kacang merah pun dapat menjadi alternatif sumber protein yang sehat, dan lebih murah pastinya.

Kandungan serat di dalam kacang merah sebagian besar merupakan serat larut. Jenis serat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ini karena dapat menjadi ‘makanan’ bagi bakteri baik dalam usus. Selain itu, serat larut diketahui dapat memperbaiki kontrol gula darah.

  1. Mengandung Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat yang terkandung di dalam kacang merah adalah karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik rendah. Ini supaya agar aman bagi pengidap diabetes mellitus dan mereka yang sedang diet. Karbohidrat kompleks dari kacang merah umumnya lebih lama dicerna tubuh, sehingga pasien diabetes dapat kenyang yang lebih lama.

Penyandang diabetes disarankan mengurangi porsi nasi dan menggantinya dengan kacang merah. Hal ini bertujuan agar gula darah lebih terkontrol dengan baik dan bisa kenyang lebih lama.

Kini Anda sudah, tahu, kan, manfaat kacang merah yang dianjurkan untuk penderita diabetes? Selain kaya gizi, ekonomis, dan mudah didapat, kacang merah pun mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan, dan bahkan pengganti nasi.

Untuk tahu lebih lanjut tentang asupan yang baik untuk orang diabetes, jangan ragu konsultasi dengan dokter yang terpercaya. Agar lebih praktis, tanyakan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar