Sukses

Apa sih Sirtfood Diet? Yuk Cari Tahu Diet ala Adele Ini

Penyanyi ternama Adele berhasil menurunkan berat badan cukup banyak dengan sirtfood diet. Simak ulasan berikut mengenai jenis diet yang satu ini!

Semakin banyak saja jenis-jenis diet yang bermunculan dan populer di masyarakat. Hal ini terasa seperti “angin segar” bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau sekadar memiliki tubuh ideal. Salah satu yang kerap jadi perbincangan adalah sirtfood diet.

Diet ini tiba-tiba marak karena penyanyi asal Inggris, Adele berhasil menurunkan berat badannya dalam jumlah yang cukup banyak dengan sirtfood diet. Dikutip dari Liputan6.com, pelantun lagu Someone Like You ini dapat mengurangi bobot tubuhnya hingga 22 kg!

Apa Itu Sirtfood Diet?

Menurut Healthline, sirtfood diet dikembangkan oleh dua nutritionist yang bekerja di sebuah gym pribadi di Inggris. Diet ini didasari oleh penelitian pada sirtuins (SIRTs) - kelompok yang terdiri dari tujuh protein dalam tubuh yang mengatur beragam fungsi seperti metabolisme, inflamasi, dan umur seseorang.

Terdapat senyawa tumbuhan tertentu yang diduga dapat meningkatkan kadar protein-protein tersebut di dalam tubuh. Nah, makanan-makanan yang mengandung senyawa tersebut dinamakan sirtfood.

Artikel Lainnya Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Para pencipta sirtfood diet mengklaim bahwa diet ini akan membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat, sembari menjaga massa otot dan melindungi tubuh dari penyakit kronis. Ini juga dapat mencegah terjadinya obesitas.

Beberapa makanan yang masuk ke dalam daftar asupan sirtfood diet yakni, sayur kale, anggur merah, stroberi, bawang bombay, kacang kedelai, daun peterseli, minyak zaitun murni, dark chocolate (dengan kadar kakao 85%), dan teh hijau.

Tak hanya itu saja. Kunyit, kacang kenari, daun arugula, kurma medjool, blueberry, dan kopi juga termasuk dalam daftar makanan dan minuman yang diperbolehkan untuk sirtfood diet.  

Diet ini mengombinasikan sirtfood dengan pembatasan asupan kalori. Kedua hal ini dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak sirtuins.

1 dari 3 halaman

Efektifkah Sirtfood Diet dalam Menurunkan Berat Badan?

Diet ini memang banyak diterapkan, salah satunya oleh Adele yang terlihat membuahkan hasil yang memuaskan dalam penurunan berat badan. Sayangnya, belum ada banyak bukti apakah sirtfood diet lebih bermanfaat dibanding jenis diet lainnya.

Walaupun makanan-makanan dalam sirtfood diet memiliki manfaat baik untuk kesehatan, belum ada penelitian lebih lanjut untuk memutuskan apakah konsumsi makanan tersebut berpengaruh besar dan nyata pada penurunan berat badan dan kesehatan.

Meski begitu, sirtfood diet dapat menjadi pilihan bila Anda ingin menurunkan berat badan karena asupan-asupannya yang rendah kalori. Namun, diet ini tidak memiliki efek jangka panjang untuk kesehatan. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter terkait diet ini.

Artikel Lainnya 8 Jenis Sayuran untuk Diet yang Bisa Anda Coba

2 dari 3 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan yang Benar dan Sehat

Jenis-jenis diet yang bermunculan memang bisa memberikan berbagai manfaat sesuai dengan kebutuhan. Namun, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, penerapan atau cara diet yang benar untuk menurunkan berat badan adalah dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan.

“Anda harus tetap berolahraga, didampingi dengan pola makan yang benar bergizi seimbang. Kalau hanya diet dan tidak diimbangi dengan olahraga, tubuh akan cenderung lemas,” jelas dr. Astrid.

Berikut beberapa tips menurunkan berat badan yang sehat:

1. Olahraga Teratur

Dokter Astrid menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik seperti lari, renang, bersepeda, plank, push up, dan latihan beban. Lakukan secara teratur selama 30-60 menit, minimal tiga kali seminggu.

2. Jangan Buru-buru Ingin Kurus!

Hilangkan keinginan untuk mendapat hasil yang instan. Pola pikir seperti ini tidak baik untuk diterapkan dan malah membuat stres. Penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.

3. Kurangi Jumlah Kalori

Untuk pola makannya, yang harus dilakukan adalah mengurangi asupan kalori dalam sehari. Usahakan makan tiga kali sehari, hanya saja porsinya diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Sebaiknya jangan makan dalam porsi yang terlalu besar di malam hari.

Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Untuk karbohidrat, bisa makan roti gandum atau kentang. Perbanyak minum air putih, lauk dengan sedikit lemak seperti ikan, serta konsumsi sayur dan buah. 

Hindari gorengan, makanan dan minuman berkadar gula dan garam yang tinggi, makanan kaleng, dan junk food. Bila ingin ngemil, makan saja potongan buah dengan rasa manis yang tak kalah enak.

Ingat, menurunkan berat badan butuh kesabaran, kedisiplinan, dan waktu. Bila cara diet yang benar dan sehat konsisten dilakukan, hasilnya pun akan terlihat. Kalau ingin mencoba sirtfood diet, bisa konsultasi dulu dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar