Sukses

7 Makanan Bernutrisi yang Bikin Kulit Sehat

Tidak melulu harus ke klinik kecantikan, menjaga kulit bisa juga dengan makanan. Berikut deretan makanan bernutrisi yang bisa bikin kulit sehat.

Perawatan untuk mendapatkan kulit sehat dan segar dapat dilakukan dengan penggunaan skin care yang tepat dan rutin. Akan tetapi, perawatan pertama dan terutama untuk kulit sehat sebenarnya dimulai dari makanan bernutrisi.

Nah, menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, makanan yang paling baik untuk menjaga kesehatan kulit, adalah buah dan sayur.

"Sayur dan buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini perannya besar sekali dalam peremajaan dan regenerasi kulit. Jadi, jika Anda ingin kulit tetap sehat, pastikan sayur dan buah tak pernah absen dalam menu harian Anda,” kata dr. Dyah Novita.

Artikel lainnya: Apakah Kulit Tubuh Anda Sehat?

1 dari 2 halaman

Makanan untuk Kulit Sehat

Selain sayur dan buah-buahan, secara spesifik ada beberapa makanan yang memang bisa bikin kulit lebih sehat. Berikut daftarnya:

1. Ikan yang Kaya Omega-3

Ikan yang kaya omega-3, seperti salmon, makarel, dan herring, sangat baik untuk kulit sehat. Kandungan omega-3 diketahui bisa menjaga kesehatan kulit.

Asam lemak omega-3 diperlukan untuk menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembap. Bahkan, kekurangan lemak omega-3 dapat menyebabkan kulit kering.

Lemak omega-3 pada ikan dapat mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat. Mereka bahkan dapat membantu melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV berbahaya matahari.

Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, salah satu antioksidan terpenting untuk kulit. Mendapatkan cukup vitamin E sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat. Buah berdaging lembut ini bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh, termasuk kulit. Salah satunya menjaga kulit tetap fleksibel dan lembap.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik. Vitamin ini membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif.

Menariknya, vitamin E tampaknya lebih efektif jika dikombinasikan dengan vitamin C. Vitamin C dibutuhkan untuk membuat kolagen, protein yang membuat kulit tetap kenyal dan kencang.

3. Biji Bunga Matahari

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber nutrisi yang baik untuk kulit. Nah, biji bunga matahari adalah contoh yang bagus.

Satu ons (28 gram) biji bunga matahari terdiri dari 37% rekomendasi asupan harian untuk vitamin E, 32% untuk selenium, 10% untuk seng, dan 5,4 gram protein.

4. Brokoli

Brokoli kaya sekali dengan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit, termasuk zinc, vitamin A, dan vitamin C. Sayuran hijau ini juga mengandung lutein, karotenoid yang berfungsi seperti beta-karoten. 

Lutein diketahui melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusut.

Tak cuma daunnya, batang brokoli juga banyak manfaatnya bagi kulit. Batang brokoli mengemas senyawa khusus yang disebut sulforaphane. Senyawa ini merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Sulforaphane bekerja dalam dua cara, yakni menetralkan radikal bebas berbahaya dan menyalakan sistem perlindungan lain di tubuh Anda.

Dalam tes laboratorium, sulforaphane mengurangi jumlah sel kulit yang terbunuh oleh sinar UV hingga 29%. Bukti juga menunjukkan sulforaphane dapat mempertahankan kadar kolagen di kulit Anda.

Artikel lainnya: Perlukah Semua Nutrisi Dipenuhi Setiap Hari?

5. Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang tinggi dan mengandung likopen. Beta-karoten, lutein, dan likopen dalam buah berair ini telah terbukti melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Di samping itu, tomat juga dapat membantu mencegah kerutan.

Karena tomat mengandung semua karotenoid utama, sayuran yang identik dengan warna oranye-merah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Pertimbangkan untuk memasangkan makanan kaya karotenoid seperti tomat dengan sumber lemak, seperti keju atau minyak zaitun. Lemak meningkatkan penyerapan karotenoid Anda.

6. Cokelat Hitam

Anda penggemar cokelat hitam? Jangan sia-siakan kesempatan ini! Faktanya, efek kakao dalam cokelat hitam pada kulit Anda sangat luar biasa.

Hal ini pernah diujicobakan pada partisipan yang mengonsumsi bubuk kakao yang tinggi antioksidan setiap hari selama 6-12 minggu.

Hasilnya, partisipan mengaku kulit mereka lebih terhidrasi, tidak kasar dan bersisik, lebih kuat terhadap sengatan matahari, serta memiliki aliran darah yang lebih baik.

7. Teh Hijau

Teh hijau dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan dan penuaan. Katekin, senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau, bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Seperti beberapa makanan lain yang mengandung antioksidan, teh hijau juga dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Satu studi selama 12 minggu pada 60 wanita, ditemukan bahwa minum teh hijau setiap hari dapat mengurangi kulit kemerahan akibat sinar matahari hingga 25%. Teh hijau juga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit mereka.

Mengonsumsi makanan di atas memang bisa membantu Anda mendapatkan kulit sehat. Tapi, makanan saja tidak cukup! Anda tetap harus rutin membersihkan kulit, menggunakan pelembap, cukup minum air putih, dan tidur cukup. Kalau masih ada pertanyaan seputar perawatan kulit, tanyakan aja pada dokter via Live Chat!

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar