Sukses

Makanan Kalori Rendah untuk Makan Malam

Anda ogah makan malam lezat karena takut kalap yang berujung pada peningkatan berat badan? Ada lo, makanan kalori rendah yang lezat di malam hari.

Siapa tak suka makanan lezat? Sayangnya, makanan lezat cenderung tinggi kalori, merangsang nafsu makan, hingga berujung pada peningkatan berat badan. Terlebih lagi kalau asupan itu dikonsumsi di malam hari. Namun,i tidak perlu risau lagi. Ada makanan kalori rendah yang cocok dikonsumsi buat makan malam.

Makanan rendah kalori ini bisa dijadikan pilihan Anda yang sedang diet, mengurangi asupan lemak dan kolesterol, ataupun menjaga berat badan.

Makan Malam Rendah Kalori Tak Harus Hambar

Ya, makan malam yang rendah kalori tak melulu harus memiliki rasa yang hambar. Ada banyak menu pilihan menu makan malam lezat dan sehat. Makanan-makanan di bawah ini contohnya, hanya memiliki kurang dari 500 kalori. Apa saja, sih?

1. Pasta Udang Bawang Putih dengan Lemon

Anda penggemar pasta? Tak masalah mengonsumsinya untuk makan malam. Namun, ganti jenis pastanya dengan mi shirataki. Jenis mi ini punya kalori yang rendah sehingga baik untuk orang-orang yang ingin menekan konsumsi karbohidrat mereka.

Bumbui pasta dengan minyak zaitun, bawang putih, lemon, dan bubuk cabai merah (sesuai selera). Selanjutnya, tambahkan beberapa udang yang berprotein tinggi.

Seporsi makanan sehat menggugah selera ini setidaknya punya 99 kalori, 3 gram lemak, 4 gram karbohidrat, dan 14 gram protein.

Artikel lainnya Apa Itu Diet Rendah Kalori?

2. Ayam Panggang dengan Jamur dan Ubi

Kombinasi ayam panggang bersama jamur dan ubi ini bisa Anda pertimbangkan untuk makan siang maupun malam. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, asupan ini hanya mengandung 382 kalori.

Tertarik membuatnya? Siapkan dada ayam tanpa kulit, 1 cup jamur portobello, lalu potong kecil-kecil. Siapkan juga 1 sdt perasan jeruk lemon, 1 sdm minyak zaitun, dan 1 buah ubi ukuran sedang.

Selanjutnya, panggang ayam yang sudah dibubuhi jamur, perasan jeruk lemon, dan minyak zaitun dalam oven 1800 C selama 15 menit. Sambil menunggu ayam matang, Anda bisa merebus ubi hingga empuk.

3. Taco Sayuran

Taco adalah makanan khas dari Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortilla yang diisi dengan berbagai macam makanan, seperti daging, sayuran, dan saus.

Supaya kalorinya lebih rendah, isi tortilla Anda dengan sayuran, seperti wortel dan kol yang renyah. Menurut Largeman-Roth, tiga porsi taco jenis ini hanya mengandung 300 kalori. Bagaimana? Tetap aman untuk Anda yang sedang diet kan?

Artikel lainnya Camilan Sehat dan Enak untuk Anda yang Diet

4. Sate Ayam ala Thai

Ingin menikmati satai ayam untuk makan malam sehat dengan kalori yang rendah? Cobalah menu sate ayam ala Thai rekomendasi dr. Nadia ini.

Bahan sate ayam:

3 sdm perasan jeruk nipis.

3 sdm minyak canola.

2 sdt kecap manis.

2 sdt kecap ikan.

1/2 sdt paprika merah yang dihancurkan.

450 gram dada ayam tanpa kulit.

Bahan saus kacang:

2 sdm selai kacang.

2 sdm santan.

1 sdm perasan jeruk nipis.

2 sdt kecap manis.

1 sdt gula merah.

Cara pengolahan:

  • Campurkan perasan jeruk nipis, minyak kanola, kecap manis, kecap ikan dan paprika dalam mangkuk kecil. Balurkan dan rendam ayam pada campuran tersebut. Letakkan di kulkas selama 15 menit.
  • Siapkan saus kacang: aduk selai kacang, santan, perasan jeruk nipis, kecap manis dan gula merah hingga halus.
  • Tusukkan ayam dan panggang hingga tidak lagi berwarna merah selama 3 menit pada setiap sisi.
  • Sajikan hangat dengan saus kacang.

Makan malam ini bisa Anda nikmati tanpa khawatir. Sebab, dr. Nadia Octavia menyebut bahwa jenis makanan ini hanya punya 286 kalori.

Tergiur kan dengan pilihan makanan kalori rendah untuk makan malam di atas? Jadi sekarang, jangan ragu lagi makan malam. Asalkan jenis dan porsi asupannya dibatasi, program diet bisa tetap jalan kok! Intip tips-tips diet lainnya di aplikasi KlikDokter, ya!

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar