Sukses

Dark Mode pada Handphone, Apakah Lebih Baik untuk Mata?

Dark mode di beberapa merek dan aplikasi smartphone menjadi salah satu fitur unggulan saat ini. Namun, apa benar fitur ini bermanfaat untuk mata? Cek di sini faktanya

Mode gelap atau dark mode di smartphone sedang ramai diperbincangkan. Teknologi ini merupakan mode tambahan untuk menampilkan latar belakang yang lebih gelap dibanding teks di layar ponsel.

Dark mode bertujuan untuk mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat, dengan tetap mempertahankan rasio kontras warna minimum yang diperlukan untuk visualisasi bacaan.

Atas alasan itu, mode gelap disebut-sebut lebih baik untuk kesehatan mata pengguna smartphone. Apakah benar demikian? Apa saja manfaat dark mode untuk mata? Yuk, cari tahu.

Artikel Lainnya: Tips Aman Bermain Gawai Agar Tak Merusak Mata

1 dari 3 halaman

Manfaat Dark Mode untuk Kesehatan Mata

Berikut ini beberapa kelebihan dark mode pada smartphone untuk kesehatan mata:

  • Meningkatkan Ergonomi Visual

Mode gelap dapat meningkatkan ergonomi visual. Cara kerjanya dengan mengurangi ketegangan mata, memfasilitasi layar untuk menyesuaikan kondisi cahaya, dan memberi kenyamanan saat digunakan malam hari atau di tempat gelap.

  • Menurunkan Risiko Mata Lelah

Terlalu lama menatap layar smartphone dapat membuat mata Anda lebih mudah merasa lelah. Risiko tersebut bisa meningkat apabila Anda menatap layar telepon pintar dengan kontras cahaya yang tinggi.

Untuk mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan fitur mode gelap yang ada di smartphone. Mode gelap akan membatasi jumlah cahaya yang terpancar dari layar telepon genggam kesayangan Anda.

  • Mengurangi Paparan Cahaya Biru (Blue Light)

Cahaya biru yang terpapar melalui layar smartphone dan gawai sejenis lainnya dapat menurunkan produksi hormon melatonin.

Padahal, hormon tersebut berperan penting dalam menciptakan kantuk dan ‘memberitahu’ tubuh untuk beristirahat (tidur).

Dengan menggunakan mode gelap, paparan cahaya biru dari smartphone bisa berkurang. Alhasil, produksi hormon melatonin tubuh pun tidak terganggu secara signifikan.

Meskipun demikian, Anda tetap disarankan untuk tidak menggunakan ponsel menjelang tidur.

Setiap penemuan atau inovasi baru pasti menuai pro-kontra, tak terkecuali dengan mode gelap. Beberapa orang percaya bahwa mode ini sangat membantu mata agar lebih terjaga kesehatannya. Di sisi lain, banyak orang yang sangsi akan hal tersebut.

Artikel Lainnya: Mengenal Teknik 20-20-20 untuk Mencegah Mata Lelah

2 dari 3 halaman

Ada Efek Sampingnya Juga?

Dark mode tidak melulu baik untuk kesehatan mata. Dalam kondisi cahaya yang terang, mode gelap membuat teks tampak pudar. Hal ini membuat mata harus bekerja lebih keras, sehingga mudah kelelahan.

Selain itu, dark mode juga cenderung membuat pengguna smartphone berlama-lama menatap layar. Hal ini dipengaruhi oleh pencahayaan yang minim, sehingga mata terasa dimanjakan.

Padahal, menatap layar terlalu lama, sekalipun menggunakan dark mode, tetap bisa menyebabkan efek samping merugikan. Salah satu kerugian yang dimaksud, yaitu terjadinya computer vision syndrome (CVS).

Computer vision syndrome adalah keluhan pada mata akibat penggunaan komputer, tablet, telepon genggam, dan alat elektronik lainnya secara berlebihan atau dalam waktu lama.

Semakin lama durasi penggunaannya, semakin parah juga keluhan yang bisa dirasakan. Hal ini tetap berlaku, sekalipun Anda menggunakan dark mode pada layar smartphone.

Bijaklah dalam menggunakan perangkat elektronik, tak terkecuali smartphone Anda. Meski sudah dilengkapi dengan mode gelap, bukan berarti Anda bisa menatapnya terus-menerus.

Apabila telanjur mengalami efek dark mode pada mata, Anda sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar