Sukses

Dark Mode pada Handphone, Apakah Lebih Baik untuk Mata

Dark mode di beberapa merek dan aplikasi handphone menjadi salah satu fitur unggulan saat ini. Namun, apa benar lebih baik untuk mata?

Sekarang dark mode di ponsel pintar sedang ramai menjadi perbincangan. Mode gelap ini diklaim sangat baik untuk kesehatan mata para penggunanya. Apakah benar dark mode di handphone bisa menjaga kesehatan mata?

Apa Itu Fitur Dark Mode di Ponsel Pintar?

Mode gelap telah muncul di beberapa fitur atau media sosial. Teknologi ini merupakan mode tambahan yang dapat digunakan untuk menampilkan sebagian besar permukaan gelap di tampilan ponsel.

Melansir dari techaheadcorp.com, desain ini mengurangi cahaya yang dipancarkan oleh layar perangkat dengan tetap mempertahankan rasio kontras warna minimum yang diperlukan untuk visualisasi bacaan.

Kelebihan dark mode adalah meningkatkan ergonomi visual dengan mengurangi ketegangan mata, memfasilitasi layar untuk menyesuaikan dengan kondisi cahaya saat dipakai, dan memberi kenyamanan penggunaan di malam hari atau di lingkungan yang gelap.

Selain itu, fitur utama dark mode lainnya adalah untuk menghemat daya baterai. Ini membuat lama penggunaan perangkat menjadi lebih panjang tanpa pengisian daya berulang kali.

Salah satu yang mengembangkan fitur ini adalah perusahaan teknologi ternama Apple Inc. Merek yang didirikan oleh Steve Jobs ini bahkan mengklaim bahwa dark mode pada pengguna iPhone dengan iOS 13 sangat ‘ramah’ untuk mata.

"Ini dirancang dengan cermat untuk membuat setiap elemen di layar lebih mudah di mata Anda," klaim Apple Inc. dalam pengumuman fitur tersebut seperti yang dikutip dari Vice.

Artikel Lainnya: Ponsel Bisa Bahayakan Imunitas Kulit

1 dari 3 halaman

Pro dan Kontra Dark Mode di Ponsel

Namun, setiap penemuan atau inovasi baru pasti menuai pro dan kontra. Sama halnya dengan mode gelap, beberapa percaya bahwa mode ini sangat membantu mata agar lebih terjaga kesehatannya. Di sisi lain, banyak orang yang sangsi akan hal itu.

Pro

  • Menghemat energi, terutama kalau perangkat menggunakan layar OLED atau AMOLED.
  • Saat mengaktifkan dark mode, tulisan menjadi berwarna terang (putih) dan dirasa lebih baik dalam hal visual bacaan. Lalu, mode ini juga lebih nyaman untuk mengurangi ketegangan mata dalam kondisi cahaya rendah.
  • Dengan sebagian besar layar gelap, silau layar akan berkurang sehingga meminimalkan cahaya yang berkedip dan biru.

Kontra

  • Dark mode tidak selalu lebih baik untuk ketegangan mata. Dalam kondisi cahaya yang terang, teks tampak pudar dan dapat meningkatkan kelelahan mata.
  • Potongan konten atau teks yang panjang lebih sulit dibaca dalam mode gelap.

Artikel Lainnya: Waspadai Berbagai Efek Kecanduan Ponsel pada Kesehatan

2 dari 3 halaman

Bagaimana Pandangan Medis tentang Dark Mode?

Dark mode memang sudah menjadi fitur baru yang menjadi gimmick bagi pengembangan perusahaan ponsel. Untuk media sosial, Twitter menjadi pelopor mode gelap.

Tampilan mode gelap di Twitter sangat menarik dan banyak orang menyukainya. Tapi hal ini tak lepas dari dampak penggunaan aplikasi tersebut yang menampilkan tampilan standar selama bertahun-tahun.

Namun, menurut dr. Valda Garcia dari KlikDokter, tampilan dark mode di ponsel tidak berpengaruh signifikan pada kesehatan mata. Itu hanya membuat durasi mata lelah menjadi lebih panjang.

"Sebenarnya itu tidak terlalu berpengaruh. Tapi saat dark mode, kontras warna di ponsel pasti rendah. Akhirnya, mode ini membuat durasi mata lelah menjadi lebih lama dibanding biasanya," ujar dr. Valda.

"Misalnya, kalau sudah dua jam melihat layar biasanya harus istirahat. Nah, kalau pakai dark mode malah bisa lebih lama. Tapi ini tidak bisa dipukul rata, tiap orang berbeda-beda reaksinya," sambung dr. Valda.

Meski beberapa ponsel sudah ada fitur dark mode, dr. Valda menyarankan untuk tetap istirahat kalau sudah terpapar atau melihat layar selama dua jam. Toh, semuanya demi kesehatan mata Anda.

Mata lelah memang salah satu gejala yang terjadi kalau terlalu lama melihat layar. Ini biasanya disebut dengan computer vision syndrome (CVS).

CVS adalah kumpulan gejala yang ditimbulkan pada mata sebagai hasil dari penggunaan komputer, tablet, telepon genggam, dan alat elektronik lainnya secara berlebihan atau dalam waktu yang lama. Rasa tidak nyaman pada mata akan semakin meningkat seiring bertambahnya durasi penggunaan.

Sebaiknya, bijaklah dalam menggunakan perangkat elektronik. Menjaga mata dari radiasi sangat penting agar mata tetap berfungsi dengan baik.

Jadi, dark mode tidak punya pengaruh signifikan untuk menjaga kesehatan mata. Ketahui info seputar kesehatan lebih lengkap dengan download aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar