HomeIbu Dan anakKehamilan7 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Cocok dan Tepat untuk Mama
Kehamilan

7 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Cocok dan Tepat untuk Mama

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 30 Agu 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mencari atau memilih dokter kandungan yang terkenal dengan reputasi baik penting bagi ibu hamil. Berikut panduan memilih dokter kandungan yang bisa diikuti.

7 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Cocok dan Tepat untuk Mama

Memilih dokter kandungan yang cocok memang kadang susah-susah gampang. Sebagai calon ibu, pasti Mama ingin semua perencanaan dan proses kehamilan berjalan lancar hingga persalinan tiba. 

Dalam hal ini, dokter kandungan yang tepat menjadi salah satu faktor utama. Kalau tidak cocok, biasanya akan terasa kurang nyaman ketika berkonsultasi. 

Nah, bagaimana tips memilih dokter kandungan yang cocok?

1. Cari Referensi Sebanyak-banyaknya 

Hal ini amat penting, karena tentu Mama tidak mau sembarang orang memeriksa dan menyentuh bagian pribadi, bukan? 

Mintalah rekomendasi keluarga atau teman yang memiliki pengalaman dalam masa kehamilan dan melahirkan. Sesuaikan juga kebutuhan dengan kualifikasi dokter yang akan dipilih. Nah, Mama bisa melihat daftar nama dokter kandungan di aplikasi KlikDokter, lho! Mama dan Papa bisa mengecek di mana saja tempat praktik dokter dan memilih lokasi faskes terdekat dari lokasimu.Selanjutnya, kamu juga bisa langsung konsultasi langsung dengan dokter kandungan pilihan Mama dan Papa.

2. Sesuaikan dengan Pilihan Mama-Papa

Baik dokter pria maupun wanita, keduanya sama baiknya. Tinggal tentukan saja mana yang membuat lebih nyaman untuk pemeriksaan dan konsultasi. 

Beberapa ibu memiliki preferensi lebih nyaman dengan dokter wanita, ada pula yang tidak masalah dengan dokter pria. 

Apa pun pilihanmu, yang terpenting adalah merasa nyaman untuk berkonsultasi dengan dokter tersebut. 

3. Pastikan Nyaman Berdiskusi dengan Dokter 

Dalam memilih dokter kandungan yang tepat, Mama perlu memiliki pilihan. Coba konsultasi dengan beberapa dokter agar bisa mendapat perbandingan. Dengan cara ini, diharapkan dapat membantu untuk menentukan yang tepat.

Setelah itu, tentukan mana yang paling membuat nyaman saat konsultasi berlangsung. Bisa dari cara menyampaikan penjelasan, kesabaran, dan kepribadian dari dokter tersebut. 

Pemahaman dan tujuan yang sama dari kamu dan dokter kandungan juga sangat penting. Hal ini dapat berpengaruh pada kepuasanmu.

4. Pertimbangkan Keputusan Dokter 

Ketika berkonsultasi, perhatikan dan cermati beragam penjelasan dan tipe keputusan yang diberikan dokter. 

Dalam kehamilan dan proses setelahnya, terdapat beberapa hal penting yang harus diputuskan contohnya episiotomi, inisiasi menyusui dini, dan lain-lain.

Dari keputusan yang diberikan dokter, kecocokan juga bisa dinilai. Perasaan tenang pun akan lebih mudah tercipta bila keputusan Mama didukung dokter.

Artikel Lainnya: Ibu Hamil, Perhatikan Hal Ini Saat USG Trimester 3

5. Pilih Rumah Sakit Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih dokter kandungan, ada baiknya untuk mempertimbangkan kualitas rumah sakit atau klinik tempat ia praktik. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan di masa kehamilan sampai persalinan.

Saat memilih rumah sakit dan dokter kandungan, pertimbangkan juga beberapa faktor. Contohnya antara lain jarak lokasi, asuransi kesehatan yang diterima, waktu praktik dokter, dan lain sebagainya.

6. Konsultasikan Riwayat Kesehatan Pribadi 

Beberapa ibu mungkin memiliki riwayat penyakit tertentu. Kalau Mama punya penyakit khususnya yang kronis, lebih baik pilih dokter kandungan yang mampu menangani kondisi hamil dengan penyakit tersebut. 

Mengapa ini juga penting? Karena, hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan komplikasi yang mungkin terjadi saat kehamilan dan persalinan. 

Artikel Lainnya: Bumil Perlu Paham, Ini Cara Baca Hasil USG 2 Dimensi

7. Coba Melalui Aplikasi Chat Dokter Terlebih Dahulu 

Untuk melengkapi pemeriksaan kehamilan, bisa juga coba diskusi dan chat dengan dokter spesialis kandungan menggunakan fitur Tanya Dokter. Dengan fitur ini, Mama dan Papa bisa memilih dan mencoba berdiskusi dulu dengan dokter kandungan pilihan.

Mama bisa langsung menanyakan soal keluhan kesehatan ataupun masalah perawatan ibu hamil sehari-hari. 

Itulah cara memilih dokter kandungan yang bisa Mama coba. Ingat, pastikan dokter yang dituju cocok denganmu. 

Jangan karena dokternya terkenal, Mama memaksakan konsultasi dengannya. Pastikan merasa nyaman ketika memeriksakan kesehatan kandungan.

Dapatkan tips kehamilan dan kandungan lainnya lebih lengkap di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

PersalinanKehamilan

Konsultasi Dokter Terkait