Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 6 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Cocok untuk Calon Bumil

6 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Cocok untuk Calon Bumil

Memilih dokter kandungan yang sesuai memang kadang susah-susah gampang. Seperti apa cara yang tepat dalam memilih dokter kandungan? Yuk ikuti tips berikut!

Sebagai calon ibu, pasti Anda ingin semua perencanaan dan proses kehamilan berjalan dengan lancar hingga persalinan tiba. Dalam hal ini, dokter kandungan menjadi salah satu faktor utama.

Kalau tidak cocok, biasanya akan terasa kurang nyaman ketika berkonsultasi. Nah, bagaimana tips memilih dokter kandungan yang cocok?

Dokter kandungan yang biasanya bergelar Sp.OG ini juga disebut dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Pasti Anda juga familiar dengan sebutan obgyn. Ia berperan penting dalam memeriksa kehamilan, membantu persalinan, sampai perawatan setelah melahirkan.

1 dari 3 halaman

Apa Bedanya Dokter Kandungan dengan Bidan?

Mungkin banyak dari calon ibu yang masih bingung tentang hal ini. Melansir dari theAsianparent, perbedaan antara bidan dan dokter kandungan terlihat dari metode yang dipakai dan cara menangani ibu hamil serta persalinannya.

Bila dalam masa kehamilan tidak terjadi komplikasi atau masalah, proses persalinan normal bisa dilakukan oleh bidan. Namun, kalau ada risiko tinggi, penanganannya harus diambil alih oleh dokter kandungan.

Untuk itu, gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai bidan dan dokter kandungan yang ingin Anda tuju. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan? Hal ini penting demi kelancaran kehamilan dan persalinan, serta kesehatan fisik setelahnya.

Artikel Lainnya: Antara Bidan dan Dokter Kandungan, Pilih yang Mana?

2 dari 3 halaman

Cara Memilih Dokter Kandungan yang Cocok

Jangan khawatir, berikut beberapa cara memilih dokter kandungan yang tepat untuk Anda!

  1. Cari Referensi Sebanyak-Banyaknya

Hal ini penting lho, Bunda. Tentu Anda tidak mau sembarang orang memeriksa dan menyentuh bagian pribadi, bukan?

Menurut Healthgrades, mintalah rekomendasi dari keluarga atau teman yang memiliki pengalaman dalam masa kehamilan dan melahirkan. Sesuaikan juga kebutuhan dengan kualifikasi dokter yang akan dipilih.

Baik dokter pria maupun wanita, keduanya sama baiknya. Tinggal tentukan saja mana yang membuat lebih nyaman untuk pemeriksaan dan konsultasi. Paling penting, ketahui dengan teliti rekam catatan, sertifikasi, dan pengalaman sang dokter.

  1. Pastikan Anda Nyaman dan Sepaham dengan Dokter

Dalam mencari dokter kandungan yang cocok, Anda perlu memiliki pilihan. Coba konsultasi dengan beberapa dokter agar bisa mendapat perbandingan. Dengan cara ini, diharapkan dapat membantu untuk menentukan yang tepat.

Setelah itu, tentukan mana yang paling membuat nyaman saat konsultasi berlangsung. Bisa dari cara menyampaikan penjelasan, kesabaran, dan kepribadian dari dokter tersebut. Pemahaman dan tujuan yang sama juga sangat penting. Hal ini dapat berpengaruh pada kepuasan Anda.

  1. Pertimbangkan Keputusan Dokter

Ketika berkonsultasi, perhatikan dan cermati beragam penjelasan dan tipe keputusan yang diberikan oleh dokter. Dalam hal kandungan, terdapat beberapa hal penting yang harus diputuskan contohnya episiotomi, inisiasi menyusui dini, dan lain-lain.

Dari keputusan yang diberikan oleh dokter, kecocokan juga bisa dinilai. Perasaan tenang pun akan lebih mudah tercipta bila keputusan Anda didukung oleh dokter.

Artikel Lainnya: Ingin Cepat Hamil, Kenali Spesialis Kesuburan yang Tepat!

  1. Pilih Rumah Sakit Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih dokter kandungan, ada baiknya untuk mempertimbangkan kualitas rumah sakit atau klinik tempat ia praktik. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan dari masa kehamilan sampai persalinan.

Dalam memilih rumah sakit dan dokter kandungan, pertimbangkan juga beberapa faktor. Contohnya, jarak lokasi, asuransi kesehatan yang diterima, waktu praktik dokter, dan lain sebagainya.

  1. Konsultasikan Riwayat Kesehatan Pribadi

Biasanya, setiap orang memiliki riwayat penyakit tertentu yang mungkin diturunkan dari garis keluarga. Kalau Anda punya penyakit tertentu khususnya yang kronis, lebih baik pilih dokter kandungan yang mampu menangani kondisi hamil dengan penyakit tersebut. Misalnya, jantung atau kanker.

Mengapa ini juga penting? Karena, hal ini merupakan salah satu bentuk pencegahan terhadap suatu kondisi tertentu yang tidak diinginkan ketika hamil dan melahirkan nanti.

  1. Coba dengan Aplikasi Chat Dokter Dulu

Anda belum yakin untuk mendatangi dokter kandungan secara langsung. Tenang, Sekarang ini beberapa aplikasi seperti KlikDokter punya fitur Live Chat. Di sini, ibu hamil bisa konsultasi langsung dengan obgyn pilihan.

Tentunya, Anda bisa langsung menanyakan soal keluhan kesehatan ataupun masalah perawatan ibu hamil sehari-hari. Selain itu, Anda juga jadi tahu cocok atau tidak dengan dokter kandungan tersebut.

Serunya lagi, fitur LiveChat ini juga membuat Anda konsultasi dengan dokter spesialis lain ataupun dokter umum. Jadi, bisa menanyakan masalah kesehatan yang tengah dialami tanpa harus datang langsung ke dokter. Kalau memang penyakitnya jelas, dokter tersebut bisa memberikan resep obat juga.

Produk obatnya pun dapat sekaligus Anda beli dan dikirimkan ke rumah. Praktis dan nyaman, kan.

Itulah cara memilih dokter kandungan yang bisa Anda coba. Ingat, pastikan dokter yang dituju cocok dengan Anda. Jangan karena dokternya terkena, dipaksakan untuk ke sana. Pastikan merasa nyaman ketika memeriksakan kesehatan kandungan.

(AYU/RPA)

1 Komentar