Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pentingnya Kasur untuk Kualitas Tidur dan Kesehatan Tulang

Pentingnya Kasur untuk Kualitas Tidur dan Kesehatan Tulang

Memakai kasur yang salah bisa picu gejala penyakit dari gangguan tidur, lho! Yuk, cari tahu pentingnya kasur yang baik untuk kesehatan tulang dan kualitas tidur.!

Mencari kasur yang tepat untuk tidur memang susah-susah gampang. Banyak hal yang harus dipikirkan, mulai dari ukuran, kualitas, hingga kenyamanannya. Kalau salah beli, pasti tidur pun jadi tidak nyaman dan pulas. Tubuh pasti juga jadi kurang bugar!

Tidur yang nyaman dan berkualitas itu penting. Hal ini dapat membantu kita terhindar dari berbagai gejala penyakit khususnya yang timbul karena gangguan tidur.

1 dari 3 halaman

Gangguan Kesehatan Akibat Kasur yang Kurang Baik

Tidak main-main, terdapat beberapa gangguan kesehatan yang dapat muncul bila Anda memakai kasur yang tidak tepat. Berikut ulasannya!

  1. Meningkatkan Stres

Stres sebetulnya dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun, hal ini paling sering dipicu oleh pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Tidur adalah salah satu obat penghilang stres dan depresi yang cukup ampuh. Saat tidur, tubuh melepaskan hormon relaksasi. Ketika Anda bangun nanti, tubuh akan terasa lebih segar dan berenergi.

Kurangnya waktu dan kualitas tidur juga dapat disebabkan oleh buruknya matras atau rasa tidak nyaman saat berbaring di atasnya. Hal ini tentu dapat menyebabkan kurangnya produksi hormon pelepas stres sehingga tubuh akan terasa lelah dan pikiran tidak jernih pada esok hari.

  1. Memicu Alergi

Kasur yang sudah lama lebih mudah dihinggapi beragam kutu dan tungau debu. Makhluk mikroskopis ini memakan sel-sel mati dari tubuh kita.

Untuk mencegah alergi, cuci seprai dan sarung bantal dengan air panas atau membersihkannya secara teratur. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengganti kasur. Baiknya, kasur harus diganti setiap enam atau delapan tahun untuk mencegah tungau, kutu, dan bakteri.

Artikel Lainnya: 7 Kondisi Medis yang Membuat Anda Susah Tidur

  1. Menyebabkan Nyeri Tulang Belakang

Inilah yang menjadi keluhan paling umum. Berubahnya struktur dan fungsi anatomis dapat menjadi salah satu tanda bahwa kasur yang digunakan tidak tepat. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan tulang belakang Anda.

  1. Kelebihan Berat Badan

Kualitas tidur buruk karena kasur yang kurang nyaman dapat menyebabkan seseorang terbangun pada malam hari. Nah, kalau sudah begini, biasanya menonton televisi dan ngemil menjadi kegiatan favorit!

Kalau terus dilakukan, kebiasaan ini lama-lama akan membuat berat badan Anda bertambah dengan tidak sehat. Bahkan bisa menyebabkan obesitas.

  1. Mendengkur

Salah satu faktor yang diabaikan ketika mencari penyebab dengkuran adalah kasur. Jika kasur tidak menopang tubuh dengan baik, maka saluran napas kita mungkin berada di bawah tekanan atau jaringan yang mungkin cekung. Penekanan di saluran napas inilah yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur.

  1. Penurunan Sistem Imun

Tidur di kasur tua atau sudah usang dapat membuat tidur tidak nyaman. Akhirnya, kualitas tidur tidak terjaga dan sistem kekebalan tubuh jadi melemah. Ini tentu merugikan karena Anda menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit seperti pilek bahkan infeksi.

  1. Menurunkan Konsentrasi

Tidur tidak nyenyak karena kasur yang tidak nyaman dapat membuat Anda merasa lelah atau pusing. Hal ini bisa memengaruhi konsentrasi dan membahayakan aktivitas, misalnya ketika mengendarai kendaraan.

Dilansir dari DeRUCCI, penelitian juga mengaitkan kualitas tidur yang buruk dengan risiko masalah psikologis yang lebih tinggi. Termasuk kecemasan, depresi, dan impotensi.

Artikel Lainnya: Tidur Kurang Nyenyak Semalam? Jangan Lakukan Ini Esok Hari

2 dari 3 halaman

Anjuran dalam Memilih dan Memakai Kasur yang Tepat

Tidur dengan kasur yang tidak bagus dapat menimbulkan efek kesehatan yang cukup serius, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu teliti dan berkonsultasi pada dokter bila perlu sebelum membeli kasur.  

Apabila tidak mengalami keluhan tertentu, menurut WebMD sebaiknya pilih kasur yang tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras. Bila terlalu empuk, badan akan seperti tenggelam ke dalam kasur dan menyebabkan struktur anatomis tulang belakang melengkung, serta tidak stabil dalam posisi tidur.

Sedangkan, kasur yang terlalu keras (umumnya untuk terapi nyeri tulang belakang) juga dapat menekan tulang ekor (sakrum). Hal ini dapat menyebabkan perlukaan pada area tersebut atau bahkan cedera sakrum.

Efeknya bisa lebih berbahaya bila Anda belum pernah mengganti kasur dalam waktu yang lama, atau tidak memilihnya sesuai dengan postur tidur. Ingat, rata-rata manusia menghabiskan sekitar sepertiga dari hidupnya untuk tidur. Jadi, pemilihan kasur yang tepat tentu sangat penting.

Jika Anda sering menderita sakit punggung, sakit leher, atau nyeri lainnya pada persendian, ini mungkin karena kesalahan dalam pemilihan kasur yang digunakan. Seiring berjalannya waktu, bentuk kasur akan berubah karena penggunaan yang terus-menerus. Kemampuannya dalam menopang tubuh saat tidur juga dapat berkurang.

Menurut lembaga survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, lebih dari 90% orang sudah mengetahui bahwa kualitas tidur mereka bergantung pada kasur. Namun, banyak orang sepertinya mengabaikan hal ini dan menyalahkan harga kasur yang mahal.

Kasur yang tepat memegang peranan penting dalam kesehatan tulang dan tubuh secara keseluruhan. Dengan memilih yang sesuai, kualitas tidur dapat tetap terjaga. Mau cari tahu beragam informasi kesehatan yang lengkap? Langsung download aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar