Sukses

Ladies, Ini Cara Penggunaan Skincare yang Benar

Skincare kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kebutuhan wanita. Tapi, bagaimana sih cara penggunaan skincare yang benar?

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik. Namun, hal ini tidak bisa dilepaskan dari kulit sehat dan terawat. Untuk mendapatkannya, perlu ketekunan dalam merawat kesehatan kulit secara rutin. Salah satunya dengan penggunaan skincare.

Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, meringankan kondisi kulit, serta meningkatkan penampilan.

Perawatan kulit juga mencakup nutrisi bagi kulit dan mencegah dampak buruk sinar matahari yang berlebihan. Dengan demikian, proses ini mencakup tahap membersihkan wajah, pemberian nutrisi kulit, hingga penggunaan tabir surya.

1 dari 2 halaman

Cara Penggunaan Skincare

Di sisi lain, bisa saja Anda sudah rutin merawat wajah, tapi hasil yang didapat tidak maksimal. Mungkin saja bukan skincare yang kurang bagus, tapi cara penggunaan Anda yang  kurang tepat.

Untuk itu, yuk ketahui cara penggunaan skincare yang benar di bawah ini berikut ini.

  • Pilih Jenis Skincare yang Sesuai untuk Jenis Kulit Anda 

Tentu kulit yang berminyak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan kulit kering. Anda dapat membacanya pada kemasan apakah produk itu “for oily skin”,  “for dry skin”, “for normal skin”, “for sensitive skin”, atau “for all skin types”.

Artikel lainnya: Ini Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah

  • Pilih Produk yang Berlabel Non-Comedogenic Hypoallergenic 

Ini adalah salah satu hal yang penting diperhatikan. Produk-produk dengan label non-comedogenic hypoallergenic biasanya jarang menimbulkan iritasi saat pemakaian.

  • Gunakan Rutin Setiap Pagi dan Malam

Penggunaan skincare baru akan menunjukkan hasil apabila digunakan secara rutin pagi dan malam. Anda dapat menambahkan penggunaannya pada sore hari jika dirasa perlu.

  • Gunakan Skincare Setelah Cuci Muka

Saat menggunakan skincare, pastikan kulit wajah selalu bersih. Selain itu, jangan lupa juga mencuci tangan, ya!

Artikel lainnya: Muncul Jerawat Setelah Pakai Skincare

  • Ketahui Urutan atau Tahapan Skincare yang Benar

Urutan penggunaan skincare tidak bisa sembarangan. Pertama, cuci wajah hingga bersih. Bila perlu, lakukan double cleansing dengan menggunakan susu pembersih atau micellar water.

Selanjutnya, gunakan toner yang berperan menetralkan pH kulit wajah dan membantu mengangkat sisa kotoran dan sel kulit mati. Essence atau serum dapat ditambahkan untuk membantu merawat kulit.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan eye cream ataupun gel jerawat jika diperlukan. Tahapan selanjutnya adalah menggunakan pelembap.

Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat Anda melakukan perawatan wajah di pagi hari. 

  • Hindari Tujuan Memutihkan Kulit

Pada dasarnya, Anda terlahir dengan genetik warna kulit yang berbeda-beda. Penggunaan skincare lebih bertujuan untuk mencerahkan atau mencegah kekusaman daripada memutihkan kulit.

  • Jangan Menggosok-gosokkan Kulit

Penggunaan skincare cukup mudah, yaitu ada yang ditepuk-tepuk hingga meresap serta ada yang dioleskan merata di kulit. Jangan menggosok-gosok kulit terlalu kencang saat menggunakan skincare. Hal ini bisa menyebabkan iritasi, kulit kendur, dan masalah lain.

  • Perhatikan Kandungan Skincare Anda

Kandungan pada skincare sangat beragam. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kandungannya untuk mencatat kira-kira bahan apa yang cocok dan tidak cocok untuk kulit Anda.

  • Jangan Memaksa 

Jika terjadi iritasi, perih, kemerahan pada kulit setelah menggunakan skincare. Cobalah untuk hentikan terlebih dahulu sesaat. Jangan ragu untuk menemui dokter untuk berkonsultasi.

  • Gunakan minimal 3 bulan

Jangan mengharapkan hasil instan. Untuk memperoleh dan melihat hasil perawatan wajah Anda, gunakan skincare minimal 3 bulan.

Itulah beberapa cara penggunaan skincare yang benar. Perlu diingat, selain perawatan dari luar, Anda juga harus memperhatikan pola makan. Konsumsi banyak air putih, sayur, buah, serta hindari makanan siap saji, berminyak, dan manis. Cari tahu informasi kecantikan lainnya di aplikasi KlikDokter!

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar