Sukses

Hal-Hal Tak Terduga Ini Bisa Bikin Anda Bersin

Setiap orang biasanya bersin karena terkena influenza atau debu. Ternyata bukan karena itu saja, beberapa hal ini juga bisa bikin bersin!

Bersin tak henti-henti? Itu memang biasanya menjadi tanda bahwa virus influenza sudah masuk ke dalam tubuh. Seseorang juga cenderung akan bersin bila menghirup debu dan asap kendaraan.

Namun siapa sangka, ada penyebab bersin lainnya yang belum Anda duga sebelumnya, lho. Dilansir dari Reader’s Digest Canada, berikut beberapa hal yang juga bisa menyebabkan bersin:

  1. Menatap Sinar Matahari atau Cahaya Terang Secara Langsung

Jika Anda pernah menatap sinar matahari dan bersin, maka Anda tergolong bagian dari 10-35% populasi yang mengalami refleks bersin photic. Kondisi ini juga disebut sebagai Sindrom ACHOO (Autosomal Dominant Compelling Helio-Ophthalmic Outburst Syndrome).

Refleks bersin photic biasanya dipengaruhi faktor genetik dan terjadi ketika matahari atau cahaya terang lainnya terlalu merangsang saraf optik atau penglihatan. Lalu, saraf trigeminal yang berfungsi bersama saraf optik dan mengontrol bersin, terpicu dan menghasilkan efek ingin bersin.

  1. Minum Minuman Berkarbonasi

Percaya atau tidak, tubuh terkadang dapat merasakan efek karbonasi dalam minuman bersoda sebagai rasa sakit. CO2 dalam minuman bergelembung memicu reseptor asam di lidah, yang dirancang untuk merasakan bahan kimia berbahaya.

Kalau reseptor mengirim sinyal kuat ke otak, reseptor tersebut dapat menafsirkan sinyal sebagai sebuah rasa sakit. Hal ini akhirnya memicu serangkaian respons defensif seperti batuk atau bersin.

Artikel lainnya: 5 Penyebab Mengapa Anda Bersin Terus-menerus

  1. Menghirup Udara Dingin

Mungkin banyak yang mengira kalau bersin di musim dingin pasti disebabkan oleh flu, bukan dari udaranya yang dingin. Tapi untuk beberapa orang, mereka bisa saja bersin karena udara dingin tersebut.

Saraf trigeminal yang bertanggung jawab atas sensasi yang dirasakan wajah, juga mendapat sinyal dari lapisan sensitif di saluran hidung. Pada orang-orang tertentu, hembusan udara dingin dapat memicu impuls untuk bersin.

  1. Mengalami Bentuk Emosi yang Kuat

Entah itu ketakutan, frustrasi, kesedihan, atau kegembiraan, mengalami emosi yang kuat adalah alasan aneh lain yang membuat beberapa orang bersin.

Ketakutan dapat menyebabkan selaput hidung menyusut, sementara bentuk emosi kuat lainnya bisa menyebabkan selaput hidung membengkak. Baik penyusutan dan pembengkakan selaput hidung, keduanya dapat menyebabkan bersin.

  1. Mencabut Alis

Saraf mengirimkan sensasi dari hidung, alis, kelopak mata, dan bagian lain dari wajah ke otak. Ketika saraf-saraf itu distimulasi, seperti saat mencabut rambut, maka tubuh bisa bereaksi dengan bersin.

Hal ini berasal dari cabang ophthalmic (yang berhubungan dengan mata) dari saraf trigeminal.

  1. Minum Anggur Merah

Menurut Auckland Allergy Clinic, beberapa orang terutama yang keturunan Asia dapat memiliki reaksi alergi terhadap tingkat histamin tinggi dalam anggur merah. Sementara, anggur putih memiliki kadar yang jauh lebih rendah.

Artikel lainnya: Dada Sakit saat Bersin? Ini 4 Penyebabnya

Sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap histamin dengan mencoba mengeluarkannya dari saluran udara hidung. Sehingga, menyebabkan mata berkaca-kaca dan gatal, hidung meler, dan akhirnya bersin.

  1. Bangun Tidur

Penderita rhinitis alergi cenderung mengalami bersin intens ketika bangun di pagi hari. Kemungkinan besar karena alergen (pemicu alergi) telah menumpuk saat tidur.

Hal ini dapat terjadi saat jumlah debu halus cukup banyak khususnya pada dini hari menjelang pagi. Saat seseorang menggosok mata dan bernapas dalam-dalam, maka reaksi alergi muncul dan akhirnya bersin.

  1. Makan Makanan Pedas

Reaksi yang serupa dapat membuat Anda bersin saat menikmati makanan pedas. Kondisi ini disebut gustatory rhinitis.

Keadaan ini biasanya sebagai akibat dari saraf hidung yang hipersensitif terhadap pemicu dari luar seperti aroma pedas. Biasanya menyebabkan bersin, pilek, atau hidung mampet setelah makan makanan tertentu.

  1. Mandi Air Panas

Memakai air yang cukup panas saat mandi bisa menimbulkan reaksi alergi atau hipersensitif yang dipicu oleh kenaikan suhu tubuh secara tiba-tiba. Kalau kulit menjadi memerah atau gatal setelah mandi, bersin pun bisa rentan terjadi.

Sekarang sudah tahu kan penyebab bersin lainnya selain flu? Bila Anda mengalami bersin karena beberapa hal di atas, wajar kok!

Namun, kalau bersinnya berulang, intens, dan berlangsung cukup lama, segera periksa ke dokter. Mungkin ada gangguan lain di sekitar telinga, hidung, dan tenggorokan. Pakai fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih cepat dan mudah!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar