Sukses

Tips Makan Nasi Padang Tanpa Perlu Khawatir Kolesterol

Nasi padang sering dicap tak sehat karena mengandung santan, salah satu penyebab kolesterol tinggi. Namun, dengan tips berikut, hal itu bisa dihindari.

Siapa tak suka dengan masakan padang? Sepiring nasi hangat ditambah lauk, seperti rendang, telur dadar, gulai cumi, sayur nangka, hingga ayam pop tak bisa ditolak. Belum lagi jika disiram kuah santan gurih. Tak heran, banyak orang menjadikan nasi padang sebagai hidangan favorit.

1 dari 3 halaman

Nasi Padang dan Ancaman Kolesterol

Menu-menu yang ditawarkan dalam nasi padang cenderung menggunakan bahan makanan berprotein tinggi. Sebut saja daging, organ dalam, jeroan, ikan-ikanan, serta makanan laut, seperti cumi dan udang. 

Bahan-bahan ini biasa dikaitkan sebagai penyebab kolesterol. Hal ini ada benarnya. Itu karena masakan padang biasanya dipadukan dengan bumbu-bumbu santan yang kerap akan dipanaskan berulang kali.

Akibatnya, kandungan kadar lemak jenuh dan kolesterol tinggi pun akan menumpuk yang pada akhirnya akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

Kadar kolesterol tinggi dalam darah terutama justru disebabkan oleh makan makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, dan tidak termasuk makanan dengan lemak tak jenuh dan serat. Mengonsumsi makanan tersebut terlalu sering, berisiko meningkatkan kolesterol tinggi

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel yang sehat. Zat berlemak ini diproduksi secara alami oleh organ hati dan ditemukan dalam darah. 

Akan tetapi, kolesterol yang terlalu tinggi dapat menimbulkan deposit atau simpanan lemak dalam pembuluh darah. Deposit lemak inilah yang akan menyebabkan kesulitan aliran darah yang dalam pembuluh darah arteri.

Akibat dari terhambatnya aliran darah tersebut, jantung tidak mendapat darah yang kaya akan oksigen. Hal inilah yang akhirnya meningkatkan risiko serangan jantung. Selain itu, penurunan aliran darah dalam otak juga dapat menyebabkan stroke.

2 dari 3 halaman

Tips Anti-kolesterol Saat Makan Nasi Padang

Anda ingin tetap bisa menyantap nasi padang tanpa khawatir berlebihan pada ancaman kolesterol tinggi? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Makan Sayur

Jangan lupa untuk memasukkan menu sayuran pada piring Anda. Misalnya saja, daun singkong, sayur nangka, kacang panjang, timun, terong, atau apa pun sayuran yang tersedia. Selain itu, konsumsilah buah-buahan sebagai hidangan penutup.

Artikel Lainnya: Kolesterol Tinggi, Kapan Harus Minum Obat?

  • Perhatikan Porsi Nasi

Nasi yang disajikan pada restoran padang biasanya melebihi jumlah porsi normal Anda sehari-hari. Mintalah setengah porsi atau bahkan dapat mencoba seperempat porsi. 

Pada umumnya, saat makan padang, Anda cenderung mengambil cukup banyak lauk pauk belum lagi ditambah minum es teh manis. Oleh karena itu, kurangilah porsi nasi. Perlu Anda ingat, asupan karbohidrat harian hanya 50 atau 60 persen dari total kalori yang dimakan.

  • Kunyah Perlahan

Hal ini cenderung sulit apalagi saat menyantap masakan padang. Nafsu makan yang terlewat tinggi—apalagi dalam kondisi lapar—biasanya membuat Anda mengunyah lebih cepat sehingga ditelan lebih cepat. Hal ini sebenarnya tidak baik.

Semakin cepat mengunyah maka semakin cepat makanan masuk ke dalam lambung. Terkadang, hal seperti ini menyebabkan timbulnya rasa kenyang terlambat sehingga Anda akan makan lebih banyak.

Apabila Anda mengunyah dengan perlahan, secara tidak langsung sudah mengurangi risiko menambah porsi makan. Anda juga memastikan makanan dapat dicerna dengan baik di usus.

  • Hindari Hidangan Bakar-bakaran

Anda gemar memilih ikan bakar atau ayam bakar di restoran masakan padang? Kalau iya, lebih baik dihindari mulai saat ini. 

Pasalnya, makanan yang dibakar—apalagi yang ada bagian gosongnya—memiliki risiko karsinogenik (pencetus sel kanker). Supaya lebih sehat, lebih baik pilih lauk pauk yang direbus atau dipanggang.

  • Minum Air Hangat

Setelah makan hidangan padang, alangkah baiknya untuk minum air hangat ataupun teh tawar hangat. Selain gratis, air hangat atau teh tawar hangat dapat membantu menetralkan lemak-lemak yang dimakan tadi sehingga memudahkan untuk dicerna.

Itulah tips agar tetap aman dari gangguan kolesterol tinggi saat mengonsumsi nasi padang. Namun demikian, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi masakan padang terlalu sering. Isilah menu harian Anda dengan makanan sehat supaya kesehatan secara keseluruhan tetap terjaga. Jangan ketinggalan info terkini seputar kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar