Sukses

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat probiotik tidak hanya untuk tubuh dan pencernaan kita saja. Bakteri sehat ini juga berguna untuk kesehatan gigi dan mulut.

Pasti Anda sudah sering mendengar istilah probiotik pada produk makanan. Probiotik adalah bakteri sehat yang dikenal karena dampak positifnya terhadap kesehatan pencernaan. Tapi, ternyata manfaat probiotik juga bagus untuk kesehatan gigi dan mulut!

Meskipun Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika belum menyetujui probiotik oral untuk penggunaan medis apa pun, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Probiotik untuk Gigi dan Mulut

Kalau ingin meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, konsumsi probiotik sangat bagus lho. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

  1. Mencegah Plak

Terdapat berbagai jenis bakteri yang ada di rongga mulut. Beberapa diantaranya bisa menyebabkan munculnya plak di permukaan gigi.

Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan, strain bakteri yang dikenal sebagai A12 dapat membantu melawan bakteri penyebab gigi berlubang Streptococcus mutans. Bakteri ini yang mengubah gula menjadi asam laktat.

Kondisi tersebut menciptakan lingkungan asam di mulut yang dapat menyebabkan timbulnya plak dan gigi berlubang. Para peneliti meneliti di laboratorium di mana bakteri A12 dapat menghentikan Streptococcus mutans agar tidak tumbuh dan menimbulkan plak.

Artikel lainnya: Cegah Gigi Berlubang dengan Makan Yoghurt

  1. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut sering disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam mulut atau usus. Salah satu studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi probiotik streptococcus salivarius selama tiga hari dapat mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

Mereka menemukan sebesar 85% orang yang menggunakan probiotik mengalami pengurangan besar dalam jumlah bakteri yang menyebabkan bau mulut daripada orang yang hanya berkumur dengan obat kumur.

  1. Mencegah Kanker Mulut

Sebuah studi tahun 2013 menemukan, bakteri yang disebut Lactobacillus salivarius mengurangi kanker mulut pada tikus. Tapi, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat dari probiotik tersebut.

  1. Mencegah Penyakit Gusi

Dari tulisan jurnal Probiotics for Oral Health: Myth or Reality? ditunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi gejala radang gusi (gingivitis). Kondisi ini dapat menyebabkan gusi terasa lunak dan bengkak, serta gigi sensitif.

Penelitian menunjukkan 59 penderita gingivitis merasakan gejalanya berkurang setelah mengonsumsi suplemen yang mengandung bakteri probiotik (Lactobacillus reuteri).  Selain itu, mereka juga memiliki plak yang lebih sedikit.

Artikel lainnya: 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gusi

  1. Mengurangi Peradangan akibat Penyakit Gusi

Bakteri probiotik dapat membantu menangani peradangan yang terjadi akibat penyakit gusi. Sebuah studi tahun 2007 menunjukkan, orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung bakteri Lactobacillus brevis mengalami penurunan peradangan.

Tidak hanya itu, penelitian lain juga mengungkapkan bahwa minum susu probiotik setiap hari juga mampu mengurangi peradangan pada mulut. 

2 dari 3 halaman

Makanan yang Mengandung Probiotik

Tak sulit menemukan produk dengan kandungan probiotik. Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk makanan atau suplemen. Sumber makanan terbaik contohnya susu, yoghurt, keju, tempe, miso, kimchi dan acar asam.

Selain dalam bentuk makanan, probiotik juga ada dalam berbagai suplemen seperti pil, bubuk, atau obat kumur. Dalam bentuk ini, probiotik dapat terkonsentrasi dibanding dalam makanan.

Namun, orang dengan risiko infeksi yang tinggi harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Beberapa dokter dan ahli gizi juga menyarankan agar Anda mendapat bakteri probiotik dengan zat yang disebut prebiotik. Ini adalah makanan dan suplemen yang membantu probiotik tumbuh subur di dalam usus.

Prebiotik biasanya tinggi serat, contohnya bawang, pisang setengah matang, daun bawang mentah, asparagus mentah, akar sawi putih, dan madu mentah.

Umumnya, probiotik berupa makanan atau suplemen aman untuk dikonsumsi. Namun, Anda harus menghindarinya kalau memiliki risiko tinggi terinfeksi HIV.

Untuk anak-anak, lansia, maupun ibu hamil sebaiknya menghindari probiotik dalam jumlah tinggi.

Demikian manfaat probiotik yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Sebelum mengonsumsinya, lebih baik berkonsultasilah dengan dokter. Fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter bisa Anda gunakan untuk konsultasi mudah dan cepat dengan dokter!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar