Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Lari di Treadmill

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Lari di Treadmill

Manfaat lari di treadmill dan di luar ruangan sebenarnya sama saja. Tapi, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat lari di treadmill.

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang digandrungi banyak orang sampai saat ini. Kalau Anda malas lari di luar ruangan, cobalah melakukannya dengan bantuan treadmill. Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang dilakukan banyak orang terkait lari di treadmill.

Mudah dan murah, itu adalah dua hal yang dipikirkan ketika hendak melakukan olahraga lari. Selain itu, manfaatnya juga luar biasa. Olahraga jenis kardio ini sering dijadikan pilihan utama untuk membakar kalori dalam tubuh.

Ada dua pilihan untuk melaksanakan olahraga lari, bisa di luar ruangan atau pakai treadmill. Biasanya, alat treadmill digunakan di gym atau bisa juga di rumah bila punya.

Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, secara umum, olahraga lari di treadmill atau di luar ruangan memiliki manfaat kesehatan yang serupa. Lari di treadmill cocok bagi mereka yang ingin olahraga sambil nonton televisi atau khawatir terpapar sinar matahari.

Artikel lainnya: Ini Dia 5 Jenis Olahraga Kardio Selain Lari

1 dari 2 halaman

Kesalahan Saat Lari di Treadmill

Meski terlihat mudah, banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan saat lari di treadmill. Berikut beberapa kesalahan yang sering ditemukan menurut Livestrong:

  1. Tidak Melakukan Pemanasan

Bahkan jika tidak berlari di luar ruangan, Anda tetap harus menjalani semua gerakan pemanasan. Menurut studi Februari 2018 dari Journal of Exercise Rehabilitation, pemanasan sebelum latihan membantu mencegah cedera dengan meningkatkan aliran darah ke otot.

Ambil setidaknya beberapa menit pemanasan sebelum lari dan melakukan beberapa gerakan dinamis. Contohnya mengangkat kaki setinggi lutut dan mengayunkan kaki sebelum benar-benar siap melakukannya.

Kecuali kalau Anda menggunakan treadmill sebagai pemanasan untuk latihan kekuatan atau latihan lainnya. Hal ini tentu berbeda kondisinya.

  1. Jangan Abaikan Pegangan di Treadmill

Meski pegangan kerap diabaikan saat berlari di treadmill, nyatanya Anda tidak boleh mengabaikan kegunaannya. Sebuah studi pada Februari 2013 dari Journal of Exercise Physiology menyimpulkan, tampaknya tidak ada alasan ilmiah untuk tidak memegang pegangan tangan bila itu bisa membantu Anda berlari dengan baik.

Jika dengan meletakkan tangan di atas pegangan bisa membantu Anda merasa lebih stabil dan seimbang, maka manfaatkan pegangan itu sebaik-baiknya.

Artikel lainnya: 6 Kelebihan Lari pada Malam Hari

  1. Berpacu dengan Pelari di Samping Anda

Sangat mudah untuk tertarik ikut "lomba lari" di treadmill dengan orang di sebelah Anda. Tapi sayangnya cara ini salah.

Jangan mencoba menyamakan langkah dengan orang di sebelah atau mengubahnya menjadi perlombaan imajiner. Fokus pada latihan Anda sendiri.

  1. Tidak Memanfaatkan Incline

Di treadmill ada teknologi yang namanya incline. Kegunaannya untuk menaikkan ‘lintasan’ treadmill sehingga membuat Anda berlari seperti lari di tanjakan. Sayang saja kalau teknologi ini tidak dipakai.

Tidak cuma harus secara otomatis mengatur sedikit tanjakan setiap kali berlari, tapi juga harus memanfaatkan potensi penuhnya. Anda masih bisa mendapatkan latihan lintasan perbukitan yang bagus di treadmill, tetapi yang penting memanfaatkan teknologi incline tersebut.

  1. Terlalu Mengacu pada Layar di Depan Anda

Meskipun kelihatannya menguntungkan jika kecepatan, jarak, dan kalori yang dibakar ditampilkan muncul di layar treadmill, Anda tidak harus bergantung pada data yang tidak sepenuhnya akurat. Bisa saja data di layar sedang error.

Sebaiknya fokus saja pada latihan yang dijalani. Lakukan selama minimal 30 menit dengan kecepatan bertahap. Rasakan manfaatnya dan biarkan Anda berkeringat.

  1. Terlalu Memanfaatkan Fitur di Treadmill

Jika Anda berlatih untuk sebuah perlombaan, jangan mengandalkan fitur yang ada di treadmill. Alih-alih, lakukan latihan dengan program yang ada, fokus saja pada rencana yang sudah ditetapkan sejak awal.

Itulah deretan kesalahan yang sering terjadi pada orang yang berlari menggunakan treadmill. Ingat, olahraga lari di treadmill tidak salah, bahkan sama manfaatnya seperti lari di luar ruangan. Terapkan cara yang benar dan cari tahu info sehat dengan download aplikasi KlikDokter!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar