Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 5 Cara Menyemangati Rekan Kerja yang Terkena Penyakit Kronis

5 Cara Menyemangati Rekan Kerja yang Terkena Penyakit Kronis

Mungkin Anda kaget dan jadi kikuk ketika tahu ada rekan kerja yang mengalami penyakit kronis. Daripada bingung, lebih baik mendukung dengan cara berikut ini

Siapa pun bisa mengalami penyakit kronis, termasuk rekan kerja Anda. Biasanya akan terjadi momen awkward atau canggung ketika tahu teman kantor Anda mengidap penyakit kronis. Berita menyedihkan tersebut pastinya akan membuat berpikir apakah harus membahas penyakitnya atau berdiam diri saja seolah tidak terjadi apa-apa?

Satu yang pasti, Anda harus mendukung dan memberikan semangat untuk rekan kerja lewat berbagai cara. Berikut adalah beberapa hal sederhana namun berarti yang bisa Anda lakukan untuk teman kantor yang didiagnosis sakit kronis.

1 dari 3 halaman

Apa, Sih, yang Dimaksud dengan Penyakit Kronis?

Dikutip dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit kronis merupakan kondisi penyakit berlangsung lama, biasanya lebih dari satu tahun. Orang yang didiagnosis sakit kronis memerlukan pengobatan dan perawatan dokter rutin.

Sakit kronis juga bisa membuat aktivitas sehari-hari jadi terbatas. Penyakit kronis yang umum terjadi biasanya sakit jantung, kanker, dan diabetes. Selain masa sakitnya berlangsung lama, alias kondisinya sulit disembuhkan, penyakit tersebut juga berisiko mengancam jiwa penderitanya.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, penyakit kronis merupakan penyebab utama kematian dan kecacatan di seluruh dunia. Angka kejadiannya pun terus meningkat secara global. Diperkirakan sebanyak 79 persen dari kematian akibat penyakit kronis tersebut terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Artikel Lainnya: Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Menyebalkan di Kantor

Ketika teman kerja mengalami sakit kronis, mungkin Anda jadi takut sembari berhati-hati untuk memperlakukan atau ngobrol dengan orang tersebut. Ketakutan ini terjadi karena khawatir perlakuan atau perkataan Anda dapat menyakiti hati rekan kerja.

“Sangat sulit bagi untuk mengetahui sikap apa yang harus ditunjukkan kepada rekan kerja yang sakit. Karena sulit ditebak, takutnya obrolan yang dibicarakan malah menambah tekanan pada rekan yang mengalami penyakit kronis,”  ujar Rebecca Nellis, direktur Cancer and Careers, kepada Healthline.

Organisasi Cancer and Careers baru-baru ini melakukan survei terhadap 1.000 orang dewasa yang bekerja di Amerika Serikat, dan menemukan bahwa 88% responden memiliki rasa khawatir saat mereka hendak menyemangati rekan kerja yang punya penyakit kronis.

Rasa khawatir yang muncul biasanya disebabkan oleh beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Harus seberapa banyak dukungan emosional yang ditawarkan.
  • Harus seberapa sering bertanya tentang kondisi kesehatan rekan kerja yang mengalami sakit kronis.
  • Bantuan apa yang bisa ditawarkan untuk rekan kerja yang sedang sakit.

Tidak ada jawaban atau saran pasti untuk mengatasi kekhawatiran Anda saat harus bersikap di depan rekan kerja yang sakit. Anda akan menemukan jawaban tersendiri tergantung dari respon dari rekan kerja.

Artikel lainnya: 9 Cara Mengatasi Stres di Kantor

2 dari 3 halaman

Cara Mendukung Rekan Kerja yang Mengalami Sakit Kronis

Meski tidak ada jawaban pasti, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung rekan kerja yang mengalami penyakit kronis. Berikut caranya:

  1. Tunjukkan Rasa Empati

Menurut Nellis, untuk menunjukkan cara Anda berempati, cukup katakan kepada rekan kerja, bahwa Anda memikirkan kondisi mereka.

Misalnya, Anda bisa mengatakan “Aku nggak tahu harus ngomong apa sekarang, tapi aku ada di sini kalau kamu mau cerita”. Anda juga bisa menyemangati dan mendukung seperti “Jangan khawatir, kalau butuh bantuan soal pekerjaan kantor, kamu boleh bilang ke aku, ya” ungkap Nellis.

Nellis juga menyarankan untuk tidak mengatakan beberapa kata atau ucapan tertentu. Misalnya, hindari obrolan seperti “Kok, nggak kasih tahu aku dari awal kalau kamu punya penyakit?” Obrolan seperti itu akan akan membuat rekan kerja Anda merasa bersalah dan menambah beban pikiran mereka.

  1. Ketahui Waktu yang Tepat untuk Membahas Penyakitnya

Coba cari tahu kapan teman kerja Anda dapat diajak berbicara tentang kondisi penyakit kronis yang mereka alami. Menurut Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job, Anda bisa mencari tahu dengan mengukur reaksi.

Misalnya, jika di awal obrolan Anda menyinggung tentang kondisi penyakit yang mereka derita, lalu reaksinya langsung berubah tidak enak, urungkan niat Anda untuk bertanya-tanya lebih dalam.

Sedangkan jika rekan kerja reaksinya antusias dan terlihat baik-baik saja, sekiranya Anda bisa bertanya lebih lanjut tentang kondisi mereka.

  1. Jangan Disebarluaskan

Saat rekan kerja didera penyakit kronis dan memberitahukan ke Anda, sebaiknya jangan “bocor” ke teman kantor yang lain. Dikhawatirkan, informasi yang tersebar dari mulut Anda bisa kurang tepat. Ini malah akan menjadi masalah baru bagi rekan kerja Anda.

Kemungkinan, ia akan menjawab pertanyaan dan membetulkan informasi yang salah tentang penyakitnya. Hal ini tidak baik dialami oleh orang yang sedang terkena sakit kronis. Rekan kerja Anda berisiko menjadi semakin sedih dan kepikiran atas kondisi yang sedang dideritanya,

Jadi, jika ada rekan kerja curhat tentang kondisi kesehatannya, anggaplah Anda satu-satunya orang yang tahu, ya.

  1. Tawarkan untuk Membantu Tugas Kerja

Untuk menandakan bahwa Anda ingin rekan kerja cepat sembuh dan tidak semakin terbebani, coba tawarkan bantuan di kantor. Langsung saja buat daftar pendek pekerjaan apa yang kiranya bisa Anda ambil alih dan berikan kepada rekan kerja Anda. 

Menurut Nellis, membantu pekerjaan rekan kerja yang sedang sakit bisa membuat ia tidak terlalu merasa stres.

  1. Bantu Mencari Informasi

Menghindar atau bersikap cuek dengan rekan kerja yang sakit memang mudah. Sayangnya, itu bukan cara yang baik untuk menyemangati orang yang sedang sakit kronis. Untuk itu, coba bantu hal apa yang kemungkinan rekan kerja Anda butuhkan mengenai penyakitnya.

Misalnya, tawarkan diri untuk mencari tahu rumah sakit atau dokter mana yang terkenal bagus untuk menyembuhkan penyakit yang diderita teman Anda. Secara tidak langsung, ini menjadi cara bahwa Anda perhatian dan menginginkan ia lekas pulih.

Nah, beberapa cara di atas dapat dilakukan agar Anda bisa bersikap lebih baik lagi saat rekan kerja mengidap sakit kronis. Jangan lupa untuk menghindari kata-kata dan sikap yang bisa membuat teman semakin stres,  Untuk membantu mencari tahu tentang kondisi penyakit kronis teman kerja, Anda bisa konsultasi dokter lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar