Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Yakin Kulit Kacang Bisa Bersihkan Karang Gigi? Ini Faktanya

Yakin Kulit Kacang Bisa Bersihkan Karang Gigi? Ini Faktanya

Membersihkan karang gigi itu penting untuk mempertahankan kesehatan oral. Namun, apa benar kulit kacang ampuh dalam hal ini? Simak faktanya di sini!

Memiliki gigi yang rapi, putih, dan bersih merupakan keinginan semua orang. Apalagi ditambah dengan napas yang segar, siapa yang tidak mau? Demi mencapai kondisi gigi sempurna, banyak yang melakukan perawatan gigi sembarangan. Salah satunya membersihkan karang gigi dengan kulit kacang. Memangnya bisa?

Jangan langsung cepat menyimpulkan! Mari ketahui lebih lanjut mengenai kandungan kulit kacang dari segi medis dan pendapat yang menghubungkannya dengan cara membersihkan karang gigi.

Mampukah Kulit Kacang untuk Bersihkan Karang Gigi?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, kenali dulu kandungan yang terdapat dalam kulit kacang. Alaminya, kulit kacang kaya akan antioksidan yaitu 80% ekstrak ethanol (disebut fenol) Kandungan ini berperan aktif dalam menangkap sel radikal bebas, serta mengikat ion logam.

Metode pengolahan pun dapat memengaruhi kandungannya. Kadar fenol pada kulit kacang yang dipanggang lebih tinggi dibanding yang tidak dipanggang.

Antioksidan seringkali ditambahkan pada makanan untuk tujuan tertentu. Contohnya, mencegah terbentuknya zat radikal bebas, memperlambat proses oksidasi makanan, serta mempertahankan nilai gizi dan umur pemakaian dari makanan tersebut.

Khususnya yang berjenis sintetis, antioksidan juga banyak digunakan untuk mengawetkan makanan. Namun sekarang, penggunaannya dibatasi karena efek racunnya dan dapat menyebabkan kanker.

Artikel Lainnya: Apa Bahayanya Bila Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk?

Oleh karena itu, ekstrak tanaman, sayuran, buah, gandum, kacang, dan tanaman lain yang juga kaya akan fenol, banyak digunakan sebagai bahan pengawet makanan alami.

Contoh yang banyak digunakan adalah ekstrak kulit kacang. Ini dimanfaatkan sebagai sumber antioksidan alami yang dapat memperlambat oksidasi di dalam penyimpanan minyak sunflower.

Selain itu, kulit kacang juga biasa digunakan untuk campuran makanan ternak. INi karena harganya sangat terjangkau dan nutrisinya tinggi.

Dengan banyaknya informasi di dunia maya perihal membersihkan karang gigi dengan kulit kacang, banyak orang yang penasaran dan ingin mencobanya. Selain mudah didapat, harga kacang pun murah dan cara tersebut bisa dilakukan di rumah.

Berita tersebut mengatakan cara membersihkan karang gigi bisa dilakukan dengan sikat gigi yang telah direndam dalam air rebusan kulit kacang. Lalu, cukup menyikat gigi sebanyak tiga kali sehari selama seminggu.

Jangan percaya! Bila hal ini dipahami dengan logika, kandungan nutrisi alami dari kulit kacang sudah terlanjur hilang saat direbus. Lalu, bagaimana bisa air rebusan kulit kacang mampu membersihkan karang gigi yang sudah mengeras seperti terumbu karang?

Artikel Lainnya: Mengapa Terasa Ngilu Saat Karang Gigi Dibersihkan?

1 dari 2 halaman

Cara Mencegah dan Membersihkan Karang Gigi

Pasalnya, karang gigi terbentuk dari suatu proses akibat sisa makanan (food debris) yang menempel di permukaan gigi dan tidak dibersihkan dalam waktu lama. Kemudian, menyatu bersama bahan-bahan yang ada di dalam air liur, serta menjadi keras dan melekat kuat di permukaan gigi.

Karena teksturnya yang keras, karang gigi hanya bisa dipecahkan menggunakan tindakan scaling menggunakan alat scaler. Tindakan ini perlu rutin dilakukan setiap enam bulan sekali oleh dokter gigi.

Menurut Saudi Dental Journal, sampai saat ini belum ada cara yang lebih efektif dalam membersihkan karang gigi selain dengan tindakan scaling. Memang butuh biaya dan usaha yang ekstra, tapi cara tersebut efektif dalam menjaga kesehatan gigi.

Dilansir dari WebMD, kita dapat mencegah karang gigi dengan beberapa tips yaitu sebagai berikut ini.

  1. Rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan teknik yang benar.
  2. Menggunakan pasta gigi mengandung fluoride.
  3. Mengganti sikat gigi minimal tiga bulan sekali.
  4. Konsumsi makanan yang berserat.

Jangan meremehkan makanan berserat! Buah-buahan dan sayuran ternyata dapat membantu pembersihan gigi secara alami, lho.

Menurut jurnal penelitian dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, mengonsumsi makanan berserat seperti pepaya terbukti dapat menurunkan indeks jumlah sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Dengan begitu, penumpukan karang gigi dapat dicegah.

Selain itu, rutin makan sayur dan buah dapat merangsang pertumbuhan tulang rahang pada anak. Sehingga, mengurangi risiko terjadinya gigi tumbuh berjejal dan tidak beraturan.

Nah, kini Anda sudah tahu kebenaran terkait kulit kacang untuk karang gigi. Cara membersihkan karang gigi yang paling efektif tentu saja dengan scaling! Bila ingin mendapat info akurat seputar kesehatan gigi dari dokter, fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter dapat jadi andalan!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar