Sukses

Ponsel Bisa Bahayakan Imunitas Kulit

Tidak sekadar untuk telepon atau mengirim pesan, ponsel Anda juga bisa menjadi tanda dari imunitas kulit yang baik. Ini alasannya.

Tahukah Anda bahwa ponsel bisa menjadi tanda imunitas kulit yang baik? Sebelum melangkah lebih jauh bagaimana hal itu bisa terjadi, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan imunitas kulit.

Imunitas Kulit dan Ponsel

Imunitas kulit pada dasarnya merupakan respons yang diberikan kulit untuk menghalau penyakit, membantu proses penyembuhan luka, dan turut berperan dalam pembentukan pembuluh darah baru.

Imunitas kulit juga memiliki arti bahwa kulit memiliki peranan penting untuk melindungi tubuh dari paparan suatu zat berbahaya dan mengancam kesehatan, baik secara eksternal maupun internal.

Lalu, apa hubungannya ponsel dengan imunitas kulit? Ternyata, ponsel dapat membahayakan kesehatan dan telah diidentifikasi sebagai salah satu pembawa bakteri patogen.

Tak bisa dimungkiri bahwa saat ini ponsel telah menjadi benda paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Benda ini nyaris tak bisa lepas dari genggaman jari kebanyakan orang.

Begitu kuatnya daya pikat ponsel hingga tak sedikit orang yang selalu memastikan untuk membawanya ke mana pun pergi. Ke toilet, kamar tidur, meja makan, atau tempat lainnya. Nah, perilaku seperti ini bisa bikin imunitas kulit Anda terancam.

Penelitian menunjukkan bahwa satu inci persegi ponsel berisi sepuluh ribu mikroba. Ini karena panas konsisten yang dihasilkan ponsel menjadi tempat berkembang biak bagi kolonisasi mikroorganisme berbahaya.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan ponsel secara rutin, mikroba yang hidup di benda tersebut bisa berpindah ke kulit Anda dan mengacaukan keseimbangannya. Akibatnya, fungsi imunitas kulit bisa goyah sehingga tubuh Anda rentan akan penyakit.

Saat mikroba berbahaya sudah berhasil menembus imunitas kulit dan menyebabkan penyakit, beberapa gejala yang akan Anda alami adalah demam, diare, kelelahan, nyeri otot, dan batuk.

Bersihkan Ponsel, Jaga Imunitas Kulit Tetap Optimal

Agar ponsel Anda tidak menjadi agen yang merusak imunitas kulit dan menyebabkan penyakit, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala.

Supaya tidak salah langkah, berikut ini adalah panduan mencuci tangan yang benar. Setelah telapak tangan dibasahi dan diberi sabun, ini langkah-langkahnya:

  1. Gosok telapak tangan dengan telapak tangan lainnya
  2. Gosok telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya
  3. Gosok telapak dengan telapak dan jari saling terkait
  4. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci
  5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri, dan sebaliknya
  6. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapan tangan, dan sebaliknya.

Di samping mencuci tangan secara berkala, Anda juga perlu menjaga ponsel dari paparan kuman berbahaya. Caranya adalah dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • Hindari meletakkan ponsel di sembarang tempat, apalagi yang terjangkau oleh anak-anak atau bayi
  • Jangan membawa ponsel ke dalam kamar mandi, apapun alasannya
  • Bersihkan ponsel secara berkala menggunakan cairan yang mengandung alkohol. Pastikan Anda membersihkan bagian dalam dan luar (case) ponsel
  • Jika dirasa perlu, ganti cover luar ponsel secara berkala agar kebersihannya selalu terjaga

Dengan menjaga kebersihan tangan dan ponsel, Anda turut mengoptimalkan fungsi imunitas kulit. Oleh karena itu, bersikaplah lebih peduli terhadap diri sendiri dan barang atau benda pribadi yang digunakan. Jangan biarkan sesuatu yang seharusnya membantu malah membuat Anda terserang penyakit.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar