Sukses

Berdiri Lebih Lama Bisa Menurunkan Berat Badan?

Selain dengan diet dan olahraga teratur, katanya ada cara lain untuk membantu menurunkan berat badan, yaitu berdiri lebih lama. Cek kebenarannya di sini!

Ingin menurunkan berat badan tentu tak bisa hanya dengan modal ongkang-ongkang kaki. Selain dengan diet dan olahraga, katanya aktivitas sederhana seperti lama berdiri juga bisa bantu turunkan berat badan. Faktanya?

Ada sebuah penelitian di New York, Amerika Serikat, yang mencoba untuk meneliti kaitan antara efek berdiri lama dan pengurangan berat badan. Hasilnya, beberapa waktu yang dihabiskan untuk berdiri dan duduk dapat memengaruhi upaya penurunan berat badan.

Sederhananya, berdiri disebut lebih bermanfaat dibanding duduk berlama-lama alias mager.

1 dari 4 halaman

Perbanyak Berdiri, Kurangi Duduk!

Perlu diingat, duduk terlalu lama diketahui dapat memicu obesitas, penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan jantung dan stroke, diabetes tipe 2, nyeri punggung, depresi, dan masalah pembekuan darah.

Penelitian yang diterbitkan dalam “European Journal of Preventive Cardiology” tahun 2018 menganalisis hasil dari 46 penelitian terhadap 1.184 peserta yang rata-rata berusia 33 tahun. Sekitar 60 persennya adalah laki-laki, dengan berat badan rata-rata 65 kg.

Artikel lainnya: 6 Olahraga yang Cocok untuk Pekerja Kantor

Dari situ, ditemukan bahwa berdiri lebih lama dapat membakar lebih banyak kalori, yaitu 0,15 kkal per menit. Nah, bila mengurangi durasi duduk dan memperbanyak berdiri, Anda bisa mengurangi 54 kkal per hari, dengan catatan tidak mengonsumsi makanan.

Jumlah tersebut setara dengan 2,5 kg dalam setahun, atau 10 kg dalam empat tahun.

Ada pula studi dalam “Journal of Physical Activity & Health” tahun 2016 yang meneliti 74 orang melakukan kegiatan yang berbeda selama 15 menit. Hasilnya, orang-orang yang banyak berdiri rata-rata membakar 9 kalori lebih banyak per jam daripada saat duduk.

Jumlah tersebut memang tak banyak. Namun, bila ditambah dengan olahraga rutin dan pola makan yang tepat, tentunya pembakaran kalori akan lebih optimal seiring berjalannya waktu.

2 dari 4 halaman

Kurangi Durasi Duduk agar Bisa Merasakan Manfaat Ini

Beberapa manfaat di bawah ini diharapkan dapat memotivasi untuk lebih banyak bergerak ketimbang duduk atau mager berlama-lama.

  1. Menurunkan Berat Badan

Turunkan berat badan hanya dengan mengandalkan berdiri lama saja memang tak mungkin menyebabkan perubahan signifikan. Efek berdiri lama ini perlu dioptimalkan dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan kaya nutrisi dan membatasi lemak jahat.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Lebih sering dan lama berdiri ketimbang duduk telah dikaitkan dengan menurunnya risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Artikel lainnya: 5 Tip Mudah Bakar Kalori di Kantor

Penelitian juga menunjukkan bahwa salah satu efek berdiri lama adalah membantu menurunkan kadar gula darah, tekanan darah, dan trigliserida (komponen utama lemak tubuh pada manusia).

  1. Memperbaiki Kesehatan Mental

Suasana hati bisa meningkat, memperbaiki kualitas tidur, dan meningkatkan produktivitas. Artinya, itu dapat membantu mencegah terjadinya depresi dan gangguan kecemasan.

3 dari 4 halaman

Berdirilah dan Lakukan Aktivitas Ini!

Ada beberapa kegiatan yang dapat membuat Anda tetap aktif dan terhindar dari duduk berlama-lama, di antaranya adalah:

  • Di kantor, pilihlah meja berdiri (standing desk) ketimbang meja dengan kursi.
  • Berdiri ketika menerima panggilan telepon.
  • Bila mungkin, pertimbangkan mengadakan meeting yang mana semua partisipannya berdiri.
  • Atur alarm atau timer pengingat untuk berdiri selama beberapa menit setiap jam ketika bekerja.
  • Ketika di rumah, Anda bisa mengobrol dengan orang di rumah sambil berjalan ringan mengelilingi rumah tiap 30 menit atau 1 jam.
  • Berdiri sambil berjalan saat menerima atau melakukan panggilan telepon, chatting, atau bermedia sosial.
  • Berjalan ringan bila punya waktu luang atau sambil memasak di dapur.
  • Menonton acara TV favorit sambil berdiri.

Duduk berlama-lama sebetulnya tidak dilarang. Namun, karena sekarang Anda tahu bahwa berdiri dan bergerak lebih bermanfaat, baiknya kurang-kurangi duduk, deh!

Selain bisa bantu upaya turunkan berat badan, lama berdiri juga bisa berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Agar hasilnya optimal, terapkan pola hidup sehat juga, ya!

(RN/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar