Sukses

4 Keunggulan Air Bebas Mineral untuk Si Kecil

Air bebas mineral disebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Si Kecil. Memang, apa saja keunggulannya? Temukan jawabannya di sini.

Air adalah komponen penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bagi Si Kecil. Kecukupan cairan harus diperhatikan karena tubuhnya lebih rentan mengalami dehidrasi ketimbang orang dewasa. Namun demikian, tidak sembarang air boleh dikonsumsi oleh Si Kecil. Salah satu yang aman adalah air bebas mineral. Lalu, apa saja keunggulannya?

Sebagian besar tubuh Si Kecil terdiri dari air. Pada usia satu tahun, proporsi air adalah sebesar 65-80 persen dari berat badannya.

Proporsi ini akan berkurang seiring bertambahnya usia Si Kecil, menjadi sebesar 55-60 persen saat remaja. Oleh sebab itu, Si Kecil tidak boleh sampai kekurangan air agar tubuhnya tetap dapat menjalankan berbagai fungsi metabolisme serta untuk menunjang tumbuh kembang otaknya.

Terdapat berbagai jenis air minum yang dapat dikonsumsi Si Kecil. Sebut saja air keran yang dididihkan, air minum dalam kemasan, air isi ulang, hingga air bebas mineral.

Tiap jenis air tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, satu hal yang membedakan setiap air minum tersebut adalah dari kandungan mineralnya. Hampir semuanya mengandung mineral, kecuali air bebas mineral.

Lantas, apakah air bebas mineral ini memiliki manfaat lebih bagi Si Kecil? Ada baiknya Anda mengetahui dulu bagaimana proses pembuatannya.

Proses Pembuatan Air Bebas Mineral

Air bebas mineral sesungguhnya telah mulai diproduksi sejak zaman dahulu melalui proses distilasi. Proses ini dilakukan dengan merebus air, di mana uap yang terkondensasi kemudian dikumpulkan dan dicairkan kembali.

Kotoran dan kontaminan yang terkandung di dalam air akan tertinggal saat menguap. Dengan demikian, proses ini dapat menghilangkan kuman dan zat kimia berbahaya, termasuk semua mineral di dalamnya.

Sumbernya sendiri dipilih dari air pegunungan dari kedalaman tertentu, atau disebut artesian water source. Saat ini, proses pembuatannya sudah lebih modern dan melalui beberapa tahapan.

Tahapannya terdiri dari proses penyaringan bertingkat, reverse osmosis, pensterilan dengan lampu ultraviolet dan magnet trap, serta tahapan pemanasan bersuhu tinggi atau ultra high temperature (UHT) pada suhu 141 derajat Celsius selama 60 detik.

Agar bisa tetap steril dan higienis, proses pengemasannya pun dilakukan dengan metode pengisian asepsis (aseptic filling), di mana air langsung diisi ke dalam botol steril bersegel.

Kelebihan dan Kekurangan Air Bebas Mineral

Beberapa sumber menyebutkan bahwa konsumsi air bebas mineral dapat mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. Namun, ada pula yang menyatakan bahwa air ini dapat merugikan kesehatan.

Salah satu alasannya karena air bebas mineral cenderung menarik mineral lain yang bersentuhan atau ada di dekatnya. Dalam hal ini, dapat menarik mineral dari dalam tubuh, khususnya dari gigi.

Akan tetapi, penelitian tentang efek air bebas mineral pada kesehatan masih terbatas, sehingga klaim-klaim tersebut belum terbukti benar.

Pada prinsipnya, tubuh manusia memang memerlukan mineral, terutama yang berjenis organik. Namun, mineral jenis ini dapat dipenuhi dari konsumsi makanan bergizi seimbang.

1 dari 2 halaman

Manfaat Air Bebas Mineral bagi Si Kecil

Terlepas dari berbagai pro dan kontra di atas, yang pasti air bebas mineral tetap memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan Si Kecil, seperti yang bisa Anda dapatkan dari salah satu produk air bebas mineral, yaitu Morinaga Heiko+ Water.

Beberapa manfaat tersebut, antara lain:

  1. Steril

Bagi Si Kecil, khususnya batita, yang lebih rentan terkena infeksi, air bebas mineral tergolong ‘ramah’ bagi kesehatan saluran cernanya.

Morinaga Heiko+ Water bebas dari kontaminasi bakteri dan zat kimia berbahaya, sehingga sangat baik untuk melarutkan susu formula atau bubur bayi siap saji. Air ini pun aman untuk memasak MPASI atau dikonsumsi langsung.

  1. Tidak mengubah komposisi susu dan makanan Si Kecil

Proses pembuatan Morinaga Heiko+ Water steril dan terbebas dari kontaminasi bakteri dan zat berbahaya seperti logam berat.

Itulah sebabnya, air bebas mineral seperti Morinaga Heiko+ Water baik digunakan untuk melarutkan susu dan makanan Si Kecil siap saji. Air ini tidak akan mengubah komposisi mineral yang terkandung di dalamnya.

  1. Mudah dibawa saat bepergian

Morinaga Heiko+ Water merupakan air bebas mineral yang telah dikemas dengan proses steril dan higienis. Dengan begitu, adanya air bebas mineral dalam kemasan ini akan memudahkan Anda untuk melarutkan susu atau makanan Si Kecil ketika melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, untuk mengonsumsi air bebas mineral ini juga tidak perlu direbus terlebih dahulu.

Kini, Anda telah mengetahui keunggulan air bebas mineral untuk Si Kecil. Oleh sebab itu, bila Anda sedang mencari alternatif air minum yang aman, bebas kontaminan, dan mudah dibawa bepergian untuk Si Kecil, maka air bebas mineral seperti Morinaga Heiko+ Water bisa menjadi pilihan terbaik.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar