Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini 7 Seleb yang Terbuka Punya Masalah Gangguan Kesehatan Mental

Ini 7 Seleb yang Terbuka Punya Masalah Gangguan Kesehatan Mental

Mencoba mengubah pola pikir masyarakat yang masih menganggap remeh gangguan mental, tujuh artis ini justru terbuka dengan gangguan mental mereka. Siapa saja?

Di balik kehidupannya yang glamor dan penampilannya yang selalu memukau, siapa sangka sejumlah artis di bawah ini memiliki gangguan kesehatan mental. Bahkan, mereka pun tidak malu mengakuinya! 

Itu semua dilakukan dengan harapan, masyarakat bisa lebih menerima, terbuka, dan peka terhadap kesehatan mental orang-orang di sekelilingnya. 

1 dari 2 halaman

Selebritas dengan Gangguan Kesehatan Mental

Perubahan pola pikir seperti itu memang sangat diperlukan agar tak ada lagi peningkatan angka bunuh diri akibat gangguan kesehatan mental, baik itu depresi, gangguan cemas, dan lain sebagainya. 

Dilansir dari laman Allure, adapun artis dengan gangguan mental yang sangat terbuka dengan kondisi kesehatannya, antara lain:

Kendal Jenner

Di balik popularitasnya, Kendal mengaku memiliki serangan panik saat saat diwawancarai bersama supermodel lainnya, Cara Delevingne. Media sosial pun disebut-sebut memperparah masalah mental yang dimilikinya. 

Menurut dr. Fiona Amelia MPH dari KlikDokter, serangan panik bukan merupakan reaksi terhadap suatu stressor

Umumnya, serangan ini terjadi begitu saja, tanpa ada pemicu dan tidak bisa diprediksi. Saat serangan panik terjadi, penderitanya mengalami teror, ketakutan yang tak beralasan dan gelisah. 

“Bahkan, mereka juga bisa merasa akan mati atau kehilangan kendali terhadap dirinya atau merasa akan terkena serangan jantung! Orang dengan serangan panik biasanya menghindari tempat-tempat di mana mereka mengalami serangan sebelumnya,” jelas dr. Fiona. 

Artikel Lainnya: Kenali 5 Gangguan Mental yang Berbahaya

Zayn Malik

Di tahun 2016, penyanyi berdarah Pakistan, Zayn Malik, pernah mengatakan kepada majalah “Time” bahwa dirinya memiliki gangguan kecemasan alias anxiety. Dan ternyata, gangguan tersebut sampai pernah membuatnya membatalkan konser berkali-kali!

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter mengatakan setiap bentuk kecemasan yang dialami penderitanya akan menyebabkan keluhan pada fisik. Dengan kata lain, gangguan cemas akan membuat penderitanya merasakan beberapa gejala, seperti ini.

  • Jantung berdetak cepat. 
  • Napas menjadi pendek dan cepat. 
  • Selalu merasa lelah. 
  • Gangguan pencernaan.
  • Mudah berkeringat. 
  • Mudah gemetar.
  • Dan punya masalah tidur. 

Demi Lovato

Gangguan mental yang dimiliki oleh Demi Lovato mirip dengan apa yang dimiliki artis Tanah Air, Marshanda, yaitu bipolar disorder. Demi pun sempat mendapatkan rehabilitasi di Illinois selama beberapa waktu. 

Setelah rehabilitasinya membuahkan hasil positif, Demi sering dipercaya menjadi pembicara soal bipolar disorder yang ia alami. Gunanya agar orang lain lebih peka terhadap masalah kesehatan mental. 

Sementara itu, gangguan bipolar adalah salah satu jenis gangguan kejiwaan yang ditandai dengan perubahan atau gangguan mood yang ekstrem, termasuk perubahan pada energi dan fungsi dari seseorang. 

Beberapa kondisi dapat mencetuskan bipolar. Stres ekstrem, seperti ditinggal pasangan yang sangat dicintai, mengalami trauma, merasakan bencana alam hebat, dan hal lain yang berkontribusi memicu gangguan bipolar. 

Selain itu, berbagai penelitian juga melaporkan, ada gen tertentu di dalam tubuh manusia yang mengalami mutasi, sehingga menimbulkan episode bipolar ini.

Lady Gaga

Siapa sangka, wanita yang pernah menobatkan dirinya sebagai Mother Monster ini sempat mengalami depresi berat dan juga punya gangguan kecemasan? 

Ya, tahun 2017, Netflix pun menayangkan film dokumenter bagaimana penyanyi wanita bersuara kuat tersebut berjuang melawan kondisi mentalnya. 

Depresi sebenarnya adalah suatu kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat secara terus-menerus. 

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Gangguan Mental yang Perlu Anda Tahu

Kondisi tersebut dapat memengaruhi cara berpikir dan berperilaku, serta dapat memicu berbagai masalah fisik maupun psikis.

Selain itu, penderita depresi cenderung berpikir dan terus menerus membicarakan tentang bunuh diri, kematian. Mereka pun kerap mengambil tindakan-tindakan yang berbahaya karena kehilangan harapan. 

Dwayne Johnson

Jangan kaget bahwa si kekar Dwayne Johnson juga punya masalah mental. Sejak dulu, pria berkepala plontos itu pun berjuang melawan depresinya sejak usia muda! 

Sayangnya, para pria memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mencari pertolongan depresi ketimbang wanita, meski angka kejadian bunuh diri pada pria empat kali lipat lebih tinggi. 

Untuk mencegah peningkatan angka bunuh diri pria akibat depresi, ada sejumlah ciri-ciri yang bisa Anda kenali, yaitu seperti berikut ini.

  • Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  • Menghindari situasi sosial atau interaksi dengan anggota keluarga.
  • Bekerja secara obsesif tanpa perlu beristirahat.
  • Mengalami kesulitan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban di tempat kerja atau di rumah.
  • Tidak dapat mempertahankan hubungan baik.
  • Melakukan tindakan berisiko yang tidak biasa, seperti berjudi atau praktik seks yang tidak aman.

IU

Tenar di usia muda, ternyata membawa penyanyi bertubuh mungil asal Korea Selatan ke dalam gangguan makan yang memengaruhi mental dan kondisi fisiknya. 

Ya, di tahun 2014, dalam variety show, Healing Camp, IU berbicara tentang perjuangannya mengatasi masalah berat badan dan gangguan makan yang membuatnya sering muntah! 

Untung saja, IU kini telah sembuh. Meski gangguan makan biasanya menyerang wanita, tetapi gangguan tersebut juga dapat menyerang kaum pria. Pria yang terserang gangguan makan umumnya pernah melakukan diet ekstrem dan punya kekhawatiran tersendiri dengan penampilannya.

G-Dragon BIGBANG

Selama penampilannya di Night After Night pada tahun 2011, leader BIGBANG ini terbuka tentang masa depresi yang dialaminya setelah adanya tuduhan plagiarisme terhadap single solonya yang berjudul “Heartbreaker”. 

Namun, G-Dragon kini telah bangkit. Dan sama seperti Demi Lovato, pria tersebut mulai membuka suara tentang kesehatan mental agar selebritas sepertinya dirinya lebih mampu menghadapi realita. 

Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki hak yang sama untuk mendapatkan terapi depresi agar pemikiran untuk bunuh diri tidak pernah terlintas. 

Itu dia tujuh artis dengan gangguan kesehatan mental. Semoga pengalaman mereka dapat membuat Anda lebih terbuka dengan kondisi psikis dan tidak malu atau takut untuk mencari bantuan. Jika mereka saja bisa bangkit, tentu Anda juga bisa asalkan mendapat bantuan yang tepat! Untuk berkonsultasi dengan psikolog, Anda bisa langsung manfaatkan Live Chat di Klikdokter.

[RPA/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar