Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini Penjelasan Mengapa Libido atau Gairah Seks Meningkat Saat Haid

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Ini Penjelasan Mengapa Libido atau Gairah Seks Meningkat Saat Haid

Entah kenapa, libido atau gairah seksual selalu meningkat menjelang dan saat haid. Kira-kira apa penyebabnya, ya?

Sebagian wanita menyadari kalau menjelang haid dan saat haid, libido mereka cenderung meningkat. Alhasil, keinginan untuk bercinta dengan pasangan atau masturbasi pun makin tinggi.

Meski sadar soal libido yang meningkat saat menstruasi, tak banyak yang tahu mengapa kondisi tersebut dapat terjadi.

Ingin tahu mengapa saat menstruasi gairah seks meningkat? Berikut penjelasannya untuk Anda.

1 dari 3 halaman

Kenapa Libido Meningkat Menjelang dan Saat Haid?

Mirip dengan kondisi hamil yang kerap dikaitkan dengan hormon, ada banyak hormon yang terlibat saat Anda datang bulan. Misalnya estrogen, progesteron, dan testosteron. Ketiga hormon tersebut memang yang paling “bertanggung jawab” terhadap peningkatan gairah seksual.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan asal Amerika Serikat, Dr. Adeeti Gupta, MD mengatakan bahwa hormon estrogen dan progesteron punya peran masing-masing dalam menentukan libido wanita.

Artikel Lainnya: Cuaca Panas Bisa Tingkatkan Gairah Seks, Benar atau Tidak?

Hormon estrogen berperan dalam meningkatkan gairah untuk melakukan aktivitas seksual. Sementara itu, hormon progesteron gunanya untuk menstabilkan gairah tersebut.

Beberapa hari sebelum Anda benar-benar menstruasi, ketiga hormon tadi dan luteinizing (LH) akan mengalami peningkatan jumlah. Lalu, hormon LH akan mendorong tubuh melepas sel telur untuk menunggu adanya pembuahan.

Kemudian, sesaat sebelum perdarahan haid terjadi, semua hormon berpisah dan menjalankan perannya masing-masing.

Hormon estrogen dan testosteron akan mengalami peningkatan, sedangkan progesteron akan menurun (hormon yang menstabilkannya berkurang sehingga gairah lebih tak terbendung). Kombinasi itu menjadi penyebab libido meningkat saat menstruasi dan membuat wanita ingin bercinta.

Secara garis besar, beberapa hari sebelum dan saat haid, serta beberapa hari setelahnya, merupakan waktu libido wanita meluap-luap. Sekali lagi, itu semua karena perubahan hormon!

Artikel Lainnya: Fakta Menarik Seputar Hubungan Intim saat Haid

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Gairah Seks Berlebihan Saat Menstruasi

Libido yang meningkat saat menstruasi merupakan fenomena normal. Penyebabnya tak lain karena perubahan hormonal seiring siklus haid. Namun, apa yang bisa dilakukan saat gairah seks meletup-letup?

  • Masturbasi

Sering kali, terpikir untuk melakukan masturbasi meski sedang datang bulan. Walau bisa menjadi cara instan dalam mengatasi gairah yang meningkat saat menjelang haid, namun sebaiknya Anda tetap berhati-hati.

Saat haid, mulut rahim dalam keadaan terbuka agar darah dan sisa jaringan dinding dalam rahim yang luruh dapat dikeluarkan dari tubuh. Kondisi mulut rahim yang terbuka ini akan membuat bakteri lebih mudah masuk ke dalam rahim dan menyebabkan infeksi.

Itulah mengapa, masturbasi dengan menggunakan benda tertentu (seperti jari atau sex toys) ke dalam vagina bisa berbahaya. Tindakan tersebut lebih berisiko menyebabkan infeksi di dalam rahim. Infeksi ditandai dengan gejala keputihan berbau, demam, dan nyeri perut bawah.

Jadi, pastikan Anda mencuci bersih semua benda, sebelum memasukkannya ke dalam area kewanitaan.

Artikel Lainnya: Benarkah Masturbasi Pengaruhi Ovulasi Wanita? Ini Kata Dokter!

  • Olahraga

Cobalah untuk menyibukkan diri Anda. Jika kondisi fisik cukup kuat, alihkan dengan melakukan olahraga ringan.

Selain mengalihkan pikiran dari libido yang meningkat saat menstruasi, olahraga juga membantu mengurangi gejala yang sering kali muncul saat datang bulan.

  • Istirahat

Bila hasrat seksual muncul kala sedang sendirian dan tiduran di kamar, lebih baik pejamkan mata dan beristirahat.

Anda dapat memuaskan keinginan tersebut nanti saat organ intim sudah bersih dari darah haid.

  • Perbanyak Aktivitas

Saat datang bulan, sering kali wanita merasa mager dan lebih memilih banyak bersantai. Namun, jika ingin mengalihkan pikiran dari libido yang meningkat saat haid, menyibukkan diri bisa menjadi distraksi yang berguna.

Coba lakukan hal-hal produktif, misalnya menyelesaikan deadline pekerjaan. Atau, coba lakukan hal baru yang sudah lama Anda inginkan tetapi selalu ditunda-tunda.

Kini Anda sudah tahu, kan, penyebab libido atau gairah seks meningkat menjelang dan saat menstruasi? Apabila ada keluhan lain yang dirasakan selama datang bulan dan sampai mengganggu aktivitas harian, konsultasikan kepada dokter.

Gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar