Sukses

5 Alasan Penting untuk Membersihkan Lidah

Adanya bakteri tak hanya pada gigi saja, tetapi juga pada permukaan lidah. Oleh karena itu, lidah juga penting untuk dijaga kesehatannya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam menjaga kesehatan mulut, menyikat gigi secara rutin dua kali sehari itu penting. Hal ini pun bahkan sudah diketahui sejak kecil. Sayangnya, itu saja tidak cukup, lho. Menjaga kesehatan lidah juga tak kalah penting!

Lidah seringkali menjadi salah satu bagian yang terabaikan kebersihannya saat menggosok gigi. Faktanya, terdapat miliaran bakteri yang hidup di dalam mulut. Rongga mulut rentan terhadap bakteri yang mudah berkembang biak di dalamnya dengan mencari sisa-sisa makanan yang menempel.

Dilansir dari Healthline, air liur dan bakteri akan menempel satu sama lain dengan membentuk lapisan pada permukaan lidah. Hanya dengan berkumur saja, bakteri tersebut tidak akan hilang.

Lidah memiliki permukaan yang kasar dan ada celah di strukturnya. Hal ini dapat membuat bakteri dapat bersembunyi di antaranya dan berkembang biak jika tidak dibersihkan secara teratur.

Artikel Lainnya: 7 Kelainan Lidah yang Perlu Anda Waspadai

Pentingnya Menyikat Lidah

Meskipun menyikat gigi dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada gigi, bakteri tersebut dapat berpindah ke lidah dengan bantuan air liur. Oleh karena itu, lidah juga perlu dibersihkan secara rutin. Berikut beberapa alasan penting untuk teratur dalam membersihkan lidah.

1. Mencegah Bau Mulut

Lidah merupakan organ di dalam rongga mulut yang mudah ditempati bakteri. Ini merupakan salah satu masalah umum yang terkait dengan timbulnya bau mulut. Sebagian besar bakteri yang menyebabkannya terdapat pada bagian belakang.

Ketika bakteri tersebut berkembang biak dan dibiarkan, lama kelamaan bau busuk dapat muncul dari mulut. Dengan menyikat lidah secara teratur, dapat secara efektif menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau yang menumpuk di lidah.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Periodontal

Tidak menyikat lidah secara teratur dapat memicu timbulnya penyakit periodontal. Sebab, bakteri pada lidah dapat berpindah ke gigi.  Ketika bakteri menumpuk di gigi, maka dapat menyebabkan gusi menjadi merah dan meradang.

Jika tidak segera diatasi, peradangan dapat berlanjut ke penyakit periodontal dimana gusi menjadi infeksi, menyusut, atau turun. Bahkan, dapat membuat gigi goyang hingga lepas.

Artikel Lainnya: Lidah Mencerminkan Kondisi Kesehatan Anda

3. Meningkatkan Rasa

Timbunan plak, biofilm bakteri, dan partikel sisa makanan yang menumpuk dan menutupi permukaan lidah dapat memengaruhi kemampuan mengecap. Indra reseptor pengecap bisa hilang saat Anda mencicipi makanan atau minuman.

Dengan menyikat lidah secara teratur, hal ini bisa dicegah. Anda pun tetap dapat menikmati berbagai rasa makanan dengan baik.

4. Mencegah Penyakit Lidah

Oral thrush merupakan salah satu penyakit mulut yang sering menyerang lidah. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebih di dalam mulut sehingga menimbulkan infeksi. 

Ketika jumlah bakteri di dalam mulut dibiarkan menumpuk sampai banyak, bercak putih akan muncul di permukaan lidah. Meski penyakit ini dapat diatasi dengan obat anti-jamur, membersihkan lidah secara teratur dapat mencegah kondisi tersebut.

5. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Lidah juga menjadi garis pertahanan tubuh! Dengan rajin merawatnya, Anda dapat mencegah racun yang dapat diserap tubuh sehingga fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan meningkat.

Cara membersihkan lidah pun tidak sulit. Anda dapat menggunakan alat pembersih lidah atau tongue scraper yang bisa dibeli di toko obat maupun swalayan.

Sikatlah lidah minimal satu kali sehari dan hindari mengikis lidah terlalu keras. Karena hal tersebut dapat menyebabkan luka dan merusak permukaan lidah.

Itulah beberapa alasan pentingnya membersihkan lidah secara rutin. Bila ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan gigi dan mulut, Anda bisa gunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter. Bisa tanya langsung dengan dokter gigi!

(FR/AYU)

2 Komentar