Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Wajib Tahu, Ini Pertolongan Pertama Saat Tersambar Petir

Wajib Tahu, Ini Pertolongan Pertama Saat Tersambar Petir

Meski kemungkinannya kecil, tetapi mengingat sudah ada beberapa korban, Anda perlu tahu langkah-langkah pertolongan pertama saat tersambar petir.

Kalau hujan deras, hal yang ditakuti selain banjir adalah petir. Pasalnya, jika seseorang sampai tersambar petir, akibatnya tak main-main. Itu sebabnya, Anda mesti tahu cara pertolongan pertama saat tersambar petir, karena ini bisa menjadi momen hidup mati.

Tersambar petir adalah hal yang sangat mengerikan. Pasalnya, petir membawa muatan listrik yang sangat besar, disertai kilatan cahaya dan guntur yang keras. FYI, panjang petir bisa sampai 8 kilometer, meningkatkan suhu hingga 27.700 derajat Celcius, dan memuat 100 juta volt muatan listrik.

Seberapa Besar Kemungkinan Seseorang Tersambar Petir?

Di Amerika Serikat (AS), peluangnya adalah 1 dari 700.000 orang dalam satu tahun, sedangkan korban tersambar petir adalah 1 dari 3.000 orang.

Akibat paling fatal yang bisa terjadi setelah seseorang tersambar petir adalah kematian. Di AS, menurut data dari tahun 1959-2003, korban jiwa yang tercatat adalah 3.696 orang.

Bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya, belum ada data yang jelas. Namun, jika Anda membaca berita selama beberapa waktu belakangan, kasus tersambar petir cukup banyak.

Artikel Lainnya: Kiat Menolong Korban Sengatan Listrik saat Banjir

1 dari 4 halaman

Saat Petir Menyambar, Tubuh Bisa Mengalami Ini

Petir sering kali menyebabkan serangan jantung. Selain itu, cedera atau luka tersambar petir lainnya adalah luka bakar tipe tiga (yang merupakan derajat luka bakar yang paling parah), kerusakan otak permanen, hilang ingatan atau amnesia, termasuk perubahan kepribadian.

Kondisi akan semakin parah jika korban mengenakan aksesori berbahan metal, karena material tersebut bisa dengan mudahnya menghantarkan listrik. Akibatnya, kulit akan langsung terpanggang seketika.

Sekitar 10 persen korban yang tersambar petir akan langsung terbunuh. 70 persen korban lainnya menderita efek jangka panjang yang serius. Di AS, diperkirakan sekitar 400 orang terselamatkan dari sambaran petir setiap tahunnya.

Secara fisik, sangat mungkin untuk korban yang selamat dari sambaran petir mengalami hilang kontrol terhadap otot, seperti penyakit Parkinson.

Petir tak hanya dapat ditemui saat hujan deras atau hujan badai, tetapi juga bisa muncul saat meletusnya gunung berapi, kebakaran hutan yang ekstrem, ledakan nuklir, serta badai salju dan angin topan.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Saat Ada yang Terkena Serangan Jantung

2 dari 4 halaman

Pertolongan Pertama Saat Tersambar Petir

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang yang tersambar petir masih bisa diselamatkan. Maka dari itu, Anda perlu tahu langkah-langkah pertolongan pertama saat tersambar petir, karena nyawa seseorang bisa jadi taruhannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah pertolongan pertama yang mesti Anda hafalkan.

1. Hubungi 118 atau 119

Orang yang tersambar petir dapat mengalami serangan jantung, dan ini bisa sebabkan kematian bila tidak segera ditangani. Oleh karena itu, panggil bantuan ambulans sesegera mungkin.

2. Beri Pertolongan Saat Kondisi Sudah Aman

Bila ada risiko sambaran petir berulang, tunggu hingga bahaya berlalu, atau pindah ke tempat yang lebih aman untuk berlindung. Bila situasi sudah aman, segera tolong korban.

3. Lakukan Resusitasi Jantung Paru

Setelah kondisi aman, Anda bisa menyentuh korban karena tubuh yang tersambar tidak akan menyimpan muatan listrik yang besar.

Bila korban dalam keadaan tidak sadar atau napasnya terlihat tidak normal, gunakan mesin defibrilator eksternal otomatis (bila tersedia di dekat Anda) atau lakukan pijat jantung luar sesuai prosedur untuk korban dewasa maupun anak-anak.

Hindari menanggalkan pakaian yang telah terbakar, kecuali jika sangat dibutuhkan.

4. Perhatikan Tanda Syok dan Tangani Semampunya

Tanda yang harus diperhatikan antara lain: penurunan kesadaran, spasme otot, gangguan pernapasan, gangguan penglihatan, luka bakar, maupun kejang.

Baringkan korban dan posisikan kepalanya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan batang tubuh dan tungkainya.

5. Follow Up

Tim medis yang telah sampai di lokasi akan menilai kondisi korban. Bila korban sudah dilarikan ke rumah sakit, ia akan diperiksa lebih lanjut akan kemungkinan terjadinya cedera organ dalam maupun pada sistem saraf pusat.

Selain itu, luka bakar tersambar petir yang dialami juga akan dievaluasi dan ditangani sesuai dengan derajatnya.

Artikel lainnya: Penanganan yang Tepat untuk Korban Luka Bakar

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Diri agar Tidak Tersambar Petir

Meski kemungkinannya kecil, tapi Anda tetap tak boleh lengah. Agar terhindar dari malapetaka, ingat selalu cara-cara di bawah ini supaya Anda tak menjadi korban sambaran petir.

  • Hindari berada di ruang terbuka saat terjadi hujan yang disertai petir. Bila mendengar suara guntur, berarti Anda masih berada dalam jangkauan petir. Segera cari tempat berlindung bila masih berada di luar ruangan. Hindari tempat yang tinggi dan objek yang dekat dengan langit (pohon tinggi, tiang listrik, dan sebagainya).
  • Jangan memegang atau membawa objek logam apa pun saat hujan dan petir. Lepaskan juga perhiasan atau aksesori berbahan metal dari tubuh.
  • Bila petir telah menyambar satu area, ingatlah bahwa petir bisa menyambar tempat yang sama untuk kedua kalinya.
  • Jika tidak ada tempat untuk berteduh atau berlindung, Anda disarankan untuk jongkok dan taruh kedua telapak tangan pada kedua lutut, lalu tutup telinga untuk mencegah kerusakan pendengaran akibat suara guntur. Bila Anda tak sendirian, beri jarak sekitar 4,5 dari orang lainnya.
  • Kendaraan yang terbuat dari logam dan tertutup seperti mobil atau bis sekolah merupakan tempat berlindung yang baik. Tutup semua jendela dan jangan menyentuh apa pun yang terbuat dari logam dan terhubung dengan kendaraan.

Contoh kendaraan yang tidak baik untuk dijadikan tempat untuk berlindung adalah mobil golf. Bila Anda bekerja di dalam alat berat yang tertutup, bertahanlah, jangan sampai berlari keluar mencari tempat perlindungan lain.

  • Jika Anda berada di dalam gedung, tutup semua jendela dan jangan berada di dekatnya. Untuk sementara waktu, jangan gunakan alat-alat elektronik dan telepon yang terhubung dengan kabel. Pasalnya, aliran listrik bisa menyambar dari luar melalui kabel.

  • Tunggu setidaknya 30 menit setelah petir maupun guntur terakhir sebelum memutuskan untuk keluar ruangan.

Sambaran petir dapat mengintai kapan saja dan di mana pun Anda berada. Karenanya, ingat selalu langkah pertolongan pertama di atas, jaga-jaga ada korban yang tersambar petir di sekitar Anda. Untuk info lebih lengkapnya, Anda bisa tanyakan lebih lanjut via fitur Live Chat KlikDokter. Pastinya bisa diandalkan!

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar