Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • 7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Melindungi Tubuh dari Penyakit

7 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Melindungi Tubuh dari Penyakit

Bukan cuma memberi aroma dan tambahan rasa, teh kayu manis juga memiliki sederet manfaat sehat yang sulit ditolak. Berikut penjelasannya.

Wangi khas cinnamon alias kayu manis bikin dia digemari dan kerap dijadikan campuran dari berbagai masakan, baik masakan asin maupun manis. Tak cuma jadi bumbu dapur, kayu manis—apalagi jika sudah dibuat jadi teh kayu manis—punya manfaat sehat, khususnya dalam menangkal penyakit!

1 dari 3 halaman

Manfaat Teh Kayu Manis

Manfaat yang dimiliki rempah harum yang satu ini bukan sekadar mitos belaka. Ada banyak bukti ilmiah yang menegaskan bahwa kayu manis punya manfaat sehat sekaligus melindungi Anda dari serangan penyakit. Manfaat tersebut adalah:

  • Tinggi Antioksidan

Teh kayu manis mengandung antioksidan tinggi, dalam hal ini polifenol. Senyawa ini mampu melawan stres oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas. Itu artinya, minuman ini juga dapat mengurangi risiko penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes

  • Mengatasi PCOS

PCOS adalah sindrom atau kumpulan gejala yang menyerang indung telur (ovarium), sehingga mengganggu proses pelepasan sel telur (ovulasi). Kondisi ini membuat sel-sel telur pada wanita tidak bisa membesar dan proses ovulasi terganggu.

Artikel lainnya: Manfaat Kayu Manis untuk Penderita Diabetes Mellitus

Gejala utama yang ditimbulkan berupa haid yang tidak teratur dan karena sulit menentukan waktu subur. Ujung-ujungnya, si penderita akan sulit hamil.

Kabar baiknya, mengonsumsi kayu manis dapat membantu mengoptimalkan siklus haid pada penderita PCOS. Bahkan, kayu manis juga dapat menurunkan kadar anti-mullerian hormone (AMH), yaitu salah satu hormon yang bertanggung jawab atas kondisi PCOS.

Klaim melegakan tersebut merupakan sebuah hasil penelitian dari Amerika dan juga Indonesia (RSCM Kencana).

  • Menurunkan Berat Badan

Jangan siksa diri dengan diet ekstrem. Sembari mengatur kalori harian dan berolahraga, cobalah minum teh kayu manis setiap hari jika ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, kayu manis dapat menurunkan kadar lemak di lingkar pinggang.

Sepertinya rempah yang satu ini memang bisa dijadikan sahabat kaum hawa. Sebab, kayu manis dapat mengurangi gejala nyeri dan kram sebelum dan saat haid berlangsung!

Bonusnya lagi, volume darah haid dan rasa mual pun menghilang bila Anda mengonsumsi teh kayu manis secara teratur. 

  • Melawan Bakteri dan Jamur

Kandungan cinnamaldehyde dalam kayu manis mampu mencegah pertumbuhan beberapa jenis bakteri dan jamur.

Untuk itulah, terkadang kayu manis digunakan untuk membantu mengurangi bau mulut dan mengatasi kerusakan gigi. 

Artikel lainnya: 5 Asupan Ini Bisa Bikin Anda Tidur Nyenyak

  • Menjaga Kadar Gula Darah 

Bila ingin menaikkan efektivitas kerja insulin di dalam tubuh serta menjaga kadar gula darah, minum teh kayu manis bisa dijadikan solusi.

Ya, kayu manis bisa memperlambat pemecahan karbohidrat dalam usus dan mencegah kadar gula darah meningkat drastis setelah makan!

  • Mengatasi Peradangan dan Gangguan Kesehatan Lainnya

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, kayu manis sudah lama digunakan sebagai obat tradisional.

Antara lain mengobati radang sendi, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, menyeimbangkan hormon, serta meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin. 

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Teh Kayu Manis

Anda tertarik mendapatkan manfaat teh kayu manis? Buat saja sendiri di rumah! Caranya tergolong sederhana dan mudah kok. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tuang sekitar 4 gelas air ke dalam panci (ini untuk 3 cangkir teh).
  • Rebus air hingga mendidih. 
  • Jika sudah mendidih, masukkan beberapa batang kayu manis ke dalam air tersebut. Tunggu hingga air sedikit berkurang.
  • Selain memasukkan kayu manis ke dalam air mendidih, ada juga yang hanya memasukkannya saat air sudah dituang ke dalam cangkir. 
  • Tuang hasil rebusan ke dalam cangkir dan masukkan pula kayu manis. 
  • Diamkan selama beberapa menit. Jangan lupa cangkir ditutup.
  • Setelah itu, barulah Anda memasukkan kantong teh dan madu sebagai pemanis. Aduk menggunakan batang kayu manis. 

Itulah beragam manfaat teh kayu manis bagi tubuh Anda. Akan tetapi, jangan jadikan teh ini pengobatan utama mengatasi suatu penyakit, ya.  Anda tetap dianjurkan untuk menghubungi dokter saat jatuh sakit. Ketahui lebih banyak bahan herbal untuk kesehatan hanya di aplikasi KlikDokter.  

[HNS/RPA]

3 Komentar