Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perhatikan Ini Saat Memilih Produk Perawatan Kulit si Kecil

Perhatikan Ini Saat Memilih Produk Perawatan Kulit si Kecil

Struktur kulit si Kecil belum berkembang sempurna. Itu sebabnya, mereka membutuhkan perawatan kulit yang khusus. Bagaimana cara memilihnya?

Bayi dan anak bukanlah miniatur orang dewasa. Berbeda dengan orang dewasa, sebagian besar organ tubuh mereka masih dalam masa perkembangan, termasuk kulitnya. Ada sejumlah struktur kulit yang masih belum berkembang sempurna pada si Kecil. Ini membuat mereka membutuhkan perawatan kulit khusus.

Mengapa si Kecil Perlu Perawatan Kulit?

Kulit bayi dan anak-anak perlu dirawat karena berisiko mengalami iritasi atau alergi karena beberapa sebab, yaitu:

  • Kulit si Kecil cepat menyerap air, tetapi cepat pula kehilangan air. Ini membuatnya lebih mudah kering, terutama setelah mandi.
  • Kulit bayi masih memiliki faktor pelembap alami (natural moisturizing factor/NMF) yang rendah sehingga kelembapan kulit pun relatif rendah.
  • Lapisan-lapisan kulit si Kecil lebih tipis dibandingkan dengan orang dewasa. Selubung asam yang melapisi kulit dan bertugas menjaga minyak alami kulit serta melindungi dari infeksi pun belum sepenuhnya terbentuk. Hal ini membuat kulit bayi mudah kering, iritasi, hingga terkena infeksi.

Tak hanya itu, kulit si Kecil juga sensitif terhadap sinar matahari karena sel melanosit, yang berfungsi melindungi dari paparan sinar ultraviolet, masih belum sempurna. Akibatnya, kulit mereka lebih berisiko mengalami kerusakan sel akibat sinar matahari dan dapat berkembang menjadi kanker kulit di kemudian hari.

Perhatikan Ini untuk Perawatan Kulit si Kecil

Berbagai faktor di atas membuat kulit si Kecil rentan mengalami masalah, mulai dari kulit kering, iritasi, alergi, ruam kemerahan, dan infeksi. Meskipun demikian, memilih produk perawatan kulit buat si Kecil juga tidak boleh sembarangan.

Hal-hal berikut perlu Anda perhatikan:

  • Pilih sabun yang aman

Air saja tidak cukup untuk membersihkan tubuh si Kecil, apalagi bila dia sudah mulai merangkak, berjalan, atau bahkan bermain di luar rumah. Anda perlu membersihkan tubuhnya menggunakan sabun untuk memastikan kotoran dan kuman pembawa tak menempel terus di tubuh kecilnya.

  • Pastikan Anda memilih sabun khusus anak yang diformulasikan sesuai dengan kondisi kulit si Kecil yang unik dan masih dalam masa perkembangan. Pilihlah sabun yang bersifat melembapkan, lembut, dengan tingkat keasaman yang sesuai dengan kulit anak.
  • Tingkat keasaman (pH) ini penting, terutama bagi bayi baru lahir. Untuk bayi, pilih sabun dengan pH 5.5 atau sedikit asam untuk melindungi kulitnya. Untuk usia yang lebih besar, Anda dapat menggunakan sabun dengan pH netral.
  • Mandikan anak dengan benar

Frekuensi memandikan anak bergantung pada usia dan aktivitasnya sehari-hari. Bayi baru lahir tak perlu mandi sesering orang dewasa, satu kali sehari sudah cukup. Sementara, untuk balita atau anak yang lebih besar, terutama yang sudah aktif bermain di luar ruangan, Anda perlu mandikan dua kali sehari.

Anda boleh menggunakan air hangat dengan suhu sama dengan suhu tubuh atau sedikit di atasnya, yaitu 370C – 380C selama 10-15 menit. Jangan memandikan si Kecil terlalu lama karena itu akan membuat kulitnya semakin kering.

  • Gunakan pelembap

Kegiatan mandi menggunakan sabun akan mengangkat kotoran, kuman, serta minyak alami dari kulit. Hal ini akan membuat kulit si Kecil menjadi kering. Karena itu, setelah mandi dan mengeringkan tubuh, segera pakai pelembap ke seluruh tubuh bayi.

Pilihlah pelembap khusus si Kecil yang berfungsi untuk menahan air dan menjaga kelembapan kulit.

  • Menggunakan bedak yang tepat

Ini adalah salah satu hal yang penting diperhatikan. Pilihlah bedak yang selembut sentuhan ibu serta aman untuk menghindari iritasi, biang keringat, dan kulit kering. Nah, Zwitsal Liquid Powder adalah pilihan yang tepat.

Bedak cair Zwitsal baik digunakan untuk bayi dan anak serta diformulasikan dengan lembut untuk membantu menyerap keringat, terutama pada lipatan kulit. Zwitsal Liquid Powder juga aman untuk si Kecil karena sudah teruji hypoallergenic dan dermatologically tested dan memiliki pH netral.

Bedak cair ini baik digunakan sehabis mandi, setelah berkeringat, atau kapan pun diperlukan. Anda tinggal menuangkannya pada telapak tangan, lalu mengusapkannya pada tubuh si Kecil, seperti punggung, leher, dan lipatan paha.

  • Perlindungan dari sinar matahari

Tinggal di negara dengan curah sinar matahari yang berlimpah membuat Anda dan si Kecil wajib melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Cara pertama dan terbaik adalah menggunakan pelindung seperti topi dan pakaian yang tertutup.

Bahan katun lebih dianjurkan karena sifatnya dingin dan melindungi dari sinar matahari. Untuk bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian, Anda boleh menggunakan tabir surya khusus si Kecil dengan SPF minimal 15.

Di sisi lain, berhati-hatilah saat mengoleskan tabir surya di sekitar wajah dan hindari area mata.

Kulit si Kecil memang berbeda dan cenderung lebih sensitif. Oleh karena itu, mereka memerlukan perawatan kulit yang khusus pula. Yuk, rawat dan jaga kesehatan kulit si Kecil dengan Zwitsal Liquid Powder yang selembut sentuhan ibu.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar