Kesehatan Anak

Cara Tepat Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat pada Anak

dr. Sepriani Timurtini, 03 Okt 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sering muncul biang keringat di tubuh si Kecil? Jangan buru-buru khawatir! Ini cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi biang keringat pada anak.

Cara Tepat Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat pada Anak

Biang keringat adalah suatu kelainan kulit akibat tersumbatnya kelenjar keringat. Kondisi ini akan menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah dan gatal pada kulit.

Biang keringat lebih sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Ini karena pori-pori kulit anak yang lebih kecil dibanding orang dewasa dan kelenjar keringat mereka belum bekerja dengan sempurna.

Penyebab biang keringat bermacam-macam. Misalnya saja suhu panas, kebersihan tubuh anak yang kurang higienis, anak menggunakan bahan pakaian yang tidak menyerap keringat, dan masih banyak lagi.

Meski kondisi ini umum terjadi, bukan berarti Mama dan Papa harus diam saja jika anak mengalaminya. Intip cara mengatasi biang keringat pada anak dalam artikel berikut!

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Anak 

Apabila biang keringat pada anak sudah terjadi, orang tua tidak perlu khawatir berlebihan.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan biang keringat pada anak yang bisa diterapkan:

1. Kompres Air Dingin

Kompres area ruam biang keringat di tubuh anak dengan air dingin dan kain yang telah dibasahi selama kurang lebih 15-20 menit.

2. Oleskan Losion Calamin

Orang tua bisa memberikan losion yang mengandung calamin di area tubuh anak yang terdapat biang keringat.

Tujuan dari penggunaan losion calamin adalah untuk mengurangi rasa gatal, perih, atau iritasi sehingga anak akan tetap nyaman.

Artikel Lainnya: Si Kecil Alergi Debu, Harus Bagaimana?

3. Minum Air Putih yang Cukup

Untuk mengatasi biang keringat pada anak, cara ini juga penting. Pastikan si Kecil tetap minum air putih secara rutin dan teratur.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang hanya akan memperparah keluhan biang keringat pada anak.

4. Gunakan Pakaian Longgar

Pastikan anak memakai pakaian yang nyaman, menyerap keringat, dan sedikit lebih longgar. Hal ini akan mencegah biang keringat semakin bertambah. 

5. Mandi dengan Air Biasa 

Cara ini perlu diperhatikan untuk menghilangkan biang keringat pada anak. Mandikan si Kecil dengan air biasa, bukan dengan air hangat ataupun air dingin.

Saat biang keringat terjadi, bukan berarti anak tak boleh mandi. Justru mandi—terutama dengan air suhu biasa—akan membuat gatal berkurang dan anak merasa lebih nyaman. 

6. Pastikan Ruangan Sejuk 

Menciptakan ruangan yang sejuk bisa menjadi cara mengatasi biang keringat pada anak. Karena itu, orang tua dapat mengusahakan agar ruangan tempat anak berada tetap adem.

Bila perlu, Mama dan Papa dapat menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin. Hal ini akan mengurangi rasa panas dan timbulnya keringat yang menjadi salah satu penyebab biang keringat.

7. Bebaskan Kulit Anak dari Oklusi

Beberapa benda seperti perban dan plester bisa menutup kulit anak (oklusi), sehingga mudah menutup saluran keringat dan menjadi biang keringat. Itu sebabnya, pastikan anak bebas dari benda-benda yang dapat menjadi oklusi tersebut. 

8. Pemberian Obat Antihistamin 

Antihistamin adalah salah satu obat biang keringat yang bisa diberikan untuk anak. Obat ini dikenal mampu meredakan rasa gatal dan kemerahan di kulit.

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Kutil di Tubuh Anak

Tips Mencegah Biang Keringat pada Anak 

Ilustrasi Belikan Pakaian yang Bahannya Nyaman

Biang keringat bukanlah kondisi berbahaya dan bisa reda dalam beberapa hari. Namun, tetap penting bagi orang tua untuk mencegah biang keringat pada anak. Berikut tipsnya. 

1. Hindari Paparan Suhu Panas

Apabila suhu udara di luar sangat panas, cari tempat untuk berteduh supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Penggunaan payung atau topi juga bisa dilakukan untuk mengurangi paparan sinar matahari pada tubuh bayi.

2. Sirkulasi Udara yang Baik 

Cara mencegah biang keringat pada anak salah satunya adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara di rumah. Gunakanlah pendingin ruangan saat matahari di luar sedang terik-teriknya.

Apabila di rumah tidak ada pendingin ruangan, bukalah jendela beberapa saat agar sirkulasi udara optimal sehingga ruangan terasa lebih sejuk.

3. Gunakan Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat 

Berikan si Kecil pakaian dengan bahan yang gampang menyerap keringat, seperti katun. Hal ini bisa mencegah terjadinya biang keringat.

Selain itu, pastikan pula si Kecil mengenakan pakaian yang agak longgar untuk membuatnya kulitnya ‘bernapas’.  

Artikel Lainnya: Kulit si Kecil Kering? Lakukan Ini untuk Mengatasinya

4. Segera Ganti Pakaian yang Basah Karena Keringat 

Apabila anak berkeringat, segera ganti pakaiannya, lalu basuh tubuhnya dengan air atau kain basah yang sejuk.

Cara ini dilakukan agar kelembapan tubuh si Kecil tetap optimal, sehingga risiko terjadinya biang keringat bisa dihindari.

5. Hindari Menggendong Anak Terlalu Lama 

Semakin sering si Kecil digendong, semakin besar pula risiko terjadinya biang keringat. 

Perlu orang tua ketahui, sering menggendong anak akan mengganggu kelembapan tubuhnya akibat terkena suhu tubuh ibu dan suhu udara dari luar.

Jadi, hindari menggendong si Kecil terlalu lama untuk mencegah kondisi ini menimpa.

Itu dia cara mengatasi biang keringat pada anak dan tips untuk mencegahnya. Bila upaya tersebut tidak berhasil atau kondisi yang terjadi disertai infeksi sekunder, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. 

Bila perlu, Mama dan Papa bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Konsultasi lebih mudah melalui layanan Tanya Dokter di KlikDokter. Yuk, #JagaSehatmu dan keluarga selalu!

[WA]

Biang Keringat

Konsultasi Dokter Terkait