Sukses

Hati-Hati, Sering Eyelash Extension Picu Kutu Bulu Mata

Eyelash extension kian marak di kalangan wanita demi memiliki bulu mata memikat. Namun, kalau penggunaannya terlalu sering, bisa picu kutu bulu mata. Kok bisa?

Agar terlihat lebih ‘hidup’, riasan mata selalu menjadi andalan setiap wanita. Namun, kalau tiap pergi harus repot memakai bulu mata palsu atau maskara, pasti cukup menguras waktu! Eyelash extension akhirnya jadi solusi.  

Kini, metode ekstension bulu mata sering menjadi pilihan utama bagi para wanita karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Bulu mata dapat langsung terlihat cantik, bahkan saat baru bangun tidur.

Namun, banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin menyambung bulu mata. Bila terlalu sering dan tidak hati-hati, dapat memicu munculnya kutu bulu mata.

Bukannya memperoleh bulu mata yang indah, justru malah mengalami kerontokan hingga kebotakan pada bulu mata. Anda tentu tidak mau mengalaminya, bukan?

Artikel lainnya: Bulu Mata Tumbuh ke Dalam, Pertanda Apa?

1 dari 3 halaman

Kepopuleran Eyelash Extension

Wanita biasanya berusaha memerhatikan penampilannya di tengah padatnya jadwal sehari-hari. Hal ini yang menyebabkan eyelash extension begitu populer.

Metode yang digunakan adalah menempelkan satu atau beberapa helai bulu mata palsu di atas bulu mata asli seseorang. Dengan begitu, bulu mata akan terlihat lebih panjang, tebal, dan lentik.

Namun, tidak semua orang dapat memperoleh hasil yang sesuai ekspektasi. Pada beberapa orang yang memiliki riwayat alergi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan menyambung bulu mata.

Karena, seringkali ada wanita yang alergi terhadap lem bulu mata yang digunakan saat memasang bulu mata. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada kelopak mata.

Selain itu, bagi yang batang bulu matanya tidak begitu kuat dapat berisiko mengalami kerontokan. Sebab, bulu mata asli harus menopang bulu mata palsu yang berat.

Wanita yang menggunakan eyelash extension juga sering merasa kesulitan dalam membersihkan daerah sekitar mata. Hal ini dapat memicu timbulnya berbagai infeksi, termasuk kutu bulu mata.

2 dari 3 halaman

Eyelash Extension dan Kutu Bulu Mata

Mengapa menyambung bulu mata bisa memicu munculnya kutu bulu mata? Saat menggunakan ekstension bulu mata, kadang sulit untuk membersihkan bulu mata dengan baik. Kotoran pun tidak terangkat sempurna.

Artikel lainnya: Extension Bulu Mata Jadi Penyebab Bulu Mata Rontok? Ini Faktanya

Selain itu, semakin sering dibersihkan, maka bulu mata palsu dapat lebih cepat lepas. Tidak sedikit wanita lebih ‘sayang’ dengan eyelash extension dibanding dengan kebersihan dan kesehatan matanya.

Padahal, penumpukan lemak di daerah sekitar bulu mata dapat menjadi ‘sarang’ bakteri dan kutu bulu mata. Semakin kotor, kutu bulu mata dapat tumbuh dengan cepat!

Karena ukurannya yang sangat kecil, kutu bulu mata tidak dapat terlihat dengan kasat mata. Harus menggunakan mikroskop dengan pembesaran tertentu untuk dapat melihatnya.

Tidak terdapat gejala yang berarti ketika kutu bulu mata pertama muncul. Namun jika tidak ditangani, kutu dapat berkembang biak semakin banyak dan menimbulkan keluhan seperti peradangan kelopak mata (blefaritis).

Selain itu, ada konsekuensi lain bila peradangan dibiarkan sampai cukup berat. Dilansir dari premierhealth.com, hal ini dapat menyebabkan kerontokan dan berujung pada kebotakan bulu mata.

Kalau Anda ingin menyambung bulu mata, jangan terlalu sering dan perhatikan dengan baik kebersihan bulu mata. Sehingga, terhindar dari berbagai infeksi termasuk kutu bulu mata.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan eyelash extension, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, khususnya bagi Anda yang punya alergi. Ingin konsultasi lebih mudah? Gunakan layanan Tanya Dokter dari KlikDokter!

(FR/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar