Relationship

Tips Menghindari Cemburu Berlebihan dengan Mantan Pacar Pasangan

dr. Nabila Viera Yovita, 06 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cemburu memang bumbu, tapi kalau sampai jadi curiga terus, apa normal? Daripada bertengkar, ini cara agar tidak cemburu berlebihan dengan masa lalu pasangan.

Tips Menghindari Cemburu Berlebihan dengan Mantan Pacar Pasangan

Dalam suatu hubungan romantis tentu akan ada kecemburuan. Hal ini normal, terutama ketika khawatir pasangan akan tertarik terhadap orang lain.

Namun, bagaimana dengan rasa tidak nyaman pada masa lalu pasangan? Ternyata ini dikenal dengan retroactive jealousy atau kecemburuan retroaktif.

Kondisi tersebut menggambarkan kecemburuan dengan masa lalu pacar. Meski sering ditemukan, kecemburuan retroaktif tidak selalu memicu masalah.

Meski begitu, Anda tetap tidak bisa membiarkan rasa cemburu ini menguasai pikiran dan perasaan Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti guna mengatasi rasa cemburu berlebih dengan mantannya pacar.

1. Menerima dan Melakukan Validasi Terhadap Perasaan Anda

Langkah pertama adalah mengakui dan menerima bahwa Anda memang cemburu (meski ini tidak nyaman buat Anda). Ingat, kecemburuan adalah suatu emosi yang valid dan normal. 

Mengalami kecemburuan retroaktif tidak membuat Anda menjadi orang yang jahat.

Hanya saja, cemburu dengan masa lalu pacar terus-menerus akan memicu khawatir berlebihan, yang tentunya bisa berdampak negatif. 

2. Tempatkan Diri Anda di Posisi Pasangan

Ingatlah, bukan hanya pasangan, Anda juga memiliki masa lalu dengan pasangan lama.

Bagaimana perasaan Anda terhadap mereka saat ini? Bila tidak ada masalah, pasangan Anda saat ini pun kemungkinan merasakan hal yang sama dengan Anda.

Ia memilih untuk menetap bersama Anda dan tidak memandang hubungan di masa lalu lagi.

3. Stop Mencari Tahu Berlebih Tentang Masa Lalu Pasangan

Salah satu cara agar tidak cemburu dengan masa lalu pasangan adalah berhenti untuk kepo lebih dalam.

Ingat, pasangan Anda punya hak untuk tidak membahas dan mengingatnya lagi, jadi hargai pula privasinya.

Tergoda untuk melihat komen lama di media sosial pasangan dari mantan pasangannya merupakan hal wajar.

Kendati begitu, bila Anda mengulik lebih jauh, itu berarti Anda mencari masalah untuk diri sendiri dan ini tidak sehat.

Anda juga disarankan untuk tidak menyindir atau mempertanyakan hal-hal yang berbau masa lalu. Ini tentu bisa membuat pasangan Anda tidak nyaman. 

Artikel Lainnya: Deretan Sikap Wanita yang Bisa Membuat Pria Stres

4. Bicarakan dengan Pasangan

Cara lainnya agar Anda tidak cemburu dengan mantan pacar pasangan adalah dengan berkomunikasi secara terbuka. Terutama bila Anda memiliki perasaan tak nyaman.

Keingintahuan terkait mantan pacar pasangan dan pengalaman yang telah dilalui adalah hal yang alami. Berdiskusi tentangnya adalah cara yang baik untuk mengetahui dan memahami pasangan.

Komunikasi terbuka juga bisa meyakinkan diri Anda bahwa hubungan Anda dengan pasangan sebetulnya baik-baik saja. 

5. Jangan Membanding-bandingkan

Agar cemburu tidak sampai bikin lupa diri, sebaiknya dilarang saling membanding-bandingkan. Ini karena setiap orang punya kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Apabila pasangan tidak pernah membandingkan, Anda yang insecure sendiri, ini justru membuat pasangan jadi bingung nantinya. Bahkan rasa insecure tanpa sebab sering memicu pertengkaran antar pasangan.

Akan tetapi, beda halnya bila kasusnya si dia masih suka membanding-bandingkan. Bohong rasanya bila tak muncul rasa jealous, kan?

Nah, agar hubungan adem ayem terhindar dari konflik, kuncinya semua hal harus dikomunikasikan. Katakan saja hal apa yang membuat Anda tidak nyaman, hal mana saja yang membuat tidak suka atau merasa cemburu.

Apabila sudah dibicarakan tetapi batasan-batasan tetap dilanggar, maka, di sini bukan Anda yang bermasalah, melainkan si dia.

Artikel Lainnya: Penyebab Pria Mudah Kangen dengan Mantan

6. Fokus pada Keunggulan Diri Anda

Ketika suatu saat perasaan cemburu muncul kembali, meski tak ada pemicu khusus, cobalah untuk menenangkan diri. Anda bisa melakukan trik relaksasi sederhana dengan menarik napas dalam-dalam dan alihkan dengan kegiatan yang lain.

Hindari mendengarkan lagu atau konten bacaan yang bisa jadi “kompor” dalam hubungan, misalnya yang berbau soal mantan atau lagu soal perselingkuhan.

Selain itu, untuk menekankan pada diri sendiri bahwa Anda juga berharga. Pasalnya, tentu ada alasan yang kuat mengapa si dia memilih Anda sebagai pendampingnya sekarang.

Percaya diri merupakan salah satu cara penting agar Anda tidak gampang cemburuan dengan masa lalu pacar.

7. Berteman dengan Mantan dan Sahabat-sahabatnya

Rasa cemburu juga muncul karena asumsi. Daripada terus negative thinking, coba jangan tolak tawaran bila si dia mengajak Anda untuk masuk ke dunianya. Ketika sudah mengenal lebih dekat dunianya, biasanya rasa cemburu berlebih akan memudar.

Bila perlu, bertemanlah dengan teman-teman atau mantan pacarnya. Sebagai informasi tambahan, berteman dengan mantannya pacar kita itu ada untungnya, lho. Kita jadi tahu beberapa hal yang tidak diberitahu oleh si pasangan, sehingga kita sudah menyiapkan diri dari jauh-jauh sebelumnya.

8. Dapatkan Bantuan Profesional

Apabila Anda masih kerap cemburu dengan mantannya pacar, berkonsultasi kepada terapis adalah pilihan yang baik.

Terapis seperti psikolog mampu membantu rasa cemburu berlebihan, yang bisa berujung pada kecemasan atau depresi.

Memiliki rasa cemburu dengan masa lalu pasangan merupakan hal yang wajar. Namun, cara Anda menangani perasaan ini dapat berdampak besar pada hubungan Anda dengan pasangan.

Tumbuhkan rasa percaya dan perbaiki cara berkomunikasi, karena itu merupakan kunci utama jika ingin hubungan yang awet.

Bila membutuhkan konsultasi dengan psikolog, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter.

[WA]

RelationshipGangguan Kecemasan

Konsultasi Dokter Terkait