Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Agar Hangover Tak Parah, Ini Makanan Dikonsumsi Sebelum Minum Alkohol

Agar Hangover Tak Parah, Ini Makanan Dikonsumsi Sebelum Minum Alkohol

Ada beberapa makanan yang baik Anda konsumsi sebelum minum alkohol agar tidak mabuk dan hangover terlalu parah. Apa saja? Cek di sini.

Bukan cuma karena tak terbiasa minum banyak, hangover atau mabuk berat bisa disebabkan oleh perut kosong saat meneguk minuman beralkohol.

Agar efek mabuk yang dirasakan tak terlalu ekstrem, ketahui makanan sebelum minum alkohol yang direkomendasikan.

Tak sembarang makanan, asupan yang dianjurkan sebelum minum alkohol memiliki nilai gizi yang baik. Bahkan, mampu mengurangi kadar alkohol yang melewati usus kecil, sehingga membuat alkohol terserap lebih lambat.

Berikut adalah beberapa makanan sebelum minum alkohol yang baik dikonsumsi.

 

1 dari 6 halaman

1. Telur

Telur amat bergizi sekaligus mengenyangkan. Asupan ini mengemas sekitar 7 gram protein dalam setiap 56 gram telur.

Konsumsi asupan tinggi protein, termasuk telur, sebelum konsumsi alkohol bisa bantu memperlambat pengosongan di perut serta memperpanjang waktu penyerapan alkohol.

Terlebih, protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan. Anda akan kenyang lebih lama, sekaligus bisa mengurangi risiko makan berlebihan akibat alkohol.

Artikel Lainnya: Bahaya Minum Alkohol bagi Kesehatan Tubuh Anda

2. Oat

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition mengatakan, oat dapat memperbaiki fungsi organ hati. Alkohol sendiri dapat merusak fungsi hati.

Makanan berserat dan mengandung kalsium, vitamin B6, serta zat besi seperti oat mampu melindungi organ vital sebelum “diguyur” oleh minuman beralkohol.

Selain baik untuk organ hati, oat juga makanan yang sangat baik untuk organ jantung. Cara mengolahnya pun mudah dan bisa dicampurkan dengan berbagai jenis makanan.

2 dari 6 halaman

3. Pisang

Dengan kandungan 4 gr (gram) serat dalam setiap buah ukuran besar, pisang merupakan pilihan yang baik sebelum minum alkohol. Buah berwarna kuning ini bisa bantu memperlambat penyerapan minuman alkohol ke darah.

Terlebih, pisang tinggi akan potasium, yang dapat menghindari ketidakseimbangan elektrolit terkait konsumsi alkohol berlebihan. Terdiri dari sekitar 75 persen air, buah pisang bisa membantu hidrasi tubuh Anda.

4. Salmon

Makanan berikutnya yang cocok untuk dikonsumsi sebelum mabuk alkohol adalah ikan salmon. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3. Zat tersebut mampu mengurangi peradangan pada otak akibat alkohol.

Sama dengan telur, salmon juga merupakan sumber protein tinggi. Siapa saja yang menyantapnya sebelum minum alkohol akan merasakan efek kenyang lebih lama.

Penyerapan alkohol ke dalam darah juga jadi lebih lambat karena perut tak cepat kosong.

3 dari 6 halaman

5. Yoghurt

Menawarkan keseimbangan sempurna antara protein, lemak, dan karbohidrat, yoghurt Yunani tanpa pemanis adalah salah satu makanan terbaik sebelum minum alkohol.

Protein sangat penting karena dicerna dengan lambat dan dapat meminimalkan efek alkohol pada tubuh Anda dengan memperlambat penyerapannya.

Cobalah yoghurt Yunani tanpa pemanis dengan buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian sebagai camilan sebelum menghabiskan malam dengan alkohol.

Artikel Lainnya: Kedinginan karena Hujan dan Banjir, Jangan Minum Bir!

6. Kacang Kenari

Kandungan antioksidan yang dikandung kacang kenari juga tinggi. Omega-6 dan 3 di dalamnya juga bisa berfungsi untuk meredakan peradangan pada hati.

Para praktisi kesehatan menambahkan, baik kacang kenari maupun kacang almond memiliki kandungan protein yang tinggi. Organ hati pun lebih sehat dan tubuh dapat bekerja lebih maksimal.

4 dari 6 halaman

7. Melon dan Semangka

Melon dan semangka sangat kaya akan air dan dapat mencegah dehidrasi saat konsumsi alkohol. Semangka terdiri dari sekitar 92 persen air, sedangkan melon terdiri dari sekitar 90 persen air.

Buah-buahan ini juga kaya akan elektrolit penting, seperti potassium yang dapat dengan cepat terkuras karena konsumsi alkohol berlebih. Meskipun berupa cairan, minuman beralkohol bisa membuat Anda kehilangan cairan alami tubuh.

8. Alpukat

Kaya akan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, alpukat adalah salah satu makanan sebelum minum alkohol.

Lemak sejatinya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada protein atau karbohidrat. Efeknya, penyerapan alkohol ke dalam aliran darah bisa diperlambat.

Terlebih, alpukat tinggi potasium untuk membantu menyeimbangkan elektrolit. Setengah buah alpukat bisa menyediakan 7 persen dari kebutuhan potasium harian.

5 dari 6 halaman

9. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu sumber potasium yang baik untuk bantu menyeimbangkan kadar elektrolit Ketika konsumsi alkohol.

Karbohidrat kompleks ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga bermanfaat untuk mengurangi dampak alkohol pada tubuh.

Artikel Lainnya: Tingkat Alkohol dan Tembaga dalam Tubuh

Menurut satu studi pada 10 orang, makan ubi jalar rebus meminimalkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah. Hal tersebut berpotensi mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebihan akibat minum alkohol.

Cobalah menyiapkan kentang goreng untuk camilan atau lauk ringan sebelum pergi keluar. Cukup potong ubi jalar menjadi irisan, aduk dengan minyak zaitun dan rempah-rempah, dan panggang 20–25 menit pada suhu 425 °F (220 °C).

Anda kini sudah tahu asupan agar tidak mabuk saat minum alkohol. Meskipun sudah makan “penawar”-nya, bukan berarti Anda bisa minum alkohol secara berlebihan, ya!

Terlalu banyak dan sering minum alkohol tetaplah tidak baik untuk kesehatan. Penyalahgunaan dan kecanduan alkohol terkait dengan efek negatif yang parah bagi kesehatan fisik serta mental.

Dapatkan informasi lainnya seputar tips sebelum minum alkohol lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar