Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Agar Hangover Tak Parah, Ini Makanan Dikonsumsi Sebelum Minum Alkohol

Agar Hangover Tak Parah, Ini Makanan Dikonsumsi Sebelum Minum Alkohol

Sangat penting untuk mengisi perut sebelum minum alkohol! Berikut ini ada sederet makanan yang baik dikonsumsi sebelum minum alkohol agar efeknya tidak parah.

Bukan cuma karena tak terbiasa minum banyak, hangover atau mabuk berat bisa disebabkan oleh perut kosong saat meneguk minuman beralkohol. Nah, agar efek mabuk yang dirasakan tidak terlalu ekstrem, ketahui apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum minum alkohol.

Tak sembarang makanan, asupan yang tepat sebelum minum alkohol memiliki nilai gizi yang baik. Bahkan, mampu mengurangi kadar alkohol yang melewati usus kecil, sehingga membuat alkohol terserap lebih lambat.

1 dari 2 halaman

Makanan yang Disarankan Sebelum Minum Alkohol

Tidak sulit, beberapa makanan berikut sangat mudah ditemukan dalam keseharian Anda.

  1. Oatmeal

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition mengatakan, oat dapat memperbaiki fungsi organ hati. Alkohol sendiri dapat merusak fungsi hati.

Makanan berserat dan mengandung zat besi, vitamin B6, dan kalsium seperti oat mampu melindungi organ vital sebelum “diguyur” oleh minuman beralkohol.

Selain baik untuk organ hati, dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter mengatakan, oat juga makanan yang sangat baik untuk organ jantung. Cara mengolahnya pun mudah dan bisa dicampurkan dengan berbagai jenis makanan.

Agar lebih nikmat, Anda bisa mengonsumsi oat dengan buah-buahan dan madu. Kalau suka yang lebih gurih, bisa juga disantap dengan abon.

Artikel Lainnya: Tidak Minum Alkohol Tapi Hasil Tes Positif, Kok Bisa?

  1. Buah-Buahan

Lupakan makanan cepat saji jika hendak minum alkohol! Lebih baik makan buah karena bisa mencegah dehidrasi. Ya, meskipun berupa cairan, minuman beralkohol bisa membuat Anda kehilangan cairan alami tubuh.

Adapun beberapa jenis buah yang direkomendasikan untuk disantap, yaitu seperti berikut ini.

  • Semangka atau melon, kedua buah ini mengandung banyak air dan kalium yang tinggi.
  • Alpukat, buah yang bisa membantu menjaga keseimbangan elektrolit karena mengandung kalium. Buah ini juga jadi sumber lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Pisang, buah yang mengandung kalium tinggi dan bisa jaga keseimbangan elektrolit.
  • Buah beri, seperti blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry. Aneka beri tersebut mengandung antioksidan tinggi dan bisa mencegah stres oksidatif pada organ hati akibat alkohol.
  • Jeruk bali, buah berukuran besar ini mengandung antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan hati akibat alkohol.
  1. Telur

Bahan berprotein tinggi ini dapat diolah jadi beragam hidangan lezat. Hebatnya, makanan yang mengandung protein tinggi memang bisa memberikan efek kenyang yang tahan lama!

Efek kenyang yang lama itu disebabkan oleh lambatnya pencernaan mencerna protein. Dengan demikian, penyerapan alkohol ke darah juga akan menjadi lebih lambat karena perut tidak dalam keadaan kosong.

Selain itu, Anda pun jadi tidak minum secara berlebihan! Jika punya produk bubuk whey (whey powder) kaya protein, maka bisa juga dijadikan pilihan.

Artikel Lainnya: Ini 4 Akibat Jika Anda Minum Alkohol setelah Olahraga

  1. Ikan Salmon

Makanan berikutnya yang cocok untuk dikonsumsi sebelum mabuk alkohol adalah ikan salmon. Ikan ini kaya akan asam lemak Omega-3. Zat tersebut mampu mengurangi peradangan pada otak akibat alkohol.

Sama dengan telur, salmon juga merupakan sumber protein tinggi. Siapa saja yang menyantapnya sebelum minum alkohol akan merasakan efek kenyang lebih lama. Penyerapan alkohol ke dalam darah juga jadi lebih lambat karena perut tak cepat kosong.

  1. Kacang Kenari

Menurut kebiasaan lama orang Amerika, memakan segenggam kacang kenari sebelum minum alkohol dapat mencegah mabuk. Protein dari kacang-kacangan, termasuk kacang kenari, bisa meningkatkan fungsi organ hati.

Kandungan antioksidan yang dikandung kacang kenari juga tinggi. Selain itu, Omega-6 dan Omega-3 di dalamnya bisa berfungsi untuk meredakan peradangan pada hati.

Dokter Theresia Rina Yunita dari KlikDokter menambahkan, baik kacang kenari atau kacang almond memiliki kandungan protein yang tinggi. Sehingga, hati lebih sehat dan tubuh dapat bekerja lebih maksimal.

Itu dia makanan yang sebaiknya dikonsumsi sebelum minum minuman beralkohol. Namun, meski sudah makan “penawar”-nya, bukan berarti Anda bisa minum alkohol secara berlebihan, ya! Terlalu banyak dan sering minum alkohol memang tidak baik untuk kesehatan. Jangan ragu berkonsultasi seputar kesehatan dengan para dokter profesional lewat aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar