Sukses

Mirip Drakula, Apa Fungsi Gigi Taring yang Sebenarnya?

Pernahkah Anda berkaca dan melihat ada salah satu gigi yang bentuknya lancip mirip gigi drakula? Itu adalah gigi taring. Apa fungsinya, ya?

Manusia dikaruniai dengan satu set gigi susu yang nantinya akan digantikan dengan gigi permanen. Di antara semua gigi yang ada di mulut, salah satu yang mungkin tampak paling mencolok adalah gigi taring.

Ya, gigi taring terlihat mencolok karena memiliki bentuk yang runcing. Tidak jarang yang bahkan mengatakan bahwa bentuk gigi taring mirip dengan gigi pada drakula. Namun sebenarnya, apa sih fungsi gigi taring? Apakah benar fungsi gigi taring yang sebenarnya mirip dengan gigi drakula?

1 dari 3 halaman

Fungsi Gigi Taring

Berikut ini adalah beberapa fungsi gigi taring yang mungkin tidak Anda ketahui soal jenis gigi tersebut.

  • Merobek atau Mengoyak Makanan

Gigi taring memiliki satu akar gigi yang paling panjang di antara gigi lainnya. Fungsi utama gigi taring adalah untuk merobek atau mengoyak makanan.

Meski demikian, gigi taring tidak terlibat dalam proses penghalusan makanan di dalam mulut sebelum dikirim ke lambung.

Artikel Jalannya: Polip Pulpa, Masalah Gigi yang Tidak Boleh Diabaikan

  • Jarang Bermasalah

Dibandingkan gigi lain, gigi taring adalah yang paling jarang terkena masalah sehingga kemungkinan untuk dicabut juga rendah.

  • Tahan Kondisi Ekstrem

Gigi taring paling tahan terhadap kondisi ekstrem. Tidak heran, gigi dengan ujung runcing ini paling sering dijadikan bahan penelitian untuk proses identifikasi pada orang yang mengalami bencana atau kecelakaan.

  • Estetika

Fungsi gigi taring lainnya adalah memengaruhi nilai estetik dari wajah Anda. Hal ini utamanya dimiliki oleh gigi taring rahang atas.

Karena ukurannya besar, gigi taring yang ada di rahang atas dapat menjadi pembentuk lengkung pipi. Berkat adanya gigi ini, pipi Anda akan memiliki bentuk parabola yang sempurna.

Jika gigi taring dicabut, wajah bagian pipi Anda akan terlihat kempot. Hal ini otomatis akan membuat penampilan terlihat lebih tua.  

Artikel Jalannya: 5 Alasan Gigi Harus Dicabut

2 dari 3 halaman

Lakukan Ini untuk Merawat Gigi Taring

Meski paling kuat dan kebal terhadap kondisi ekstrem, gigi taring mesti tetap dirawat dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah cara merawat gigi taring yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Sikat Gigi Secara Rutin

Sikat gigi minimal dua kali sehari. Usahakan untuk menyikat gigi di depan cermin, agar sikat gigi yang Anda gunakan bisa menjangkau semua bagian gigi di dalam mulut.

  • Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Dengan ini, sikat gigi yang Anda gunakan akan tetap optimal dalam menjaga kebersihan gigi.

  • Gunakan Pasta Gigi yang Sesuai

Gunakan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi Anda. Misalnya, Anda punya gigi sensitif yang sangat mudah ngilu. Maka, Anda perlu menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif agar keluhan tidak melulu kambuh.

Penggunaan pasta gigi yang disesuaikan dengan kondisi gigi dan kesehatan masing-masing terbukti lebih optimal dalam menjaga kelangsungan fungsi gigi taring dan anggota rongga mulut lainnya.

  • Periksa ke Dokter Gigi

Anda disarankan untuk periksa ke dokter gigi, minimal enam bulan sekali, sekalipun tidak merasakan adanya masalah pada gigi dan mulut.

Periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali penting untuk memastikan bahwa gigi dan mulut Anda sepenuhnya sehat dan bebas dari risiko penyakit. Kalaupun ditemukan adanya masalah, pengobatan sejak dini bisa diberikan sehingga komplikasi dapat dihindari.

Jaga fungsi gigi taring dan anggota rongga mulut lainnya dengan menerapkan tips di atas dengan saksama. Jika dalam proses menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda menemukan suatu masalah yang berarti, segeralah berobat ke dokter gigi.

Apabila Anda ingin lebih tahu tentang fungsi gigi taring atau anggota rongga mulut lainnya, jangan sungkan untuk bertanya dengan dokter gigi dari KlikDokter di sini.

(NB/AYU)

1 Komentar