Kesehatan Umum

Lakukan Hal Ini Jika Anda Sering Terbangun di Tengah Malam

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, 10 Jan 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kurang tidur karena terbangun di tengah malam sangat mengganggu aktivitas. Agar dapat kembali pulas, lakukan hal berikut agar kualitas tidur tetap terjaga.

Lakukan Hal Ini Jika Anda Sering Terbangun di Tengah Malam

Terbangun pada tengah malam  memang menyebalkan! Rasanya sulit sekali untuk kembali tidur karena mata dan pikiran terjaga semalaman. Keadaan ini memang menjadi salah satu keluhan yang sering membuat kita lelah dan tidak bugar keesokan harinya.

Namun, sebenarnya terbangun di tengah malam bisa jadi bagian dari siklus tidur yang wajar. Meski begitu, sebagian orang sulit untuk kembali tertidur setelah terbangun di tengah malam. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan, kok!

Tips Kembali Tidur Setelah Terbangun di Malam Hari

Agar tidak uring-uringan semalam suntuk, coba lakukan hal-hal di bawah ini bila Anda terbangun pada malam hari.

  1. Matikan Lampu Kamar pada Malam Hari

Tubuh memiliki irama biologis yang dinamakan irama sirkadian. Irama ini secara otomatis akan mengatur agar Anda mengantuk dan beristirahat pada malam hari, lalu terbangun dalam keadaan segar pada pagi hari.

Agar irama biologis tersebut berjalan dengan baik, Anda harus berada dalam kondisi ruangan yang gelap pada malam hari dan terang pagi hingga siang hari. Jadi, coba biasakan tidur dengan mematikan lampu.

Artikel Lainnya: Sering Terbangun Tengah Malam, Normalkah?

  1. Jangan Lakukan Aktivitas Lain di Tempat Tidur Selain Tidur

Terkadang, berbagai aktivitas terasa lebih nyaman bila dilakukan di tempat tidur. Misalnya, membaca buku atau menonton acara di televisi atau laptop. Namun, hal ini sebaiknya jangan dilakukan.

Biasakan untuk menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur saja. Tujuannya adalah untuk melatih tubuh untuk tidur saat Anda mulai terbaring di tempat tidur.

  1. Hindari Melihat Gawai saat Terbangun di Tengah Malam

Memeriksa notifikasi di gawai dari e-mail atau media sosial sepertinya sudah menjadi sebuah candu bagi banyak orang. Hal ini sering dilakukan, tak terkecuali saat terbangun di tengah malam. Kebiasaan ini sebaiknya jangan dilakukan lagi.

Artikel Lainnya: Sering Terbangun Saat Tidur, Tanda Alzheimer?

Jauhkan gawai dari tempat tidur. Sinar biru yang dipancarkan oleh alat tersebut cenderung membuat Anda terjaga dan sulit untuk tertidur.

  1. Buat Kamar dan Tempat Tidur Terasa Nyaman

Salah satu penyebab terbangun di tengah malam adalah karena ruangan atau tempat tidur terasa tidak nyaman. Misalnya, suhu ruangan yang terlalu hangat, atau tempat tidur yang tidak ergonomis.

Dua faktor ini bisa menyebabkan Anda sulit untuk tertidur kembali. Jika ini yang terjadi, coba atur suhu kamar pada suhu 25-26 derajat Celcius. Lalu, pilih tempat tidur yang dapat menyangga tubuh dalam posisi yang baik.

  1. Tetap Bangun pada Waktu yang Biasanya

Saat sering terbangun di malam hari, kadang Anda memilih untuk bangun lebih terlambat dari biasanya agar rasa kantuk tidak muncul saat beraktivitas. Tapi, hal ini sebenarnya keliru.

Sekalipun tidur malam tak nyenyak, biasakan untuk bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Hal ini untuk mendisiplinkan tubuh agar selalu tidur dan bangun di waktu yang teratur. Selain itu, cara ini dapat mengurangi kondisi terbangun pada tengah malam.

  1. Minum Teh atau Susu Hangat

Jika dalam 20-30 menit Anda tak bisa tidur lagi, jangan panik. Beranjaklah dari tempat tidur lalu buatlah teh atau susu hangat. Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, kedua minuman ini akan membantu tubuh lebih relaks sehingga Anda dapat tertidur kembali. Teh chamomile bisa dijadikan pilihan tepat.

Lakukan keenam kiat di atas secara rutin setiap hari untuk membiasakan tubuh memiliki disiplin tidur yang baik. Jika Anda masih sering terbangun di tengah malam, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Mungkin terdapat penyakit yang menyebabkan keluhan itu. Yuk konsultasi dengan tim dokter dari KlikDokter lewat fitur Tanya Dokter dan Live Chat, mudah dan terpercaya!

(FR/AYU)

tidur

Konsultasi Dokter Terkait