Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sudah Pakai Sunblock Kulit Tetap Gosong, Apa Penyebabnya?

Sudah Pakai Sunblock Kulit Tetap Gosong, Apa Penyebabnya?

Katanya, sunblock bisa melindungi kulit. Tapi, meski sudah memakainya, kok, kulit tetap saja gosong? Apakah ada kesalahan saat memakainya?

Hampir di setiap artikel kesehatan kulit, terdapat anjuran untuk memakai tabir surya alias sunblock sebelum keluar ruangan. Tujuannya untuk melindungi tubuh dari “jahatnya” sinar UV penyebab kulit gosong, penuaan dini, serta kanker kulit

Sayangnya, ada keluhan soal si pelindung kulit ini. Salah satunya, kulit tetap gosong meski sudah pakai sunblock. Kok bisa, ya?

1 dari 4 halaman

Yakin Sudah Pakai Sunblock?

Sepenuhnya menyalahkan tabir surya kepunyaan Anda rasanya tak adil. Sebab, siapa tahu faktor kesalahannya ada pada diri sendiri. Coba diingat-ingat lagi, benarkah yang dipakai itu sunblock? Jangan-jangan, saat beraktivitas di teriknya matahari, Anda hanya mengoleskan sunscreen!

Perlu diketahui, sunblock dan sunscreen itu berbeda. Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter, sunblock bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit. Lapisan ini menghalangi sinar ultraviolet dari matahari agar tidak mencapai kulit. 

Artikel Lainnya: 6 Tanda Anda Membeli Sunblock yang Salah

Bahan-bahan yang biasanya terkandung dalam tabir surya adalah titanium dioxide, zinc oxide, dan iron oxide. Bahan-bahan tersebut membantu membentuk perlindungan fisik dari sinar matahari. Formula sunblock juga lebih tebal. 

“Adapun sunscreen tidak menghalangi sinar matahari. Bahan-bahannya hanya membentuk layar yang dapat ‘menyerap’ sinar ultraviolet sebelum mencapai kulit. Sunscreen juga umumnya tidak memiliki formula setebal sunblock,” jelas dr. Sara.

Jika Anda tidak benar-benar beraktivitas di luar ruangan dan di bawah sinar matahari, mungkin sunscreen dapat dijadikan pilihan. Jika Anda hendak ke lokasi yang super terik, akan lebih baik jika menggunakan sunblock! Lagi pula, formula sunscreen membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap oleh kulit.

2 dari 4 halaman

Salah Pilih Jenis Sunblock

Sementara itu, menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, ada juga beberapa kesalahan dalam memilih sunblock, misalnya saja seperti ini.

  • Hanya pakai sunblock dengan SPF 15 atau SPF 20 saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Hanya mengandalkan produk sunblock kombinasi, seperti BB cream, alas bedak, atau pelembap yang mengandung sunblock. Selain kandungannya yang tak seberapa, Anda jadi susah untuk mengaplikasikannya kembali. 

Artikel Lainnya: Sunblock dan Sunscreen, Apa Bedanya?

  • Membeli sunblock dari toko yang membiarkan barang-barangnya terpapar sinar matahari langsung.

Sunblock yang disimpan di tempat bersuhu tinggi akan berubah jadi tak efektif karena kandungannya yang sudah rusak,” tutur dr. Nadia. 

  • Terbuai dengan kata “waterproof”. Sunblock waterproof alias tahan air memiliki durasi bertahan di kulit selama 40 atau 80 menit. Meski tercantum waterproof, tetap ulangi aplikasinya setiap 2 jam sekali. 
3 dari 4 halaman

Cara Pakai yang Salah Bikin Sunblock Tak Efektif

Selain salah dalam memilih sunblock, hal yang bisa bikin kulit tetap gosong meski sudah pakai tabir surya, antara lain berikut ini.

  • Mengoleskannya Hanya Sekali

Tabir surya tidak mampu memproteksi kulit seharian penuh. Anda perlu mengaplikasikannya lebih dari satu kali. Agar kulit bisa terjaga selama beraktivitas di luar ruangan, aplikasikan tiap dua jam sekali. Oleskan lebih sering jika beraktivitas dalam air atau berkeringat. 

  • Mengoleskan Terlalu Sedikit

Jangan takut boros kalau bicara soal penggunaan sunblock. Pasalnya, mengoleskan tabir surya yang terlalu sedikit tak akan cukup untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV. 

American Academy of Dermatology mengatakan satu orang membutuhkan minimal satu gelas kecil atau setara dua sendok makan untuk dioleskan ke seluruh tubuh. Untuk di area wajah, The Skin Cancer Foundation merekomendasikan Anda untuk pakai tabir surya seukuran koin.

  • Jarak Waktu Pakai dengan Aktivitas Terlalu Sempit

Tabir surya, baik sunscreen maupun sunblock, butuh waktu untuk meresap ke dalam kulit untuk mampu menangkal sinar matahari. Sebaiknya, aplikasikan sunblock di dalam ruangan 20 menit sebelum Anda pergi keluar.

Kini, Anda sudah mengetahui penyebab kulit gosong meski sudah pakai sunblock. Agar menggelapnya kulit tidak terlalu parah, hindari beraktivitas terlalu lama di luar ruangan pada pukul 10.00-16.00. Sebab, walaupun sudah mengoleskan tabir surya, potensi gosong memang akan lebih tinggi di jam-jam itu. Kalau masih ragu, Anda bisa hubungi  Live Chat dengan dokter untuk informasi lengkapnya. 

[HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar