Sukses

6 Tips supaya Sendi Kuat Sampai Tua

Menjaga kesehatan sendi penting dilakukan oleh semua orang supaya bisa tetap aktif sampai tua. Jadi, apa saja sih tips supaya sendi kuat sampai tua?

Anda tentu tetap ingin sehat dan aktif sampai tua, bukan? Kalau iya, menjaga kesehatan sendi niscaya bakal menjadi prioritas Anda. Saat sendi kuat dan selalu terjaga, Anda akan terhindar dari rasa kaku dan nyeri. Jadi, apa saja tips agar sendi tetap kuat sampai tua?

1 dari 3 halaman

Sekilas tentang Sendi

Sendi adalah tempat pertemuan dua tulang atau lebih. Keberadaan sendi yang sehat memungkinkan Anda untuk menekuk siku dan lutut, menekuk punggung, menggerakkan pinggul, memutar kepala, dan bahkan menggerakkan jari-jari.

Di dalam sendi terdapat jaringan halus dan lunak yang disebut tulang rawan, synovium, dan pelumas yang disebut cairan sinovial. Cairan ini merupakan suatu bantalan agar tulang tidak saling bergesekan.

Sendi ada yang bersifat kaku (seperti sendi antara tulang di tengkorak kepala) dan dapat digerakkan (seperti lutut dan bahu). Menjaga persendian tetap sehat akan memungkinkan Anda untuk tetap bisa berlari, berjalan, melompat, atau hal-hal lain yang disukai.

Artikel lainnya: Mencegah Kerusakan Sendi Saat Usia Tua

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, cedera, dan berat badan berlebih, keausan tulang rawan meningkat. Hal inilah yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, atau bahkan kondisi sendi yang melemah.

2 dari 3 halaman

Tips supaya Sendi Tetap Sehat

Anda tentu tidak ingin menjalani masa tua dengan serba-terbatas karena nyeri sendi saat digerakkan? Nah, supaya sendi tetap sehat dan terpelihara, Anda bisa lakukan enam tips ini:

  1. Tetaplah Bergerak!

Banyak orang dengan peradangan sendi malah menolak melakukan aktivitas fisik atau olahraga teratur. Mereka khawatir itu akan meningkatkan rasa sakit atau kerusakan sendi lebih lanjut.

Padahal yang benar, tubuh seharusnya tetap bergerak! Justru dengan bergerak, Anda bisa mengurangi kekakuan sendi dan nyeri sendi, memperkuat otot-otot yang mengelilingi sendi. Bonusnya, Anda bisa menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Memiliki berat badan ideal adalah salah satu kunci berat badan ideal. Jadi, kalau saat ini bobot Anda masih berlebih, lakukan usaha untuk menguranginya. Berolahraga dan melakukan diet seimbang adalah solusi yang tepat.

Artikel lainnya: Lakukan 4 Kebiasaan Ini agar Terbebas dari Serangan Artritis

  1. Melakukan Olahraga yang Rendah Tubrukan

Menghindari olahraga fisik yang rentan alami tubrukan dan cedera juga penting, ya! Lebih baik pilih olahraga yang minim kontak fisik untuk meminimalkan stres pada sendi selama latihan intensitas tinggi. Misalnya, berenang, golf, berjalan, dan bersepeda.

  1. Memperkuat Otot-otot di Sekitar Sendi yang Bermasalah

Otot-otot yang menopang persendian harus dijaga sekuat mungkin. Anda dapat mempertahankan dan meningkatkan kekuatan otot itu dengan melakukan latihan penguatan, seperti latihan beban.

Dengan latihan kekuatan yang tepat, stabilitas sendi akan meningkat. Rasa sakit pada persendian juga akan berkurang.

  1. Konsumsi Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan kalsium adalah dua nutrisi yang diperlukan untuk tulang yang sehat. Vitamin D sebenarnya dibutuhkan untuk penyerapan kalsium. Sementara Kalsium rendah dikaitkan dengan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang.

Kalau tulang Anda rapuh, jangan heran kalau sendi Anda juga akan bermasalah.

  1. Stop Merokok!

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa merokok meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang. Tak berhenti di sana, merokok juga meningkatkan risiko cedera yang melibatkan radang kandung lendir (bursae) atau tendonitis (peradangan pada tendon).

Tak cuma itu, perokok juga berisiko lebih tinggi mengalami nyeri pinggang dan artritis reumatoid. Tak pengen sakit sendi? Berhenti merokok sekarang juga, ya.

Itulah beberapa tips agar sendi kuat sampai tua. Tidak terlalu rumit dan sulit, kan? Yang terpenting adalah Anda konsisten menjalankan pola hidup sehat. Nah, kalau Anda punya keluhan seputar sendi, memanfaatkan saja fitur Live Chat.

[HNS/RPA]

1 Komentar