Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Postur Tubuh yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Postur Tubuh yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

Berfungsi menopang tubuh, sayangnya tulang belakang bisa mengalami beragam gangguan. Untuk menjaga kesehatan tulang belakang, ini postur tubuh yang baik.

Tulang belakang adalah salah satu struktur utama penopang tubuh, sehingga kondisinya mesti benar-benar diperhatikan. Jangan sampai tulang belakang mengalami gangguan, cegah dengan memperbaiki postur tubuh untuk menjaga kesehatan tulang belakang.

Postur tubuh tak hanya berdampak pada penampilan, tetapi juga penting untuk mendukung kondisi tulang belakang. Ada beberapa kelainan yang bisa terjadi pada tulang belakang, seperti skoliosis, kifosis, atau lordosis.

Dari beberapa kelainan tersebut, ada yang dipengaruhi faktor genetik, tetapi ada juga yang diakibatkan oleh postur tubuh yang salah. Ya, postur tubuh yang tidak tepat dapat menimbulkan berbagai keluhan. Mulai dari nyeri punggung, sakit leher, dan nyeri bahu; berdampak pada kelenturan dan keseimbangan tubuh; serta memengaruhi proses pernapasan dan pencernaan.

1 dari 2 halaman

Postur Tubuh yang Direkomendasikan untuk Kesehatan Tulang Belakang

Postur adalah bagaimana Anda memosisikan tubuh. Ada yang disebut sebagai postur dinamis, yaitu postur tubuh saat bergerak seperti saat berjalan, memungut barang di lantai, dan sebagainya. Selain itu, dikenal pula postur statis, yaitu posisi tubuh saat diam, seperti saat duduk, berkendara, tidur, berdiri, dan lain-lain.

Artikel lainnya: Amankah Terapi Chiropractic untuk Kesehatan Tulang Belakang?

Demi kesehatan tulang belakang, baik postur dinamis maupun postur statis sama pentingnya.

Tulang belakang akan tampak lurus jika dilihat dari sisi belakang tubuh. Namun, jika diperhatikan dari samping, sebenarnya ada kelengkungan alamiah pada tulang belakang. Lengkungan ini terlihat pada area leher (lengkungan ke arah depan), punggung atas (lengkungan ke arah belakang), dan punggung bawah (lengkungan ke arah depan).

Dengan postur tubuh yang baik, kelengkungan alamiah tulang belakang terjaga, sendi-sendi seimbang, serta berat tubuh terdistribusi secara merata. Dengan begitu, tekanan dan tegangan pada otot dan sendi menjadi lebih sedikit, sehingga mengurangi risiko timbulnya nyeri.

Beberapa contoh postur tubuh yang sering salah adalah perut yang tampak buncit akibat condong ke depan, bahu yang membulat, serta leher dan dagu menjorok ke depan.

Cobalah untuk berdiri di depan cermin, segera perbaiki postur tubuh yang mungkin selama ini salah dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Postur Tubuh Saat Berdiri

Perhatikan hal-hal di bawah ini ketika berdiri:

  • Posisi tubuh tegak.
  • Tarik bahu dan perut ke arah belakang (jangan berlebihan seperti posisi tegap khas tentara, karena itu bisa menyebabkan gangguan kelengkungan tulang belakang dan kelelahan pada otot.
  • Biarkan tangan menggantung secara alami di sisi tubuh.
  • Beri jarak antara kaki kiri dan kanan, kurang lebih selebar bahu.
  1. Postur Saat Duduk

Bagaimana postur tubuh saat duduk mesti diperhatikan, mengingat banyak orang yang menghabiskan banyak waktu di kantor dengan duduk lama di depan komputer.

Artikel lainnya: 5 Kebiasaan yang Berbahaya bagi Tulang Belakang

  • Usahakan duduk dengan posisi bokong di bagian paling belakang kursi, karena itu dapat menyangga area punggung dengan baik. Jika diperlukan, Anda bisa menyokong area punggung bagian bawah dengan meletakkan bantal kecil.
  • Dekatkan siku dekat tubuh.
  • Hindari menyilangkan kaki. Kedua telapak kaki sebaiknya menapak.
  • Atur ketinggian kursi, sehingga sendi pada siku dan lutut membentuk sudut siku-siku.
  • Saat duduk di depan komputer, pastikan layar monitor sejajar dengan lengan. Perhatikan juga jarak pandang antara layar dan mata.
  • Selain bantal punggung, Anda juga dapat menambahkan beberapa fitur lain pada meja kerja, seperti tempat istirahat untuk kaki atau sandaran lengan.
  • Saat menyetir, atur posisi kursi mendekat pada kemudi, sehingga lutut tetap menekuk, tetapi kaki dapat mencapai pedal.
  1. Postur Tubuh Saat Tidur

Tanpa disadari, tidur menghabiskan sepertiga waktu seseorang dalam sehari. Oleh karena itu, posisi tidur yang baik juga tak kalah penting. Perhatikan hal-hal ini:

  • Pastikan bantal berada di bawah kepala, bukan di bawah bahu. Ketebalan bantal juga harus diperhatikan agar kepala tetap berada pada posisi normal.
  • Coba posisi tidur telentang dengan lutut menekuk. Anda dapat meletakkan guling di bawah lutut agar lebih nyaman.
  • Bisa juga tidur menyamping dengan lutut sedikit ditekuk, tetapi jangan sampai posisi lutut menempel perut. Posisi tersebut bisa menyebabkan nyeri punggung.
  • Hindari posisi tengkurap.
  • Pilih kasur yang dapat menopang berat tubuh dengan baik—tak perlu yang terlalu keras dan jangan yang terlalu empuk.

Secara umum, usahakan untuk aktif dan rutin bergerak. Bila sudah duduk atau berdiri selama 30 menit, istirahatlah sejenak dan jalan-jalan. Rutin olahraga juga dapat membantu mendapatkan postur tubuh yang baik, terutama latihan seperti yoga dan taici. Menjaga berat badan ideal dapat mengurangi beban berlebihan pada tubuh.

Demikian panduan mengenai postur tubuh yang baik untuk kesehatan tulang belakang. Tak hanya itu, memperbaiki postur tubuh yang salah juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kondisi tulang dan sendi. Jika Anda ingin mengetahui seputar kesehatan tulang, yuk download aplikasi Klikdokter di sini, Anda juga bisa konsultasi gratis dengan dokter lho!

(RN/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar