Sukses

Daftar Artis atau Seleb yang Memilih Menjadi Vegan

Banyak seleb menjalani pola makan sehat vegetarian. Ketahui siapa saja seleb dan artis vegan berikut ini, siapa tahu Anda tergerak mengikuti jejaknya.

Beberapa orang, termasuk seleb atau artis, ramai-ramai menjadi vegan (sebutan untuk orang yang melakukan diet vegetarian) dengan mengonsumsi produk yang terbuat dari hewan. 

Dikutip dari Harvard Health Publishing, para vegan melakukan diet hanya makan sayur-sayuran karena berbagai alasan.

Beberapa alasan yang menyebabkan orang menjadi vegan adalah untuk kesehatan, menganut keyakinan agama, atau karena ingin menjalani pola hidup sehat.

Bahkan, alasan vegan menjalani diet hanya makan sayur ada juga yang dilandasi kekhawatiran akan kesejahteraan hewan.

Hewan ternak umumnya menggunakan antibiotik serta hormon agar siap dikonsumsi, dan hal ini diyakini para vegan dapat menyebabkan kerusakan sumber daya lingkungan.

Mengenal Apa Itu Pola Hidup Sehat Vegan 

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, apabila vegetarian masih makan produk daging dan turunannya, seperti telur dan susu, ia belum disebut sebagai vegan sepenuhnya.

Diet vegetarian dilakukan dengan membatasi diri untuk tidak mengonsumsi semua makanan yang bersumber dari sumber hewani, termasuk produk sampingannya. 

"Seorang vegan tidak mengonsumsi susu, keju, telur, bahkan gelatin yang mengandung komponen yang berasal dari sumber hewani," ujar dr. Astrid

"Tidak hanya itu, filosofi gaya hidup vegan, tak hanya berlaku pada konsumsi makanan dan minuman, tapi meluas hingga ke hampir seluruh aspek kehidupan," lanjutnya.

Seorang vegan, sambung dr. Astrid, lazimnya akan menghindari memakai produk yang melibatkan produk yang berasal dari hewan termasuk pakaian dan kosmetika.

Meski terkesan ekstrem, menjalani diet vegan ternyata banyak manfaatnya juga. Beberapa manfaat yang dimaksud adalah bisa menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan baik untuk jantung.

Dalam sebuah penelitian, pelaku diet vegan dikabarkan memiliki risiko menderita penyakit jantung 42% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan diet vegan.

Artikel lainnya: Cara Membedakan Diet Plant-Based, Vegetarian, dan Vegan

Daftar Seleb yang Memilih Jadi Vegan

Diet vegan ini sudah menjadi tren di berbagai kalangan, termasuk beberapa seleb atau artis dalam dan luar negeri.

Mungkin dalam daftar ini siapa tahu salah satunya adalah idola Anda, sehingga Anda terpacu untuk mengikuti jejaknya.

Berikut adalah daftar seleb yang menjadi vegan:

  1. Paul McCartney

Legenda musik yang merupakan vokalis The Beatles, Sir Paul McCartney telah menghabiskan bertahun-tahun berkampanye untuk diet vegan atau veganisme. Ia bahkan telah merilis film dokumenternya yang berpengaruh "One Day A week", yang mana mengikuti prinsip Meatless Mondays. 

Vegan disinyalir menjadi obat mujarab bagi McCartney yang sampai sekarang masih aktif bernyanyi. Bahkan, ia masih sering keliling dunia untuk tur.

  1. Ellie Goulding

Pada Januari 2018, penyanyi Ellie Goulding mengumumkan keputusannya untuk menjadi seorang vegan. 

"Begitu saya sepenuhnya mengerti dari mana daging berasal, saya menemukan konsep itu cukup sulit untuk dijalani. Jika Anda tidak membutuhkan daging untuk bertahan hidup, saya tidak mengerti mengapa Anda harus memakannya," katanya kepada The Cut.

Selain itu, pelantun "Love Me Like You Do"ini juga memilih untuk mengadopsi gaya hidup vegan karena alasan hak-hak binatang:

"Saya lebih mencintai binatang daripada mencintai kebanyakan orang, dan ini bukan bercanda," katanya kepada majalah Mirror.

  1. Miley Cyrus

Miley Cyrus adalah artis vegan yang sudah menjalani diet tanpa asupan produk hewani ini sejak 2014. Pola hidup vegan ini mulai ia jalani setelah kematian anjingnya yang bernama Floyd.

Namun, ia diketahui baru satu tahun terakhir mengumumkan veganismenya di muka umum.

Artikel lainnya: Vegetarian dan Vegan, Apa Bedanya?

  1. Ariana Grande

Ariana Grande memilih menjadi vegan sejak pada 2013. Selama wawancara dengan majalah Mirror ia berkata:

"Saya mencintai binatang lebih dari yang saya cintai kebanyakan orang dan saya tidak bercanda", ujar penyanyi asal Amerika ini.

  1. Joaquin Phoenix

Aktor yang melesat setelah perannya sebagai Joker ini merupakan seorang vegan sejak lama. Joaquin bahkan pernah ditawari beberapa iklan besar untuk produk daging dan susu di awal kariernya, namun semuanya ditolak.

Bahkan, artis vegan ini sekarang menjadi duta untuk untuk organisasi yang menolak kekejaman terhadap hewan atau PETA (People for the Ethical Treatments of Animal).

  1. Jennifer Lopez

Jennifer Lopez adalah salah satu seleb mengatakan bahwa menjadi vegan telah memberinya banyak energi.

"Pada dasarnya ini bukan susu, tidak ada daging, semuanya hanya berbasis tanaman dan hanya dari tanah. Saya suka makan lebih banyak sayuran. Itu membuatmu merasa jauh lebih baik." ungkap Jennifer Lopez.

  1. Demi Moore

Aktris Demi Moore selalu menjaga penampilan dan berat badannya agar tetap ideal. Cara yang dilakukan umumnya melalui latihan olahraga yang rutin atau makan makanan yang bersih. Dia secara terbuka telah berbicara tentang perjuangan mempertahankan tubuh. 

Menurut aktris dan juga produser ini, menjadi seorang vegan adalah keputusan tepat. Ia tidak hanya menganut gaya hidup bebas daging, bebas susu, bahkan ia juga mengonsumsi makanan mentah.

  1. Sophia Latjuba

Sophia Latjuba terkenal sebagai seleb vegan asal Indonesia yang secara terang-terangan mengaku menjalani diet vegetarian.

Artis vegan ini dan juga putrinya kerap mengadakan kampanye karena prihatin atas kelangsungan planet bumi akibat industri peternakan yang masif. 

“Saya tidak bisa membiarkan perusakan habitat alam, lingkungan, dan planet bumi terjadi di depan mata saya. Untuk hal yang satu ini, saya dan kita harus berani bersuara lantang”, papar seleb vegan ini yang dikutip dari Liputan 6. 

Ternyata memilih untuk mengikuti diet vegan memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Tertarik mencobanya? Anda bisa ikuti pola makan vegan para artis atau seleb yang ada dalam daftar di atas.

(OVI/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar