Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini 5 Fakta Soal Psikopat yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

Ini 5 Fakta Soal Psikopat yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

Hati-hati, psikopat bisa jadi ada di sekitar Anda. Ketahui fakta dan ciri-ciri seseorang yang mengalami gangguan kepribadian itu!

Sangat menakutkan tentunya ketika berhadapan dengan seorang psikopat. Anda pun tahu, orang dengan gangguan kepribadian seperti itu sangat berbahaya. Mari ketahui fakta soal psikopat yang tidak diketahui banyak orang sebelumnya.

Pembahasan psikopat menjadi sangat menarik setelah Anda disuguhkan banyak kabar mengenai seorang pria asal Indonesia, Reynhard Sinaga yang divonis seumur hidup akibat memerkosa banyak pria di Inggris. Akibat hal negatif yang dilakukannya, ia sampai dijuluki ‘’predator seks” sampai psikopat.

Berbicara soal psikopat, pelaku memang tak melulu melakukan pembunuhan. Memerkosa secara brutal juga bisa disebut tindakan seorang psikopat. Apalagi setelah melakukannya, ia bahkan tak merasa bersalah sedikitpun.

Sampai saat ini, pernyataan bahwa Reynhard Sinaga adalah seorang psikopat memang belum bisa dikonfirmasi. Pastinya, perlu ada pemeriksaan khusus dan tidak bisa berandai-andai terkait permasalahan serius ini.

Artikel Lainnya: Apakah Homoseksualitas Bawaan Sejak Lahir?

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Seorang Psikopat

Psikopat sebenarnya punya ciri-ciri khusus yang juga perlu Anda ketahui. Menurut Ikhsan Bela Persada, M.Psi., Psikolog dari KlikDokter, hal yang paling mencolok dari seorang psikopat adalah ia dapat melakukan tindakan yang melanggar norma tapi tidak merasa bersalah. Mereka juga identik dengan sikap impulsif.

"Pelaku melakukan suatu tindakan di luar aturan atau norma sosial yang ada, entah itu perusakan atau menyakiti orang lain. Pokoknya hal-hal yang merugikan pihak lain. Biasanya mereka tidak pernah merasa bersalah," ungkap Ikhsan soal ciri psikopat.

"Biasanya, psikopat juga cenderung impulsif, yaitu melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang. Jadi, kalau mereka mau menusuk orang, ya sudah tusuk saja. Ingin memerkosa orang, langsung saja perkosa orang. Mereka tidak akan memikirkan dampaknya," sambung Ikhsan.

Selain itu, Ikhsan menyebutkan bahwa ciri mencolok lainnya adalah seorang psikopat pasti pintar bohong atau manipulasi. Biasanya, mereka bersikap baik untuk menutupi kekurangannya.

"Lalu, biasanya orang psikopat mudah memanipulasi dan pintar berbohong. Contohnya, ia akan berkata 'Ya, saya menyesal sudah menusuk dia'. Padahal ia sudah berulang kali menusuk orang. Contoh lainnya, kasus pemerkosaan seperti Reynhard Sinaga bisa dibilang psikopat, “ungkap Ikhsan.

“Ini karena sudah dilakukan berkali-kali dan tidak ada rasa bersalah. Sedangkan, manipulasi yang ia lakukan adalah “sikap baik” darinya pada orang lain, namun ternyata korban justru disodomi. Ya, itu adalah tanda psikopat – berlaku baik tapi untuk menutupi keburukannya," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Fakta Psikopat yang Perlu Anda Tahu

Kebanyakan orang berpikir mereka tahu apa itu psikopat. Bahkan, berpikir psikopat adalah seseorang yang tidak punya perasaan. Namuni, di sini ada lima hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang psikopat!

  1. Ada Sedikit Sifat "Psikopat" dalam Diri Setiap Orang

Menurut Ikhsan, setiap orang memang punya kecenderungan agresi, tapi belum tentu psikopat. Kecenderungan agresi biasanya didasari oleh suatu bentuk pelampiasan emosi. Nah, psikopat umumnya memiliki cara untuk melampiaskan emosinya kepada orang lain.

Artikel Lainnya: Waspada, Ini Ciri Ciri Psikopat dan Tempat Mereka Mencari Korban

  1. Psikopat Bisa Sangat Tenang

Patrick Bateman dalam film American Psycho dan Hannibal Lecter dalam perannya di Silence of the Lambs adalah penggambaran khas psikopat dalam budaya populer. Meski benar bahwa sebagian besar pembunuh berantai adalah psikopat, seorang psikopat tidak selalu pembunuh berantai.

Psikopat berjumlah sekitar 1% dari populasi umum dan dapat menjadi anggota masyarakat yang produktif. Kurangnya emosi dalam diri mereka seperti kecemasan dan ketakutan, membuat mereka tetap tenang dalam situasi yang menakutkan. Psikopat bereaksi jauh lebih dan tidak intens dalam situasi yang membangkitkan rasa takut. Bila ada, mereka pun tetap tenang.

Psikopat juga bisa sangat menawan, bahkan jika hanya di ‘permukaan’. Mereka juga memiliki kemampuan untuk berani mengambil risiko, bersikap kejam, berorientasi pada tujuan, dan membuat keputusan berani.

  1. Psikopat Lebih Banyak di Kota Besar

Psikopat lebih mungkin ditemukan di kota-kota besar. Mereka lebih suka dengan istilah yang disebut psikolog sebagai "fast life history strategy". Artinya, mereka fokus pada kemungkinan  pernikahan singkat dan memperbanyak jumlah pasangan seksual. 

Hal tersebut lebih diutamakan daripada memilih terikat hubungan jangka panjang, menjadi orang tua, berkeluarga,  dan membuat hidup lebih stabil. Strategi ini terkait meningkatnya risiko yang diambil dan juga egoisme seseorang.

Kota-kota besar juga ‘memberikan’ para psikopat kesempatan untuk menemukan orang yang dapat dimanipulasi. Pelaku juga punya peluang melakukan aksinya dengan anonim sehingga risiko terdeteksi pun berkurang.

  1. Wanita Psikopat Agak Berbeda

Meskipun pria dan wanita psikopat serupa dalam banyak hal, beberapa studi telah menemukan perbedaan. Misalnya, wanita psikopat tampaknya lebih rentan terhadap kecemasan, masalah emosional, dan pergaulan bebas daripada pria psikopat.

Beberapa psikolog berpendapat bahwa wanita psikopat kadang-kadang didiagnosis dengan gangguan kepribadian borderline. Sebaliknya, pria psikopat ditandai dengan emosi yang tidak teratur, reaksi impulsif, dan ledakan kemarahan. Ini mungkin menjelaskan mengapa sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa tingkat psikopat lebih rendah pada wanita.

  1. Psikopat Memang Masih Memiliki Perasaan

Seorang psikopat memang memiliki kekurangan dalam emosi tertentu seperti kecemasan, ketakutan, dan kesedihan. Namun, mereka juga tetap bisa merasakan emosi lain seperti kebahagiaan, kegembiraan, terkejut, dan jijik dengan cara yang sama seperti kebanyakan orang.

Itulah deretan fakta tentang psikopat yang mungkin belum Anda tahu. Satu hal yang pasti, psikopat bisa berada di sekitar Anda. Selalu waspada dan ketahui ciri-cirinya!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar