Pencernaan

Mengapa Produk Olahan Susu Menyebabkan Asam Lambung Naik?

dr. Nadia Octavia, 08 Mei 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat sebagian jenis susu dan produk olahannya yang bisa bikin asam lambung meningkat jika dikonsumsi oleh penderita GERD.

Mengapa Produk Olahan Susu Menyebabkan Asam Lambung Naik?

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan masalah kesehatan yang terjadi akibat naiknya asam lambung hingga kerongkongan atau esofagus. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, terlepas dari usia orang tersebut. 

Terdapat beberapa faktor risiko yang mencetuskan GERD, misalnya berat badan berlebih, kehamilan, kebiasaan merokok, konsumsi obat tertentu dalam jangka panjang, atau penyakit. 

Selain itu, asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan konon juga bisa dipicu oleh konsumsi susu. 

Apakah hal tersebut benar? Apa kata medis terkait anggapan susu menyebabkan asam lambung? Yuk, cari tahu!

Susu Menyebabkan Asam Lambung?

Dilansir Medical News Today, salah satu hal yang bikin asam lambung naik adalah kandungan lemak tinggi yang ada di dalam makanan. 

Memang, lemak yang tinggi tidak serta-merta memicu asam lambung naik. Hanya saja, makanan dengan kandungan tersebut mampu melemahkan kemampuan otot pemisah antara lambung dan kerongkongan (sfingter). 

Alhasil, ‘isi perut’ pun dapat dengan mudah naik ke arah kerongkongan (tidak tertahan dengan baik) dan memicu gejala GERD, seperti di bawah ini:

  • Nyeri ulu hati.
  • Napas lebih pendek, sesak, dan perut terasa begah.
  • Susah menelan.
  • Mual dan kembung.
  • Mulut terasa asam atau pahit.

Susu memang mengandung lemak tinggi yang bisa meningkatkan risiko asam lambung naik ke kerongkongan.

Meski begitu, bukan berarti pengidap GERD benar-benar tidak bisa mengonsumsi susu sama sekali.

Terdapat beberapa jenis susu yang ramah bagi penderita penyakit asam lambung alias GERD. Asalkan dikonsumsi dengan cara dan dalam jumlah yang tepat, asupan ini bisa memberikan banyak manfaat.

Artikel Lainnya: Catat, 14 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

Pilihan Susu untuk Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa pilihan susu untuk pengidap asam lambung yang bisa dikonsumsi dengan aman:

1. Susu Rendah Lemak

Orang dengan gangguan asam lambung atau GERD boleh mengonsumsi susu asalkan mengandung rendah lemak (low fat) atau tanpa lemak sama sekali (non-fat)

Susu yang tidak mengandung lemak sama sekali bahkan diyakini bisa membantu meredakan gejala GERD. Susu semacam itu dapat menjadi penyeimbang kondisi asam dan lapisan dinding lambung.

Yoghurt rendah lemak juga dapat menjadi alternatif bagi pengidap GERD. Kandungan probiotik dalam yoghurt baik untuk kesehatan saluran pencernaan Anda.

2. Susu Almond

Khawatir gejala asam lambung tetap kambuh, sekalipun telah mengonsumsi susu sapi yang rendah lemak? Mungkin Anda perlu mencoba minum susu almond.

Susu kacang almond memiliki komposisi basa, yang dapat membantu menetralkan keasaman lambung. Dengan demikian, risiko kekambuhan penyakit asam lambung bisa diminimalkan.

3. Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung lebih sedikit lemak. Itu sebabnya, susu kedelai lebih aman bagi penderita GERD. 

Tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Asalkan dikonsumsi dalam porsi yang tepat, niscaya Anda akan mendapatkan banyak manfaat sehat.

Agar asam lambung tak mudah naik, pengidap GERD dapat memilih susu yang rendah lemak. Selain itu, Anda pun sebaiknya juga menghindari makanan lain yang berlemak tinggi, seperti daging, es krim, keju, dan gorengan.

Perhatikan pula kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi membuat asam lambung naik, seperti langsung tidur setelah makan. 

Apabila Anda memerlukan tips atau bantuan lebih lanjut, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

susuAsam LambungGERD

Konsultasi Dokter Terkait