Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Selain Ria Irawan, 5 Artis Penderita Kanker Ini Meninggal

Selain Ria Irawan, 5 Artis Penderita Kanker Ini Meninggal

Ria Irawan meninggal dunia akibat kanker getah bening. Tak hanya Ria, ada deretan artis lain yang meninggal akibat penyebab yang sama.

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Indonesia setelah Ria Irawan meninggal hari ini, Senin (6/1) subuh WIB. Aktris yang merupakan anak dari Ade Irawan ini meninggal akibat kanker getah bening. Hanya saja, Ria Irawan bukan satu-satunya seleb yang meninggal akibat kanker getah bening, ada yang lainnya.

Ria menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Pemain film Bila Saatnya Tiba itu meninggal dunia pada pukul 04.00 WIB seperti diungkap oleh sang suami, Mayky Wongkar.

Wanita berusia 50 tahun itu diketahui sudah mengidap kanker getah bening sejak 2009. Sebenarnya, kanker getah bening yang diidapnya sempat dinyatakan sembuh pada 2014. Namun, kembali muncul pada 2019 yang membuat dirinya harus bolak balik perawatan ke rumah sakit.

Ria Irawan pertama kali mengidap kanker getah bening stadium 3C pada 2009 di tulang panggul kanan. Akan tetapi, seiring perjalanan, Ria juga diketahui punya kanker endometrium yang baru terdeteksi pada 2019.

Artikel Lainnya: 7 Komplikasi Kanker yang Perlu Anda Tahu

1 dari 3 halaman

Bahaya Kanker Getah Bening

Penyakit ini biasanya disebut dengan kanker getah bening atau limfoma. Ada dua jenis limfoma, yakni limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin. Limfoma non-Hodgkin diketahui lebih sering terjadi dibandingkan limfoma Hodgkin.

Kanker limfoma merupakan salah satu jenis kanker yang paling berbahaya. Sampai saat ini penyebab kanker limfoma belum diketahui pasti. Kanker ini akan memengaruhi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit. Limfosit memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Mutasi genetik yang terjadi pada sel limfosit akan membuat sel memperbanyak diri secara tidak terkontrol. Hanya saja, sel limfosit yang bertambah ini bukanlah sel yang sehat dan tidak dapat bekerja seperti sel limfosit normal. Penambahan jumlah sel limfosit inilah yang kemudian menyebabkan nodus limfatik dan area-area lain mengalami pembengkakan.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M. Epid dari KlikDokter, baik limfoma Hodgkin dan limfoma Non-Hodgkin punya gejala sama yaitu pembesaran kelenjar getah bening berupa benjolan di bawah kulit, demam yang berkepanjangan, banyak keringat di malam hari, penurunan berat badan, atau mudah mengalami infeksi.

2 dari 3 halaman

Artis Lain yang Meninggal Akibat Kanker Getah Bening

Selain Ria Irawan, ada deretan artis lain yang diketahui meninggal akibat keganasan kanker getah bening. Berikut daftarnya:

  1. Olga Syahputra

Pelawak sekaligus presenter ini meninggal pada usia 32 tahun tepatnya pada 27 Maret 2015. Kabar meninggalnya Olga membuat heboh masyarakat. Ini karena ia sempat menghilang bak ditelan bumi karena menjalani pengobatan di Singapura selama kurang lebih satu tahun.

Selain itu, penyebab meninggalnya sahabat dari Raffi Ahmad ini juga karena ia mengidap meningitis atau radang selaput otak.

  1. Ranza Ferdian

Aktor muda Ranza Ferdian juga meninggal dunia akibat limfoma pada 18 Februari 2019. Sebelum meninggal, aktor yang aktif bermain FTV ini sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Artikel Lainnya: Waspada Serangan Kanker Leher dan Kepala

  1. Ustaz Arifin Ilham

Ulama yang dikenal karena suara seraknya ini meninggal di Penang, Malaysia pada 22 Mei 2019 lalu. Arifin Ilham wafat setelah melewati masa kritis karena kanker kelenjar getah bening yang dideritanya.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Ustaz Arifin Ilham sebenarnya sempat dinyatakan sembuh dari penyakit yang dialami. Oleh karena itu, ia kembali ke Indonesia dan menjalani aktivitasnya seperti biasa.

Namun tak lama setelahnya, penyakit ganas itu kembali menyerang. Ustaz Arifin Ilham pun kembali diterbangkan ke Malaysia untuk mendapatkan perawatan intensif dari sebelum masuk bulan puasa. Dia pun sempat melewati fase kritis satu kali di ruang ICU. Selang beberapa hari kemudian, sang Ustaz mengembuskan napas terakhir.

  1. Gene Wilder

Aktor dan komedian Gene Wilder terkenal karena perannya dalam film Willy Wonka and Chocolate Factory dan Young Frankenstein. Wilder didiagnosis dengan limfoma non-Hodgkins pada 1999 dan setelah melakukan kemoterapi dan pengobatan sel punca pada 2005, ia akhirnya meninggal pada 2016 setelah diketahui juga mengalami penyakit Alzheimer.

  1. Jackie Kennedy

Jackie Kennedy adalah istri mendiang mantan presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy. Ia diketahui mengalami kanker getah bening setelah mengalami kecelakaan dalam berkuda pada 1993.

Seorang dokter menemukan pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangannya dan setelah tes, dia didiagnosis dengan limfoma non-Hodgkins. Sayangnya, limfoma agresif dan telah menyebar ke bagian lain dari tubuhnya dan dia meninggal pada 1994.

Itu adalah deretan artis dan publik figur yang diketahui meninggal dunia karena kanker getah bening. Seperti diketahui, getah bening ada ratusan jumlahnya di tubuh, mulai dari kepala sampai kaki.

Menjaga kesehatan mulai dari perhatikan daya tahan tubuh, menghindari paparan asap rokok, dan menghindari perilaku seks yang berisiko. Setidaknya deretan nama artis penderita kanker getah bening, bisa mengetuk hati Anda untuk memulai hidup sehat.

(RN/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar